Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal Pilihan Ganda Uji Pemahaman Materi Sosiologi Kelas X Bab 2 (Kurikulum Merdeka)

Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal Pilihan Ganda Uji Pemahaman Materi Sosiologi Kelas X Bab 2: Penelitian Sosial (Kurikulum Merdeka)
A. Pilihlah Ganda

1. Jawaban: A
Pembahasan:
Untuk memenuhi rasa ingin tahunya, manusia berusaha mengembangkan pengetahuan dan mencari pengetahuan-pengetahuan baru yang mampu memberikan solusi terhadap berbagai masalah dalam hidup. Salah satu cara manusia memperoleh pengetahuan baru adalah melakukan proses berpikir yang diterapkan pada penelitian.

2. Jawaban: D
Pembahasan:
Penalaran mempunyai ciri-ciri sebagai berikut.
a. Logis, yaitu sesuai dengan logika. Secara singkat, logika adalah ilmu pengetahuan dan kecakapan untuk berpikir lurus dan tepat. Dalam logika, berbagai hal ditimbang secara objektif berdasarkan data dan analisis akal sehat.
b. Analitis, yaitu bersifat analisis. Pada hakikatnya, analisis adalah penyelidikan terhadap suatu peristiwa untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya. Dengan berpikir analitis, seseorang didorong untuk membuat keputusan yang lebih baik.

3. Jawaban: A
Pembahasan:
a. Penelitian survei: Dalam penelitian survei, seorang peneliti berusaha untuk memperoleh informasi dari berbagai kelompok atau orang dengan cara penyebaran kuesioner. Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk memecahkan masalah-masalah praktis dalam kehidupan sehari-hari, misalnya tawuran antarpelajar. Metode penelitian survei banyak digunakan oleh para peneliti sosial di Indonesia untuk mengkaji berbagai fenomena sosial.
b. Penelitian historis: Fokus kajian penelitian historik adalah peristiwa yang telah terjadi di masa lampau. Penelitian ini berdasarkan pada deskripsi lisan maupun tulisan dari objek penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk membuat rekonstruksi masa lampau secara sistematis dan objektif.
c. Penelitian observasi: Tujuan penelitian observasi adalah memperoleh berbagai data konkret secara langsung di lapangan. Melalui penelitian observasi, seorang peneliti dapat memperoleh gambaran tentang kehidupan sosial suatu masyarakat yang sulit diketahui dengan metode lainnya.
d. Penelitian eksperimen: Dalam penelitian eksperimen, seorang peneliti merekayasa dan mengontrol situasi alamiah menjadi situasi buatan sesuai dengan tujuan penelitian.
e. Penelitian perpustakaan (kepustakaan): Penelitian ini bertujuan mengumpulkan data dan informasi dengan bantuan berbagai materi yang terdapat di perpustakaan, contohnya buku, jurnal, majalah, naskah, catatan, kisah sejarah, dan dokumen lainnya. Data yang diperoleh dengan jalan penelitian perpustakaan pada hakikatnya menjadi fondasi dan alat utama bagi praktik penelitian lapangan.

4. Jawaban: B
Pembahasan:
a. Penelitian survei: Dalam penelitian survei, seorang peneliti berusaha untuk memperoleh informasi dari berbagai kelompok atau orang dengan cara penyebaran kuesioner. Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk memecahkan masalah-masalah praktis dalam kehidupan sehari-hari, misalnya tawuran antarpelajar. Metode penelitian survei banyak digunakan oleh para peneliti sosial di Indonesia untuk mengkaji berbagai fenomena sosial.
b. Penelitian lapangan: Penelitian ini dilakukan dalam kehidupan sebenarnya. Penelitian ini pada hakikatnya merupakan metode untuk menemukan secara khusus realitas yang tengah terjadi pada masyarakat.
c. Penelitian kuantitatif: Penelitian kuantitatif menekankan pada jumlah data yang dikumpulkan. Penelitian ini hanya melihat data pada lapisan permukaan, seperti jenis kelamin, tingkat pendidikan, jenis pekerjaan, dan besarnya penghasilan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara statistik. Pendekatan penelitian ini menggunakan teknik survei.
d. Penelitian eksplanasi: Penelitian ini dilakukan untuk menemukan penjelasan tentang mengapa suatu kejadian atau gejala terjadi. Hasil akhir dari penelitian ini adalah gambaran mengenai hubungan sebab akibat. Penelitian ini seringkali diidentikkan dengan penelitian yang menggunakan pertanyaan “mengapa” dalam upaya mengembangkan informasi yang ada. Tujuan dari penelitian eksplanasi adalah menghubungkan pola-pola yang berbeda tetapi memiliki keterkaitan dan menghasilkan pola hubungan sebab akibat.
e. Penelitian laboratorium: Penelitian ini dilakukan dalam suatu tempat khusus untuk mengadakan studi ilmiah dan kerja ilmiah. Tujuan penelitian ini adalah mengumpulkan data, melakukan analisis, mengadakan tes, serta memberikan interpretasi terhadap sejumlah data sehingga kecenderungan gerak gejala sosial dalam suatu masyarakat tertentu dapat diramalkan. Objek penelitian ini dapat berupa masalah yang bersifat teoretis dan praktis. Biasanya, penelitian laboratorium dilakukan oleh sebuah tim dengan anggota dari berbagai disiplin ilmu.

5. Jawaban: D
Pembahasan:
Dalam mengadakan penelitian, ada tiga persyaratan penting, yaitu sebagai berikut.
a. Sistematis. Penelitian dilaksanakan menurut pola tertentu dari yang paling sederhana sampai yang kompleks hingga tercapai tujuan secara efektif dan efisien.
b. Terencana. Penelitian dilaksanakan secara sengaja dan langkah-langkah pelaksanaannya sudah dipikirkan sebelumnya.
c. Mengikuti prosedur ilmiah. Mulai dari awal sampai akhir kegiatan, penelitian dilakukan menurut cara-cara yang sudah ditentukan, yaitu prinsip memperoleh ilmu pengetahuan.

6. Jawaban: D
Pembahasan:
Secara garis besar, langkah-langkah penelitian dibagi dalam tiga langkah, yaitu pembuatan rancangan penelitian, pelaksanaan penelitian, dan pembuatan laporan penelitian.

7. Jawaban: B
Pembahasan:  
Pada kegiatan prasurvei atau studi pendahuluan, peneliti mencari informasi atau fakta-fakta sementara terkait topik atau masalah yang akan diteliti. Hasil pengamatan dan studi pustaka tersebut dapat memperkuat alasan seorang peneliti menentukan topik permasalahan yang berkaitan dengan tujuan penelitiannya.

8. Jawaban: D
Pembahasan:
Rancangan penelitian terdiri dari langkah-langkah berikut.
a. Menentukan masalah yang akan diteliti.
b. Melakukan studi pendahuluan
c. Merumuskan latar belakang masalah
d. Merumuskan masalah penelitian
e. menentukan tujuan dan manfaat penelitian

9. Jawaban: A
Pembahasan:
Beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain sebagai berikut.
a. Topik penelitian harus sesuai dengan minat peneliti sehingga akan menumbuhkan semangat dan gairah tersendiri bagi peneliti saat melakukan penelitian.
b. Topik yang dipilih haruslah topik yang bisa diteliti oleh peneliti sehingga peneliti mempunyai kemampuan melakukan penelitian tersebut.
c. Data cukup tersedia, artinya data di lapangan cukup tersedia dan mudah diperoleh, sehingga peneliti dimudahkan dalam pembuatan laporan.
d. Topik memiliki kegunaan praktis, bermanfaat, dan penting untuk diteliti.

10. Jawaban: C
Pembahasan:
Seorang peneliti harus memiliki informasi yang luas untuk membangun landasan teori karena landasan teori adalah dasar teoretis bagi peneliti untuk menjawab masalah penelitian yang diperoleh dari penelaahan masalah penelitian berdasarkan teori-teori atau bacaan-bacaan.

11. Jawaban: E
Pembahasan:
Manusia memiliki hasrat ingin tahu akan suatu hal. Dorongan akan keingintahuan tersebut membangkitkan berbagai pertanyaan dari dalam diri seseorang. Pertanyaan yang muncul dari rasa keingintahuan tersebut dapat dijawab melalui penelitian. Proses penelitian menghasilkan jawaban atas pertanyaan penelitian. Oleh karena itu, hasil penelitian dapat menjawab pertanyaan dan mencari kebenaran dalam pergaulan hidup yang ditentukan oleh lingkungan.

12. Jawaban: E
Pembahasan:
Sebagai ahli ilmu kemasyarakatan, sosiolog memiliki peran dalam pembangunan masyarakat. Salah satu peran sosiolog adalah sebagai konsultan kebijakan. Dalam hal ini, sosiolog dapat membantu memperkirakan pengaruh kebijakan sosial yang mungkin terjadi dan merencanakan kebijakan yang berkaitan dengan kepentingan umum.

13. Jawaban: B
Pembahasan:
a. Sampel acak: Teknik pengambilan sampel dengan cara mencampur subjek-subjek tanpa mempertimbangkan tingkatan-tingkatan dalam populasi.
b. Sampel wilayah: Teknik pengambilan sampel dengan memperhatikan area populasi berada.
c. Sampel proporsi: Teknik pengambilan sampel dengan memperhatikan proporsi dalam sampel wilayah.
d. Sampel berstrata: Teknik pengambilan sampel dengan memperhatikan tingkatan-tingkatan dalam populasi.
e. Sampel kelompok: Teknik pengambilan sampel berdasarkan kelompok yang telah ditentukan dari anggota populasi.

14. Jawaban: B
Pembahasan:
Ketersediaan data yang objektif di lapangan diperlukan saat melakukan penelitian karena dapat memudahkan dalam proses pengumpulan data dan penginterpretasian data setelah data dikumpulkan. Apabila data yang diperoleh tidak objektif, maka akan menghambat dalam penginterpretasian data dan akan memengaruhi hasil penelitian.

15. Jawaban: C
Pembahasan:
a. Kuesioner: alat riset atau survei yang terdiri atas serangkaian pertanyaan tertulis, bertujuan mendapatkan tanggapan dari kelompok orang terpilih melalui wawancara pribadi atau melalui pos.
b. Observasi: aktivitas pencatatan fenomena yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk memperoleh data secara langsung dari lapangan.
c. Wawancara: metode pengumpulan data dalam bentuk komunikasi langsung antara peneliti dan responden, yang berbentuk tanya jawab sambal bertatap muka.
d. Pengamatan: pengawasan terhadap kegiatan orang lain.
e. Dokumentasi: pengumpulan, pemilihan, pengolahan, dan penyimpanan informasi.

16. Jawaban: C
Pembahasan:
Angket dibedakan menjadi dua jenis, yaitu angket terbuka dan angket tertutup. Angket terbuka adalah angket yang disajikan dalam bentuk sederhana sehingga responden dapat memberikan isian sesuai dengan kehendaknya. Sedangkan, angket tertutup adalah angket yang disajikan dalam bentuk sedemikian rupa sehingga responden diminta untuk memilih satu jawaban yang sesuai dengan karakteristik dirinya dengan cara memberikan tanda silang (×) atau tanda checklist ().

17. Jawaban: C
Pembahasan:
Ciri-ciri sebuah hipotesis yang baik yakni sebagai berikut.
(1) Bisa diterima dengan akal sehat.
(2) Menyatakan hubungan antarvariabel yang diteliti.
(3) Dapat diuji.
(4) Dinyatakan secara singkat dan dalam bentuk kalimat pernyataan.
(5) Konsisten dengan teori dan fakta yang telah dibangun.

18. Jawaban: A
Pembahasan:
a. Data primer: data yang didapat langsung dari lapangan atau laboratorium, dikumpulkan, dan diolah oleh organisasi atau perseorangan. Data ini dapat diperoleh melalui wawancara, angket, atau observasi.
b. Data sekunder: data yang diperoleh suatu organisasi/perseorangan melalui pihak lain. Data ini dapat diperoleh dari bacaan, seperti koran, majalah, atau perpustakaan.
c. Data kualitatif: data yang tidak berbentuk angka.
d. Data kuantitatif: data yang berbentuk angka.
e. Eksplanasi: penjelasan

19. Jawaban: E
Pembahasan:
Penelitian dengan judul “Peran Orang Tua dalam Keluarga Berpengaruh terhadap Keberhasilan Pendidikan Anak” memiliki 2 variabel yaitu variable X dan variable Y. Variabel X pada penelitian ini yakni peran orang tua, sedangkan variabel Y pada penelitian ini adalah keberhasilan Pendidikan anak.

20. Jawaban: C
Pembahasan:
Pada bagian akhir laporan penelitian berisi kesimpulan penelitian dan saran terkait masalah penelitian. Saran hendaknya dibuat untuk implikasi teoretis, praktis, dan kegunaan bagi peneliti selanjutnya.

21. Jawaban: A
Pembahasan:
Sikap demokratis pada kegiatan diskusi kelas berkaitan dengan kebebasan berpendapat. Setiap siswa memiliki kesempatan dan hak yang sama untuk mengeluarkan pendapatnya. Oleh karena itu, keberanian siswa akan terlatih untuk mengeluarkan pendapat.

22. Jawaban: A
Pembahasan:
Syarat-syarat penulisan laporan, antara lain sebagai berikut.
a. Penulis laporan harus mengetahui kepada siapa laporan akan ditujukan.
b. Laporan penelitian harus ditulis secara lengkap.
c. Peneliti harus menggunakan bahasa yang komunikatif dalam mengemukakan hasil penelitian.
d. Peneliti harus menuliskan laporan penelitian dan saran dengan jelas, baik, benar, dan sistematis.

23. Jawaban: B
Pembahasan:
Dalam penulisan judul penelitian, kalimat yang digunakan adalah kalimat pernyataan serta berisi variabel-variabel yang akan diteliti. Pada soal, yang menunjukkan judul penelitian adalah “Pengaruh pola asuh orang tua terhadap disiplin siswa di sekolah”. Dari judul tersebut, terdapat 2 variabel yakni variabel X dan variabel Y. Variabel X dari judul tersebut yakni pola asuh orang tua, sedangkan variabel dari judul penelitian tersebut adalah disiplin siswa di sekolah.

24. Jawaban: D
Pembahasan:
Kajian yang dilakukan Pak Soni bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai produk yang dibutuhkan pasar. Data hasil kajian tersebut berupa angka-angka karena menyatakan jumlah. Maka dari itu, kajian yang dilakukan oleh Pak Soni merupakan penelitian kuantitatif.

25. Jawaban: A
Pembahasan:
Pernyataan yang benar dari soal tersebut
a. Mengumpulkan pendapat tentang jenis produk apa saja yang disukai masyarakat melalui wawancara termasuk teknik pengumpulan data.
b. Menyusun pertanyaan-pertanyaan yang akan diisi dan dijawab oleh responden merupakan proses penyusunan insrumen peneliian.
c. Data dari kajian tersebut akan digunakan untuk meningkatkan pelayanan dan melakukan inovasi demi kemajuan ritel Pak Soni.
d. Untuk meningkatkan mutu pelayanan dan inovasi, sebuah perusahaan ritel perlu melakukan pembaruan data.
e. Kajian dilakukan dengan cara wawancara, angket, dan analisis data-data penjualan toko.

Soalnya Klik di SINI

Lihat Juga

Soal Esainya Klik di SINI

Materi Sosiologi SMA Kelas X Bab 2: Penelitian Sosial (Kurikulum Merdeka)

Program Tahunan (Prota) Sosiologi SMA Fase E (Kurikulum Merdeka) 

Program Semester (Prosem) Sosiologi SMA Fase E (Kurikulum Merdeka)

Capaian Pembelajaran Sosiologi (Fase E)

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Sosiologi SMA Fase E

Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) Sosiologi SMA Fase E (Kurikulum Merdeka)

Modul Ajar Sosiologi SMA Fase E - Bab 2

PPT Materi Sosiologi SMA Kelas X Bab 2 Penelitian Sosial (Kurikulum Merdeka)

Video Materi Sosiologi SMA Kelas X Bab 2 Penelitian Sosial (Kurikulum Merdeka)

Materi Alternatif: Materi Sosiologi Kelas X Bab 2: Penelitian Sosial (Kurikulum Merdeka)

PPT Alternatif: PPT Sosiologi Kelas X Bab 2. Penelitian Sosial (Kurikulum Merdeka)

Video Alternatif: Video Pembelajaran Materi Sosiologi Kelas X Bab 2. Penelitian Sosial (Kurikulum Merdeka)

PPT Penerbit: PPT SMA SOSIOLOGI KELAS 10 KM - BAB 2 

Baca Juga:

Materi P5: Bullying (Perundungan): Pengertian, Kategori, Karakteristik, Faktor Penyebab, Jenis, Teori, dan Peran Orang Tua

Video Materi P5 tentang Perundungan (Bullying)

PPT Materi P5 tentang Perundungan (Bullying) untuk Kurikulum Merdeka
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal Pilihan Ganda Uji Pemahaman Materi Sosiologi Kelas X Bab 2 (Kurikulum Merdeka)"