Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Soal Pendalaman Esai Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4. Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum Revisi 2016)

Jawaban Esai
1. Apa yang dimaksud dengan kearifan lokal? Jelaskan
Jawaban:
Kearifan lokal merupakan hasil dari proses adaptasi secara turun-menurun dalam periode yang sangat lama terhadap suatu lingkungan alam tempat tinggal. Kearifan lokal umumnya berbentuk lisan atau tulisan dalam suatu sistem sosial masyarakat.

2. Mengapa masyarakat masih mempertahankan kearifan lokal? Berikan alasannya dan berikan contoh kearifan lokal yang ada di Indonesia
Jawaban:
Indonesia kaya akan budaya dan kearifan lokal dalam masyarakat. Suku-suku di Indonesia yang jumlahnya ribuan memiliki kearifan lokal yang menjadi ciri khas masing-masing. Tentunya kita patut bersyukur dan bangga terhadap kondisi ini. Keragaman budaya Indonesia terjadi disebabkan kondisi geografis antarwilayah yang berbeda sehingga penyesuaian kearifan lokal terhadap lingkungan juga berbeda.

Beberapa contoh kearifan lokal yang terdapat dalam masyarakat Indonesia di antaranya adalah berupa karya-karya masyarakat pada seni tekstil seperti batik, kain tenun, dan lainnya; kearifan lokal dalam pemanfaatan sumber daya alam, misalnya pada masyarakat Dayak di Kalimantan yang telah mengenal konsep konservasi lingkungan dengan istilah Tana’ Ulen; kearifan lokal dalam mitos masyarakat, seperti mitos terhadap pohon-pohon keramat, mitos terhadap hewan yang dianggap, dan lainnya; kearifan lokal dalam bidang pertanian, seperti pengembangan sistem pertanian yang ramah lingkungan dan menyesuaikan dengan kondisi lingkungan; dan kearifan lokal dalam cerita budaya, petuah, dan sastra yang terdapat dalam seni sastra.

3. Salah satu ciri kearifan lokal menurut Moendardjito adalah mempunyai kemampuan untuk mengintegrasikan unsur budaya luar ke dalam budaya asli. Jelaskan pertanyaan tersebut? Berikan contohnya
Jawaban:
Salah satu ciri kearifan lokal menurut Moendardjito adalah mempunyai kemampuan untuk mengintegrasikan unsur budaya luar ke dalam budaya asli. Pernyataan tersebut merupakan bentuk dari akulturasi, yaitu suatu proses sosial yang timbul manakala suatu kelompok manusia dengan kebudayaan tertentu dihadapkan dengan unsur dari suatu kebudayaan asing. Kebudayaan asing itu lambat laun diterima dan diolah ke dalam kebudayaannya sendiri tanpa menyebabkan hilangnya unsur kebudayaan kelompok itu sendiri. Contoh akulturasi: Saat budaya rap dari negara asing digabungkan dengan bahasa Jawa, sehingga menge-rap dengan menggunakan bahasa Jawa. Ini terjadi di acara Simfoni Semesta Raya.

4. Kearifan lokal berfungsi sebagai petuah, kepercayaan, dan pantangan. Apa yang dimaksud dengan pernyataan tersebut? Jelaskan dan beri contoh
Jawaban:
Kearifan lokal berfungsi sebagai petuah, kepercayaan, dan pantangan. Kearifan lokal di Indonesia mengandung nilai-nilai yang patut kita teladani. Sikap dapat kita contoh antara lain kecintaan dan kebanggaan terhadap tanah air, menjaga kelestarian lingkungan, mengutamakan kebersamaan, saling menghormati, saling mencintai, dan tolong-menolong antarsesama warganegara. Contohnya suku Melayu terkenal dengan seni sastranya. Lewat seni sastra suku Melayu menggambarkan kearifan lokal yang wajib dijunjung tinggi.

5. Apakah hubungannya antara kearifan lokal dengan karya-karya masyarakat? Jelaskan dan beri contoh
Jawaban:
Hubungannya antara kearifan lokal dengan karya-karya masyarakat. Kearifan lokal dalam karya masyarakat misalnya pada seni tekstil di Indonesia. Masyarakat Jawa memiliki batik yang menjadi ciri khas dan kebanggaan Indonesia. Tidak hanya motifnya yang indah, namun di balik motif tersebut tersimpan makna yang mendalam. Motif-motif tersebut berisi nasihat, harapan, dan doa kepada Tuhan. Sebagai contoh, motif batik parang memiliki makna petuah untuk tidak pernah menyerah. Hal ini terlihat dari motifnya yang berisi jalinan yang tidak terputus.

6. Apakah hubungannya antara kearifan lokal dan pemberdayaan komunitas? Jelaskan
Jawaban:
Hubungan antara kearifan lokal dan pemberdayaan komunitas. Kearifan lokal tidak terlepas dari nilai-nilai yang dipertahankan di suatu daerah atau komunitas tertentu. Nilai-nilai tersebut tentu tidak akan mudah diubah paradigma atau sudut pandangnya. Maka, diperlukan strategi pemberdayaan komunitas agar pengaruh positif dari kearifan lokal tetap terjaga namun masyarakat atau komunitas dapat mempelajari dan mengubah hal-hal yang dianggap perlu diubah.

7. Mengapa partisipasi masyarakat begitu penting dalam pemberdayaan komunitas? Jelaskan
Jawaban:
Mengapa partisipasi masyarakat begitu penting dalam pemberdayaan komunitas. Menurut
Moendardjito, ada beberapa alasan utama mengapa partisipasi bersifat penting (Muslim, 2007).
a. Masyarakat adalah fokus utama dan tujuan akhir dari pembangunan, karena itu partisipasi merupakan akibat logis dari dalil tersebut.
b. Partisipasi menimbulkan rasa harga diri dan meningkatkan harkat dan martabat.
c. Partisipasi menciptakan suatu lingkaran umpan balik arus informasi tentang sikap, aspirasi, kebutuhan, dan kondisi daerah yang tanpa keberadaannya akan tidak terungkap.
d. Partisipasi memperluas zona (kawasan) penerimaan proyek pembangunan.
e. Partisipasi menyediakan lingkungan yang kondusif bagi aktualisasi potensi manusia maupun pertumbuhan manusia.
f. Partisipasi dipandang sebagai pencerminan hak-hak demokratis individu untuk dilibatkan dalam pembangunan mereka sendiri.
g. Partisipasi merupakan cara yang efektif membangun kemampuan masyarakat untuk pengelolaan program pembangunan guna memenuhi ciri khas daerah.

8. Salah satu strategi pemberdayaan komunitas menurut Sunyoto Usman adalah menciptakan iklim atau suasana yang memungkinkan potensi komunitas berkembang (enabling). Jelaskan yang dimaksud dengan pernyataan tersebut dan berikan contohnya
Jawaban:
Salah satu strategi pemberdayaan komunitas menurut Sunyoto Usman adalah “menciptakan iklim atau suasana yang memungkinkan potensi komunitas berkembang (enabling)”.  Disini titik tolaknya adalah pengenalan bahwa setiap manusia, setiap masyarakat, memiliki potensi yang dapat dikembangkan. Contohnya, satu program pemberdayaan di wilayah perdesaan, seperti di Kabupaten Timor Tengah Selatan, NTT ini adalah pelatihan pengembangan ekonomi pedesaan berbasis agribisnis.

9. Apa peran aktor pemerintah dalam pemberdayaan masyarakat? Apakah bentuk output peranannya?
Jawaban:
Peran aktor pemerintah dalam pemberdayaan masyarakat.
a. Menetapkan kebijakan
b. Formulasi
c. Implementasi
d. Monitoring
e. Evaluasi

Bentuk output peranannya. Kebijakan, misalnya dalam menetapkan peraturan dan penyelesaian sengketa

10. Menjaga eksistensi budaya lokal sangat penting bagi kehidupan masyarakat lokal? Jelaskan dan berikan contohnya.
Jawaban:
Menjaga eksistensi budaya lokal sangat penting bagi kehidupan masyarakat lokal. Nilai-nilai dalam kearifan lokal menjadi modal utama dalam membangun masyarakat tanpa merusak tatanan sosial dengan lingkungan alam. Jadi, dapat dikatakan bahwa kearifan lokal terbentuk sebagai budaya unggul dari masyarakat setempat berkaitan dengan kondisi geografis. Kearifan lokal merupakan produk budaya masa lalu yang patut dijadikan pegangan hidup.

Tindakan yang bisa dilakukan untuk tetap melestarikan kearifan lokal adalah menjaga keotentikan berbagai kearifan lokal yang masih asli pada suku-suku pedalaman, seperti suku Baduy dan Dayak untuk sektor pertanian kearifan lokal dapat dijadikan sebagai karakter masyarakat setempat dalam bertani; dalam penanggulangan kemiskinan berbagai kearifan lokal, seperti kerja keras, gotong royong, dan penghormatan terhadap orang lain dapat dintegrasikan dengan berbagai kebijakan dan program penanggulangan kemiskinan; dalam sektor ekonomi, kearifan lokal dapat mendorong terbentuknya ekonomi kerakyatan yang berbasis pada kekuatan ekonomi rakyat.

Ket. klik warna biru untuk link

Soal

Soal Pilihan Ganda

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Kunci Jawaban Soal Pendalaman Esai Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4. Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum Revisi 2016)"