Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Soal Ujian Satuan Pendidikan (USP) Sosiologi Tahun Ajaran 2022-2023

Pilihan Ganda
1. Jawaban: E. Membuktikan segala sesuatu yang terjadi berdasarkan ilmu pengetahuan
2. Jawaban: E. 3 dan 4
3. Jawaban: D. Pembangunan dan kontrol sosial
4. Jawaban: E. 3, 4, dan 5
Interaksi sosial adalah hubungan timbal balik berupa aksi saling mempengaruhi antarindividu, antara individu dan kelompok, dan antarkelompok.

5. Jawaban: C. Kompetisi
Persaingan (kompetisi) adalah perjuangan berbagai pihak untuk mencapai tujuan tertentu. Salah satu ciri dari persaingan adalah perjuangan yang dilakukan secara damai dan sportif (fair play), artinya persaingan selalu menjunjung tinggi batasan dan aturan

6. Jawaban: Imitasi
Imitasi adalah tindakan meniru orang lain. Imitasi dapat dilakukan dalam bermacam-macam bentuk, misalnya gaya bicara, tingkah laku, adat dan kebisaaan, pola pikir, serta apa saja yang dimiliki atau dilakukan oleh seseorang.

7. Jawaban: E. 3, 4, 5
Fungsi laten (tidak disadari)
a) Mengurangi pengendalian orang tua
b) Menyediakan sarana untuk pembangkangan
c) Mempertahankan sistem kelas sosial
d) Memperpanjang masa remaja

8. Jawaban: B. 1 dan 3
Fungsi lembaga ekonomi, memberi pedoman untuk mendapatkan bahan pangan, memberikan pedoman untuk melakukan pertukaran barang (barter), memberikan pedoman tentang harga jual beli, memberikan pedoman untuk menggunakan tenaga kerja, memberikan pedoman tentang cara pengupahan, memberikan pedoman tentang cara pemutusan hubungan kerja, memberi identitas diri bagi masyarakat.

9. Jawaban: C. Pedoman bagi pelaksanaan pengendalian sosial
10. Jawaban: C. Isolasi geografis karena bentuk wilayah
Salah satu faktor penyebab kemajemukan masyarakat Indonesia adalah kondisi Indonesia yang berbentuk kepulauan memungkinkan terbentuknya isolasi geografis sehingga setiap daerah cenderung mengembangkan karakter khas kebudayaannya masing-masing. Disamping perbedaan geografis yang ada menyebabkan keanekaragaman suhu, iklim, curah hujan, struktur tanah dan lain sebagainya.

11. Jawaban: C. Keturunan
12. Jawaban: E. Antargenerasi horizontal
Mobilitas antargenerasi adalah mobilitas sosial yang terjadi antara dua generasi atau lebih. Mobilitas seperti ini terjadi karena adanya perubahan status sosial antara ayah dengan anak, anak dengan cucu, dan seterusnya. Mobilitas antargenerasi terdiri dari mobilitas antargenerasi naik dan mobilitas antargenerasi turun.

13. Jawaban: D. Pengaruh budaya asing
Bangsa Indonesia adalah contoh bangsa yang terbuka. Hal ini dapat kita lihat dengan besarnya pengaruh asing dalam membentuk keanekaragaman bangsa Indonesia. Pengaruh asing yang pertama yang mewarnai sejarah keanekaragaman bangsa Indonesia adalah ketika orang-orang India, Cina, dan Arab mendatangi wilayah Indonesia. Bangsa-bangsa tersebut datang dengan membawa kebudayaan yang beragam.

14. Jawaban: E. Angket campuran
15. Jawaban: A. Primer
16. Jawaban: E. Argumentasi singkat tentang hasil penelitian yang dilakukan
17. Jawaban: B. Kesatuan kepentingan
18. Jawaban: C. 1, 3, dan 5
Patembayan, merupakan bentuk kehidupan bersama dimana diantara anggotanya terdapat ikatan lahir yang bersifat pokok, dalam jangka waktu yang relative pendek. Contohnya, hubungan dalam dunia industry atau organisasi politik.

19. Jawaban: D. 2), 3), dan 4)
20. Jawaban: B. pola pikir etnosentris yang ekstrem menghambat proses integrasi sosial dalam masyarakat
21. Jawaban: E. Konsolidasi parameter etnis dan pekerjaan
Konsolidasi berasal dari kata “consolidation” yang berarti penguatan atau pengukuhan. Konsolidasi memiliki dua sisi, yaitu sisi ke dalam dan sisi keluar. Konsolidasi dengan sisi kedalam akan memperkuat solidaritas kedalam suatu organisasi atau himpunan. Sebaliknya, konsolidasi dengan sisi keluar dapat menimbulkan sikap antipati dan kecurigaan terhadap organisasi lain

22. Jawaban: C. Memperburuk kondisi masyarakat kalangan miskin karena haknya diambil masyarakat kaya
23. Jawaban: B. Ikut membela negara dari segala ancaman
24. Jawaban: D. (2), (4), dan (5)
25. Jawaban: B. Integrasi sosial masyarakat majemuk
Integrasi sosial adalah proses penyesuaian unsur-unsur yang berbeda dalam masyarakat sehingga menjadi satu kesatuan. Unsur-unsur yang berbeda tersebut dapat meliputi perbedaan kedudukan sosial, ras, etnik, agama, bahasa, kebisaaan, sistem nilai, dan norma.

26. Jawaban: D. Benturan kepentingan politik
Soerjono Soekanto mengemukakan empat faktor yang dapat menyebabkan terjadinya konflik dalam masyarakat, yakni perbedaan antarindividu, perbedaan antarkebudayaan, perbedaan kepentingan, dan perubahan social

27. Jawaban: A. Kepentingan politik
28. Jawaban: C. Muncul tindak anarkis yang dilakukan para buruh
29. Jawaban: A. Perbedaan kepentingan antarwarga
30. Jawaban: B. Mediasi
31. Jawaban: E. Integrasi nasional
32. Jawaban: D. 2 dan 4
Perubahan sosial yang tidak dikehendaki (unintended change) atau tidak direncanakan (unplanned change) merupakan perubahan yang terjadi di luar jangkauan pengawasan masyarakat atau kemampuan manusia. Perubahan ini dapat menyebabkan timbulnya akibat-akibat sosial yang tidak diharapkan masyarakat.

33. Jawaban: C. 1, 3, dan 5
34. Jawaban: A. 1, 2, dan 3
Faktor pendorong yang datangnya dari dalam masyarakat itu sendiri (internal), diantaranya bertambah atau berkurangnya penduduk, penemuan-penemuan baru, pertentangan masyarakat, terjadinya pemberontakan atau revolusi.

35. Jawaban : E. Tidak ada batas yang jelas antara ketiga pola hidup
Teori Siklus, melihat perubahan sebagai sesuatu yang berulang-ulang. Apa yang terjadi sekarang pada dasarnya memiliki kesamaan atau kemiripan dengan yang telah terjadi sebelumnya. Pola perubahan siklus adalah pola perubahan yang menyerupai spiral.

36. Jawaban: B. Semakin terbukanya komunikasi internasional
37. Jawaban: B. Bertentangan dengan ideologi bangsa Indonesia
38. Jawaban: D. Mendorong masyarakat menjadi konsumtif
39. Jawaban: D. Daya dukung terhadap kemajuan ekonomi dari berbagai pihak seperti sistem hukum, politik, dan partisipasi dari tokoh-tokoh masyarakat belum optimal
40. Jawaban: D. Menimbulkan kecemburuan sosial yang dapat meresahkan masyarakat

Soal Ujian Satuan Pendidikan (USP) Sosiologi Tahun Ajaran 2022-2023

KISI-KISI Soal Ujian Satuan Pendidikan (USP) Sosiologi Tahun Ajaran 2022-2023

Kartu Soal Ujian Satuan Pendidikan (USP) Sosiologi Tahun Ajaran 2022-2023

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Kunci Jawaban Soal Ujian Satuan Pendidikan (USP) Sosiologi Tahun Ajaran 2022-2023"