Kunci Jawaban Soal Esai Uji Pemahaman Materi Sosiologi Kelas XI Bab 2 (Kurikulum Merdeka)

Kunci Jawaban Soal Esai Uji Pemahaman Materi Sosiologi Kelas XI Bab 2: Permasalahan Sosial Akibat Pengelompokan Sosial (Kurikulum Merdeka)
B. Soal Esai

1. Jawaban: Contoh sikap intoleransi yang terjadi pada masyarakat sekitar, yaitu tidak mau bergaul dan bersikap tidak baik dengan orang yang berbeda keyakinan dan melakukan perundungan terhadap warga yang berbeda ras.

2. Jawaban: Di dalam mengelola sesuatu termasuk fasilitas umum, diperlukan adanya rasa keadilan dan kemanfaatan bagi seluruh warga masyarakat. Apabila warga masyarakat merasa tidak mendapatkan manfaat dari fasilitas umum yang disediakan pemerintah, maka akan menimbulkan rasa tidak puas yang dapat memicu konflik horizontal maupun konflik vertikal.

3. Jawaban: Pemberian prasangka termasuk dalam penilaian yang tidak objektif dan terkadang sifat yang diberikan merupakan hal yang negatif yang belum tentu hal tersebut sesuai dengan kebenarannya

4. Jawaban: Marginalisasi adalah proses peminggiran kelompok-kelompok tertentu dengan lembaga sosial utama, seperti struktur ekonomi, pendidikan, dan lembaga sosial ekonomi lainnya. Contoh marginalisasi adalah profesi petani semakin berkurang dampak dari maraknya penerapan industrialisasi.

5. Jawaban: Secara umum, laporan penelitian terdiri atas tiga bagian besar, yakni pendahuluan, isi atau badan laporan, dan penutup.
a. Bagian Pendahuluan (Preliminary Materials), meliputi halaman judul, kata pengantar, daftar isi, serta daftar tabel, gambar, dan grafik.
b. Isi Laporan (Body of Paper), meliputi Bab I Pendahuluan (latar belakang masalah, perumusan masalah, pertanyaan penelitian, tujuan penelitian, dan kegunaan penelitian), Bab II Landasan Teori (tinjauan pustaka dan kerangka teori), Bab III Metodologi (pendekatan penelitian, jenis penelitian, subjek penelitian, teknik pengumpulan data, teknik analisis data), Bab IV Hasil Penelitian, Bab V Kesimpulan dan Saran.
c. Bagian Penutup, meliputi Kepustakaan, Lampiran, dan Indeks.

6. Jawaban: Contoh masalah sosial yang dapat terjadi di lingkungan sekolah adalah pelanggaran aturan sekolah dan perilaku menyontek saat ujian sedang berlangsung. Pemecahan masalah yang dapat dilakukan dengan menanamkan nilai-nilai sosial kepada pelajar dan memberikan hukuman yang menimbulkan efek jera.

7. Jawaban: Dua pandangan pada teori fungsionalisme adalah sebagai berikut.
a. Patologi sosial, yaitu masalah sosial bagaikan suatu penyakit dalam tubuh manusia yang disebabkan oleh salah satu sistem organ, sel tubuh yang tidak bekerja dengan baik, seperti kejahatan, kenakalan remaja, dan kekerasan yang tumbuh di dalam masyarakat.
b. Disorganisasi sosial, yaitu masalah sosial yang tumbuh dari proses perubahan sosial yang, cepat seperti revolusi budaya, akan mengganggu norma dalam masyarakat.

8. Jawaban: Dalam teori konflik, ada dua pandangan tentang masalah sosial.
a. Teori Marxisme melihat ketidaksetaraan ekonomi dapat menjadi penyebab konflik sosial. Dalam sistem ini, dikenal kelas borjuis dan kelas proletar.
b. Teori Non-Marxisme menaruh perhatian pada konflik yang timbul karena kelompok-kelompok mempunyai kepentingan dan nilai yang berbeda.

9. Jawaban: Faktor geografis yang meliputi iklim dan cuaca yang kurang baik, sumber daya alam kurang memadai, dan bencana alam menyebabkan kegiatan produksi menurun dan dapat menyebabkan sebagian orang tidak memiliki mata pencaharian.

10. Jawaban: Perilaku  individu  atau  kelompok  untuk  penanggulangan  kesenjangan  sosial  ekonomi antara lain.
a. Hidup sederhana sesuai dengan kebutuhan.
b. Peduli  dengan nasib warga masyarakat yang kurang mampu dengan menciptakan pekerjaan bagi mereka.
c. Meningkatkan pendidikan untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi yang dapat digunakan dalam menyelesaikan masalah yang kita hadapi.
d. Menghargai kreativitas dan hasil karya orang lain sehingga timbul kerja sama yang saling menguntungkan.

11. Jawaban: Eksklusivisme merupakan bentuk pengelompokkan sosial yang mempunyai sisi negatif yang dapat menimbulkan permasalahan sosial. Eksklusivisme cenderung untuk memisahkan diri dari masyarakat yang dianggap berada diluar kelompoknya. Hal tersebut menyebabkan sisi negatif, mereka sangat tertutup pada pengaruh budaya lain sehingga sangat sulit melakukan berbagai perubahan progresif.

12. Jawaban: Faktor pendorong tindak kejahatan
a. Terjadinya perubahan sosial, ekonomi, politik, seperti perang dan bertambahnya pengangguran
b. Pemerintah yang lemah dan korup sehingga mendorong orang untuk berbuat jahat
c. Masalah kependudukan dan ekonomi
d. Pengembangan sikap mental yang keliru
e. Kurangnya teladan dalam masyarakat

13. Jawaban:
Richard dan Richard berpendapat bahwa masalah sosial adalah pola perilaku dan kondisi yang tidak diinginkan dan tidak dapat diterima oleh sebagian besar anggota masyarakat.

14. Jawaban:
Demoralisasi atau penurunan karakter dan moral menyebabkan kekacauan pribadi dan akhirnya jatuh pada kemiskinan. Seperti minum-minuman keras, berjudi dan mendatangi tempat pelacuran dapat membuat orang jatuh dalam jurang kemiskinan.

15. Jawaban: Sebagai remaja, upaya yang dapat dilakukan dalam menanggulangi kenakalan remaja yang ada adalah mengajak remaja yang berperilaku menyimpang untuk turut serta dalam hal-hal positif yang dilakukan di sekolah maupun di lingkungan sekitar, tidak mengucilkan dan memarginalkan tetapi turut serta merangkul guna menjadi remaja yang produktif, mengisi waktu luang dengan terus mengasah bakat dan minat, dan hal positif lainnya.

Soalnya Klik di SINI

Lihat Juga:

Soal Pilihan Gandanya Klik di SINI

Materi Sosiologi SMA Kelas XI Bab 2: Permasalahan Sosial Akibat Pengelompokan Sosial (Kurikulum Merdeka)

Program Tahunan (Prota) Sosiologi SMA Fase F (Kurikulum Merdeka)

Program Semester (Prosem) Sosiologi SMA Fase F (Kurikulum Merdeka) 

Capaian Pembelajaran Sosiologi Fase F

Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) Sosiologi SMA Fase F (Kurikulum Merdeka)  

Modul Ajar Sosiologi SMA Fase F - Bab 2 Permasalahan Sosial Akibat Pengelompokan Sosial (Kurikulum Merdeka)

PPT Materi Sosiologi SMA Kelas XI Bab 2 Permasalahan Sosial Akibat Pengelompokan Sosial (Kurikulum Merdeka)

Video Materi Sosiologi Kelas XI Bab 2 Permasalahan Sosial Akibat Pengelompokan Sosial (Kurikulum Merdeka)

PPT Penerbit: PPT Media Pembelajaran Sosiologi XI KM - Bab 2

Baca Juga:

Materi P5 : Bullying (Perundungan): Pengertian, Kategori, Karakteristik, Faktor Penyebab, Jenis, Teori, dan Peran Orang Tua

Video Materi P5 tentang Perundungan (Bullying)

PPT Materi P5 tentang Perundungan (Bullying) untuk Kurikulum Merdeka
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Kunci Jawaban Soal Esai Uji Pemahaman Materi Sosiologi Kelas XI Bab 2 (Kurikulum Merdeka)"