Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Soal Pendalaman Esai Materi Sosiologi Kelas XI Bab 2. Permasalahan Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)

Jawaban Esai
1. Jelaskan perbedaan masalah dan masalah sosial. Berikan contohnya
Jawaban:
Masalah adalah suatu kondisi yang tidak sesuai antara harapan dan kenyataan, atau adanya gap antara apa yang diharapkan dengan realita yang ada. Sedangkan masalah sosial adalah kondisi sosial yang dipandang oleh suatu masyarakat berbahaya bagi anggota masyarakat dan harus diatasi.

2. Jelaskan pandangan Sutherland mengenai perilaku menyimpang
Jawaban:
Edwin H. Sutherland menggambarkan kegiatan kriminal sebagai hasil dari sosialisasi nilai-nilai dari satu kelompok, yang dibenturkan dengan nilai-nilai kelompok yang lebih kuat dalam masyarakat. Inti dari pemikiran Sutherland ini adalah bahwa perilaku menyimpang dipelajari.

3. Sebagai seorang pelajar, apa yang dapat Anda lakukan dalam mengatasi kenakalan remaja?
Jawaban:
Sebagai remaja, upaya yang dapat dilakukan dalam menanggulangi kenakalan remaja yang ada adalah mengajak remaja yang berperilaku menyimpang untuk turut serta dalam hal-hal positif yang dilakukan di sekolah maupun di lingkungan sekitar, tidak mengucilkan dan memarjinalkan tetapi turut serta merangkul guna menjadi remaja yang produktif, mengisi waktu luang dengan terus mengasah bakat dan minat, dan hal positif lainnya.

4. Mengapa kenakalan remaja menjadi masalah sosial?
Jawaban:
Kenakalan remaja sebagai masalah sosial sebab kenakalan remaja selalu berkaitan dengan perilaku yang menyimpang. Hal ini jika tidak segera diatas maka tidak kemungkinan akan mengarah kepada perilaku yang negatif bahkan kejahatan. Kenakalan remaja ini pun sangat mengkhawatirkan sebab, hal ini berkaitan pada generasi muda sebagai generasi pembangun bangsa. Apabila generasi muda sudah melakukan penyimpangan bahkan tindak kejahatan, maka akan berdampak pada generasi penerus bangsa. Sebab dalam diri pemudalah kemajuan bangsa akan diteruskan.

5. Tuliskan faktor geografis yang menyebabkan kemiskinan
Jawaban:
Faktor geografis yang menyebabkan kemiskinan adalah sebagai berikut.
 Iklim dan cuaca yang kurang baik
 Tidak adanya sumber daya alam yang memadai
 Bencana alam seperti letusan gunung berapi

6. Mengapa marginalisasi dikategorikan sebagai bentuk ketidakadilan? Berikan pendapat Anda
Jawaban:
Marjinalisasi adalah proses pemutusan hubungan kelompok-kelompok tertentu dengan lembaga sosial utama. Seperti struktur ekonomi, pendidikan dan lembaga sosial lainnya. Marjinalisasi merupakan bentuk dari ketidakadilan karena kelompok atau individu yang marjinal sering dikecualikan dari layanan, program, dan kebijakan. Hal ini menyangkut hak setiap individu yang dirampas.

7. Jelaskan dua pandangan dari teori fungsionalisme mengenai masalah sosial
Jawaban:
Berdasarkan teori fungsionalis, ada dua pandangan tentang masalah sosial. Kedua pandangan itu berasal dari patologi sosial. Menurut patologi sosial, masalah sosial seperti penyakit dalam tubuh. Penyakit ini disebabkan oleh salah satu sistem organ dan sel tubuh yang tidak bekerja. Sama halnya dengan permasalahan sosial. Permasalahan sosial terjadi karena ketidakberfungsiannya salah satu lembaga di masyarakat. Sedangkan pandangan disorganisasi sosial melihat masalah sosial bersumber dari proses perubahan sosial yang cepat.

8. Tuliskan faktor yang mendorong timbulnya tindak kejahatan
Jawaban:
Faktor pendorong tindak kejahatan
 Terjadinya perubahan sosial, ekonomi, politik, seperti perang dan bertambahnya pengangguran
 Pemerintah yang lemah dan korup sehingga mendorong orang untuk berbuat jahat
 Masalah kependudukan dan ekonomi
 Pengembangan sikap mental yang keliru
 Kurangnya teladan dalam masyarakat

9. Tuliskan pandangan Richard dan Richard mengenai permasalahan sosial
Jawaban:
Richard dan Richard berpendapat bahwa masalah sosial adalah pola perilaku dan kondisi yang tidak diinginkan dan tidak dapat diterima oleh sebagian besar anggota masyarakat.

10. Mengapa demoralisasi dalam masyarakat merupakan salah satu faktor pendorong kemiskinan? Jelaskan pendapat Anda
Jawaban:
Demoralisasi atau penurunan karakter dan moral menyebabkan kekacauan pribadi dan akhirnya jatuh pada kemiskinan. Seperti minum-minuman keras, berjudi dan mendatangi tempat pelacuran dapat membuat orang jatuh dalam jurang kemiskinan.

Ket. klik warna biru untuk link

Soal

Soal Pilihan Ganda

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Kunci Jawaban Soal Pendalaman Esai Materi Sosiologi Kelas XI Bab 2. Permasalahan Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)"