Kunci Jawaban Soal Esai Uji Pemahaman Materi Sosiologi Kelas X Bab 2 (Kurikulum Merdeka)

Kunci Jawaban Soal Esai Uji Pemahaman Materi Sosiologi Kelas X Bab 2: Penelitian Sosial (Kurikulum Merdeka)
B. Soal Esai
1. Jawaban: Secara kodrati, manusia memiliki hasrat ingin tahu yang dapat membangkitkan pertanyaan-pertanyaan dari dalam dirinya. Melalui penelitian ilmiah, seseorang dapat menemukan jawaban dari masalahnya secara objektif dan logis.

2. Jawaban: Penalaran deduksi menggunakan metode pemikiran yang bertolak dari hal yang umum ke hal yang khusus. Penalaran induksi menggunakan metode pemikiran yang bertolak dari hal yang khusus ke hal yang umum.

3. Jawaban:
a. Data primer, yaitu data yang didapat langsung dari lapangan atau laboratorium, dikumpulkan, dan diolah oleh organisasi atau perseorangan. Data ini dapat diperoleh melalui wawancara, angket, atau observasi. Dengan demikian, untuk mengetahui jumlah penduduk suatu daerah, peneliti harus melakukan pengumpulan data secara langsung, baik melalui wawancara, angket, atau observasi.
b. Data sekunder, yaitu data yang diperoleh suatu organisasi/perseorangan melalui pihak lain. Data ini dapat diperoleh dari bacaan, seperti koran, majalah, atau perpustakaan. Dengan demikian, untuk mengetahui jumlah penduduk suatu daerah, peneliti dapat mengambil data dari Badan Pusat Statistik atau dokumen-dokumen lain yang dikeluarkan oleh lembaga-lembaga terkait.

4. Jawaban: Pengumpulan data dengan cara menentukan sampel dari populasi yang mempunyai ciri-ciri tertentu sampai jumlah (kuota) yang diinginkan terpenuhi dinamakan teknik sampel kuota. Teknik sampling ini tidak berdasarkan strata atau daerah, tetapi jumlah yang sudah ditentukan.
Contoh:  
Seorang petugas kesehatan sedang meneliti tingkat kekebalan kelompok lansia terhadap virus korona varian omicron di Kelurahan A. Populasi yang ditentukan adalah lansia yang telah menerima vaksin Covid-19 pertama dan kedua, yaitu sejumlah 100 orang. Jumlah sampel yang ditentukan untuk mendapatkan kesimpulan yang akurat adalah 25% dari seluruh populasi, yakni 25 orang.

5. Jawaban: Tujuan masing-masing penelitian:
1) Penelitian historis: Fokus kajian penelitian historik adalah peristiwa yang telah terjadi di masa lampau. Penelitian ini berdasarkan pada deskripsi lisan maupun tulisan dari objek penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk membuat rekonstruksi masa lampau secara sistematis dan objektif.
2) Penelitian survei: Dalam penelitian survei, seorang peneliti berusaha untuk memperoleh informasi dari berbagai kelompok atau orang dengan cara penyebaran atau kuesioner. Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk memecahkan masalah-masalah praktis dalam kehidupan sehari-hari, misalnya tawuran antarpelajar. Metode penelitian survei banyak digunakan oleh para peneliti sosial di Indonesia untuk mengkaji berbagai fenomena sosial.
3) Penelitian eksperimen: Dalam penelitian eksperimen, seorang peneliti merekayasa dan mengontrol situasi alamiah menjadi situasi buatan sesuai dengan tujuan penelitian.
4) Penelitian Observasi: Tujuan penelitian observasi adalah memperoleh berbagai data konkret secara langsung di lapangan. Melalui penelitian observasi, seorang peneliti dapat memperoleh gambaran tentang kehidupan sosial suatu masyarakat yang sulit diketahui dengan metode lainnya.

6. Jawaban: Topik penelitian “Dampak Meletusnya Gunung Semeru Tahun 2021 terhadap Kehidupan Ekonomi Masyarakat Lumajang” menggambarkan isi seluruh kegiatan penelitian karena sudah mengandung jenis penelitian (penelitian lapangan), subyek penelitian (masyarakat di Lumajang), obyek yang diteliti (kehidupan ekonomi masyarakat yang terkena dampak meletusnya Gunung Semeru), dan waktu peristiwa itu terjadi (tahun 2021).

7. Jawaban: Langkah-langkah pembuatan rancangan penelitian yakni sebagai berikut:
1) Menentukan masalah atau topik yang akan diteliti.
2) Melakukan studi pendahuluan.
3) Merumuskan latar belakang masalah.
4) Merumuskan masalah penelitian.
5) Menentukan tujuan dan manfaat penelitian.
6) Menentukan landasan teori.
7) Merumuskan hipotesis.
8) Menyusun metodologi penelitian.

8. Jawaban: Untuk sebuah penelitian sederhana, pengambilan sampel sebesar 10% dari populasi sudah memenuhi persyaratan karena di dalam teks telah tersurat teknik pengumpulan data yang digunakan, pilihan jawaban yang dapat dipilih oleh responden, dan hasil pengolahan data.

9. Jawaban: Kelebihan dari metode angket atau kuesioner adalah sebagai berikut.
1) Tidak memerlukan kehadiran peneliti.
2) Dapat menjangkau responden lebih banyak.
3) Seragam untuk semua responden.
4) Dapat dijawab menurut kesempatan yang dimiliki responden.
5) Dapat dibuat anonim sehingga responden dapat bebas menjawab.

10. Jawaban: Hal ini memungkinkan peneliti melakukan eksplorasi jawaban-jawaban yang diharapkan dari responden

Soalnya Klik di SINI

Lihat Juga:

Soal Pilihan Gandanya Klik di SINI

Materi Sosiologi SMA Kelas X Bab 2: Penelitian Sosial (Kurikulum Merdeka)

Program Tahunan (Prota) Sosiologi SMA Fase E (Kurikulum Merdeka) 

Program Semester (Prosem) Sosiologi SMA Fase E (Kurikulum Merdeka)

Capaian Pembelajaran Sosiologi (Fase E)

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Sosiologi SMA Fase E

Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) Sosiologi SMA Fase E (Kurikulum Merdeka)

Modul Ajar Sosiologi SMA Fase E - Bab 2

PPT Materi Sosiologi SMA Kelas X Bab 2 Penelitian Sosial (Kurikulum Merdeka)

Video Materi Sosiologi SMA Kelas X Bab 2 Penelitian Sosial (Kurikulum Merdeka)

Materi Alternatif: Materi Sosiologi Kelas X Bab 2: Penelitian Sosial (Kurikulum Merdeka)

PPT Alternatif: PPT Sosiologi Kelas X Bab 2. Penelitian Sosial (Kurikulum Merdeka)

Video Alternatif: Video Pembelajaran Materi Sosiologi Kelas X Bab 2. Penelitian Sosial (Kurikulum Merdeka)

PPT Penerbit: PPT SMA SOSIOLOGI KELAS 10 KM - BAB 2 

Baca Juga:

Materi P5: Bullying (Perundungan): Pengertian, Kategori, Karakteristik, Faktor Penyebab, Jenis, Teori, dan Peran Orang Tua

Video Materi P5 tentang Perundungan (Bullying)

PPT Materi P5 tentang Perundungan (Bullying) untuk Kurikulum Merdeka
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Kunci Jawaban Soal Esai Uji Pemahaman Materi Sosiologi Kelas X Bab 2 (Kurikulum Merdeka)"