Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Soal Pendalaman Esai Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1. Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)

Jawaban Esai
1. Apakah perubahan sosial di masyarakat selalu diikuti oleh perubahan kebudayaannya? Jelaskan
Jawaban:
Perubahan sosial selalu diikuti oleh perubahan kebudayaannya. Kingsley Davis mengatakan bahwa perubahan sosial merupakan bagian dari perubahan kebudayaan. Perubahan dalam kebudayaan mencakup semua bagiannya, yaitu kesenian, ilmu pengetahuan, teknologi, filsafat, bahkan perubahan dalam bentuk serta aturan organisasi sosial.

2. Selain ada kecenderungan masyarakat untuk mengadakan perubahan, ada pula kecenderungan masyarakat untuk mempertahankan nilai-nilai lama. Mengapa demikian?
Jawaban:
Ada masyarakat memiliki kecenderungan untuk mempertahankan nilai-nilai lama. Kecenderungan tersebut dipengaruhi oleh faktor-faktor berikut.
a. Adanya unsur yang mempunyai fungsi tertentu dan sudah diterima oleh masyarakat secara luas.
b. Adanya unsur-unsur yang diperoleh melalui proses sosialisasi sejak kecil.
c. Adanya unsur yang menyangkut agama dan religi yang dianut masyarakat.
d. Adanya unsur-unsur yang menyangkut ideologi dan filsafat hidup bangsa.

3. Apa yang dimaksud dengan perubahan kecil dan perubahan besar? Jelaskan dan berikan masing-masing dua contoh
Jawaban:
Perubahan kecil dan perubahan besar.
a. Perubahan kecil adalah perubahan yang terjadi pada unsur-unsur struktur sosial yang tidak membawa pengaruh langsung atau berarti bagi masyarakat. Contohnya, perubahan mode pakaian dan mainan anak-anak tidak akan membawa pengaruh berarti bagi masyarakat secara keseluruhan.
b. Perubahan besar adalah perubahan yang berpengaruh terhadap masyarakat dan lembaga-lembaganya, seperti sistem kerja, hak milik tanah, hubungan kekeluargaan, dan stratifikasi masyarakat. Contohnya, urbanisasi ke kota-kota menimbulkan berbagai perubahan, seperti lahan menjadi sempit. Industrialisasi sudah merubah masyarakat agraris menjadi masyarakat industri.

4. Ketika masyarakat ingin melakukan perubahan ada beberapa pihak yang disebut agent of change (pelaku perubahan). Siapa saja yang termasuk agent of change? Berikan salah satu contoh tindakannya
Jawaban:
Pihak-pihak yang hendak mengadakan perubahan ini dinamakan pelaku perubahan (agent of change), yaitu seseorang atau sekelompok orang yang mendapat kepercayaan masyarakat sebagai pemimpin dalam perubahan pada lembaga-lembaga kemasyarakatan.

Salah satu tindakan dari agen perubahan adalah Perempuan Sebagai Agen Perubahan dalam Ekonomi Rakyat.” Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari, 4-6 Mei 2015 di Merauke. Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan perempuan dari daerah dampingan program WWF Indonesia- Papua Program di Merauke, Taman Nasional Teluk Cenderawasih, Kabupaten Jayapura, Wamena, Mappi, dan Asmat beserta staf WWF yang menjadi fasilitator pendamping di masing-masing daerah.

5. Apa saja faktor internal dan eksternal yang mendorong terjadinya perubahan sosial?
Jawaban:
Faktor internal dan eksternal yang mendorong terjadinya perubahan sosial.
a. Faktor Internal:
a) Bertambah atau berkurangnya penduduk
b) Penemuan-penemuan baru
c) Pertentangan masyarakat (konflik sosial)
d) Terjadinya pemberontakan atau revolusi

b. Faktor Eksternal:
a) Lingkungan fisik yang ada di sekitar manusia
b) Peperangan
c) Pengaruh kebudayaan masyarakat lain

6. Mengapa terdapat hubungan antara perubahan sosial dan kesenjangan sosial di masyarakat? Berikan alasannya
Jawaban:
Terdapat hubungan antara perubahan sosial dan kesenjangan sosial, karena masyarakat merupakan suatu organisasi yang terdiri atas unsur-unsur yang merupakan satu kesatuan, yang disebut sebagai sistem. Apabila dalam suatu sistem salah satu unsurnya tidak berfungsi dengan baik, keseimbangan sistem akan terganggu secara keseluruhan. Ketidakseimbangan atau ketidakserasian unsur dalam masyarakat akan mengakibatkan timbulnya disorganisasi sosial yang lama-kelamaan berubah menjadi disintegrasi sosial.

7. Mengapa eksistensi bangsa Indonesia sangat penting di tengah-tengah perubahan sosial?
Jawaban:
Eksistensi bangsa Indonesia sangat penting di tengah-tengah perubahan sosial karena Indonesia sebagai negara berkembang dan memiliki kebudayaan yang melekat dengan adat istiadat yang sangat kuat harus dapat mempertahankan hal-hal tersebut, tetapi di lain pihak harus beradaptasi dengan perubahan yang selalu terjadi dan terus menerus. Hal ini disebabkan karena perubahan sosial budaya yang terjadi dalam suatu masyarakat menyangkut perubahan nilai, pola perilaku, organisasi sosial, pelapisan sosial, kekuasaan, serta segi kemasyarakatan lainnya.

8. Jelaskan perbedaan dan persamaan antara modernisasi, westernisasi, dan sekularisasi
Jawaban:

9. Apa saja ciri-ciri manusia modern yang sesuai dengan upaya bangsa Indonesia dalam rangka menghadapi era globalisasi?
Jawaban:
Ciri-ciri manusia modern yang sesuai dengan upaya bangsa Indonesia dalam rangka menghadapi era globalisasi, sebagai berikut.
a. Menghormati hak dan kewajiban orang lain.
b. Lebih berorientasi pada masa depan.
c. Berpendirian kuat dan menghargai ilmu pengetahuan.
d. Menyadari potensi diri dan mau mengembangkannya.
e. Memiliki kepekaan terhadap masalah-masalah di sekitarnya.
f. Bersikap terbuka terhadap pengalaman dan penemuan baru, tidak bersikap apriori atau menaruh prasangka.
g. Senantiasa mempunyai informasi yang lengkap sehingga penilaian terhadap perubahan didasarkan pada kekurangan-kekurangan yang dihadapi.

10. Agar bangsa Indonesia mampu menjadi bangsa yang maju dan bermartabat, mental apa saja yang perlu dimiliki? Berikan penjelasannya
Jawaban:
Agar bangsa Indonesia mampu menjadi bangsa yang maju dan bermartabat, mental saja yang perlu dimiliki adalah rajin, tepat waktu, berani mengambil risiko, disiplin, kompetitif, adil, jujur, rasional, toleran, dan peduli lingkungan. Kebudayaan suatu masyarakat dapat menjadi pendorong sekaligus penghambat proses modernisasi. Oleh karena itu, sikap mental dan nilai budaya suatu masyarakat sangat menentukan diterima atau ditolaknya suatu perubahan atau modernisasi.

Ket. klik warna biru untuk link

Soal

Soal Pilihan Ganda

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Kunci Jawaban Soal Pendalaman Esai Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1. Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)"