Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Soal Pendalaman Esai Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3. Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)

Jawaban Esai
1. Apa yang dimaksud dengan kesetaraan?
Jawaban:
Kesetaraan berarti kebebasan dari prasangka dan diskriminasi. Kesetaraan menjadi akhir dari eksploitasi sesama manusia. Selain hak yang sama, seseorang juga memiliki kesempatan hidup yang secara umum sama. Perwujudan kesetaraan merupakan penghargaan atas martabat individu.

2. Mengapa dalam masyarakat selalu ada stratifikasi sosial? Jelaskan pendapat Anda
Jawaban:
Stratifikasi sosial akan selalu ada selama di masyarakat ada yang dihargai lebih. Stratifikasi sosial pun dapat menjadi motivasi masyarakat guna menaikkan status sosial yang melekat

3. Tuliskan dasar-dasar dari stratifikasi sosial
Jawaban:
Dasar dari stratifikasi sosial adalah
a. Kekayaan
b. Kekuasaan
c. Keturunan
d. Pendidikan

4. Jelaskan pengertian solidaritas dan deskripsikan jenis-jenis solidaritas sosial
Jawaban:
Solidaritas adalah kekompakan atau kesetiakawanan rasa kebersamaan, rasa kesatuan kepentingan, rasa simpati, sebagai salah satu anggota dari kelas yang sama. atau bisa di artikan perasaan atau ungkapan dalam sebuah kelompok yang dibentuk oleh kepentingan bersama.
Ada dua jenis solidaritas, yakni solidaritas mekanis dan solidaritas organik.
a. Solidaritas Mekanik
Solidaritas mekanik adalah masyarakat /suatu kelompok sosial yang didasarkan pada kesadaran kolektif, kebersamaan, dan hukum yang berlaku bersifat menekan. Dalam solidaritas mekanik ada totalitas kepercayaan dan sentimen-sentimen bersama yang ada pada masyarakat yang sama. Individualitas tidak berkembang karena kehidupan masyarakat lebih berorientasi pada konformitas (kepentingan bersama). Ciri khas dari solidaritas mekanik adalah solidaritas didasarkan pada tingkat homogenitas yang tinggi dalam kepercayaan, sentimen, dan kebersamaan mencapai kepentingan bersama.
b. Solidaritas Organik
Solidaritas organik adalah masyarakat/suatu kelompok sosial yang didasar- kan pada saling ketergantungan antar anggota dan spesialisasi pembagian kerja dengan hukum yang berlaku bersifat restitutif/memulihkan. Dalam solidaritas organik motivasi anggotanya sebagian besar karena ingin mendapatkan upah / gaji yang diterima sebagai imbalan atas peran sertanya dalam kelompok. Solidaritas organik muncul karena adanya pembagian kerja/spesialisasi sehingga saling ketergantungan antar anggota sangat tinggi.

5. Tuliskan ciri-ciri dari masyarakat multikultural
Jawaban:
Ciri-ciri masyarakat multikultural adalah sebagai berikut.
a. Terbagi dalam kelompok-kelompok yang satu sama lain memiliki sub kebudayaan berbeda.
b. Relatif sering mengalami konflik.

6. Jelaskan perbedaan konsep masyarakat multikultural dengan masyarakat majemuk
Jawaban:
Multikulturalisme tidak hanya bermakna keanekaragaman (kemajemukan) tetapi juga kesederajatan antarperbedaan. Maksudnya, dalam multikulturalisme terkandung pengertian bahwa tidak ada sistem norma dan budaya yang lebih tinggi dari yang lain. Secara konsep, masyarakat multikultural tidak sama dengan masyarakat majemuk. Masyarakat majemuk lebih menitikberatkan pada keanekaragaman suku bangsa dan kebudayaannya. Sementara itu, masyarakat multikultural merujuk pada kesetaraan atau kesederajatan kebudayaan yang ada dalam masyarakat.

7. Tuliskan dan jelaskan lima kategori dari kesetaraan
Jawaban:
Lima kategori dalam kesetaraan adalah sebagai berikut.
a. Kesetaraan hukum
b. Kesetaraan politik
c. Kesetaraan sosial
d. Kesetaraan ekonomi
e. Kesetaraan moral

8. Tuliskan bentuk-bentuk diferensiasi yang ada dalam masyarakat
Jawaban:
Bentuk diferensiasi sosial yang ada dalam masyarakat antara lain sebagai berikut.
a. Diferensiasi ras
b. Diferensiasi suku bangsa
c. Diferensiasi klan
d. Diferensiasi agama
e. Diferensiasi jenis kelamin

9. Adanya perbedaan dalam masyarakat, menyebabkan rentannya terjadi konflik dalam masyarakat. Menurut pendapat Anda, bagaimana cara untuk meminimalisir konflik perbedaan dalam masyarakat?
Jawaban:
Adanya toleransi dan sikap saling menghargai sesama masyarakat, pendidikan multikulturalisme diberikan pada anak-anak sejak dini guna menyadari adanya keragaman dalam masyarakat.

10. Jelaskan fungsi dari stratifikasi sosial
Jawaban:
Fungsi stratifikasi sosial adalah sebagai berikut.
a. Distribusi hak-hak istimewa yang objektif, karena dapat diterima orang lain, seperti menentukan penghasilan, tingkat kekayaan, keselamatan, dan wewenang.
b. Menjadi sistem pertanggaan pada strata yang berhubungan dengan kewibawaan dan penghargaan.
c. Penentu lambang-lambang atau kedudukan, seperti tingkah laku, cara berpakaian dan bentuk rumah.
d. Penentu tingkat mudah dan sukarnya bertukar kedudukan.

Ket. klik warna biru untuk link

Soal

Soal Pilihan Ganda

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Kunci Jawaban Soal Pendalaman Esai Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3. Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)"