Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Soal Pendalaman Esai Materi Sosiologi Kelas XII. Evaluasi Semester 1 (Kurikulum Revisi 2016)

Jawaban Esai
1. Jelaskan menurut pemahaman Anda tentang teori siklus
Jawaban:
Teori siklus. Teori siklus melihat perubahan sebagai sesuatu yang berulang-ulang. Apa yang terjadi sekarang pada dasarnya memiliki kesamaan atau kemiripan dengan apa yang telah terjadi sebelumnya. Dalam pola perubahan ini tidak tampak batas-batas antara pola hidup primitif, tradisional, dan modern. Perubahan siklus merupakan perubahan yang menyerupai spiral.

2. Menurut pendapat Anda, apakah perubahan sosial selalu mengarah pada kemajuan?
Jawaban:
Perubahan sosial tidak selalu mengarah pada kemajuan. Adanya suatu perubahan dalam masyarakat akibat perubahan sosial bergantung pada keadaan masyarakat itu sendiri yang mengalami perubahan sosial. Dengan kata lain, perubahan sosial yang terjadi tidak selamanya suatu kemajuan (progress). Bahkan, dapat pula sebagai suatu kemunduran masyarakat. Kecepatan perubahan tiap daerah berbeda-beda bergantung pada dukungan dan kesiapan masyarakat untuk berubah. Perbedaan perubahan tersebut dapat mengakibatkan munculnya kecemburuan sosial, yang harus dihindari.

3. Menurut pendapat Anda, bagaimana pengaruh globalisasi terhadap kehidupan masyarakat komunitas lokal?
Jawaban:
Pengaruh globalisasi terhadap kehidupan masyarakat komunitas lokal, Dampak globalisasi yang terjadi dalam masyarakat, tentu akan berpengaruh juga pada kita sebagai anggota masyarakat dalam komunitas lokal, dan lebih luas sebagai bangsa Indonesia. Globalisasi merupakan tantangan bagi masa depan bangsa kita. Untuk itu, kita harus siap menghadapinya dan mampu menangkap peluang yang ditawarkannya.

4. Bagaimana upaya Anda menghadapi tantangan global seperti sekarang ini?
Jawaban:
Upaya dalam  menghadapi tantangan global seperti sekarang ini. Hal yang dibutuhkan sekarang adalah cara negara menjalin kerja sama dengan negara-negara lain, terutama sesama negara berkembang, untuk mengendalikan arus globalisasi ini. Di bidang ekonomi misalnya, kerja sama negara-negara ini harus dapat memperjuangkan tatanan ekonomi yang lebih baik. Antara lain, mendorong terciptanya hukum internasional yang dapat menjamin peningkatan kesejahteraan masyarakat di negara berkembang. Kerja sama negara-negara ini harus dapat mendorong hadirnya aturan yang dapat mengatur aktivitas perusahaan-perusahaan multinasional di suatu negara.

5. Bagaimana upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi ketimpangan sosial yang terjadi pada masyarakat akibat globalisasi?
Jawaban:
Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi ketimpangan sosial yang terjadi pada masyarakat akibat globalisasi. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah ketimpangan adalah dengan pemberdayaan masyarakat. Pemberdayaan masyarakat adalah upaya meningkatkan harkat dan martabat golongan masyarakat yang mengalami kondisi miskin sehingga mereka dapat melepaskan diri dari perangkap kemiskinan dan keterbelakangan. Pemberdayaan ini dilakukan untuk membangun kemampuan masyarakat dengan mendorong kemandirian ekonomi dan sosialnya. 

Ket. klik warna biru untuk link

Soal

Soal Pilihan Ganda

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Kunci Jawaban Soal Pendalaman Esai Materi Sosiologi Kelas XII. Evaluasi Semester 1 (Kurikulum Revisi 2016)"