Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Soal Pendalaman Esai Materi Sosiologi Kelas XII. Evaluasi Semester 2 (Kurikulum Revisi 2016)

Jawaban Esai
1. Mengapa ketimpangan sosial dapat dikategorikan sebagai masalah sosial? Jelaskan
Jawaban:
Ketimpangan sosial ditandai ketidaksetaraan peluang dan penghargaan untuk posisi yang berbeda atau status dalam kelompok atau masyarakat. Ketimpangan sosial dapat dikategorikan sebagai masalah sosial karena terdapat ketidakadilan dalam pemberian kontribusi kepada masyarakat dari berbagai aspek kehidupan.

2. Tuliskan langkah-langkah atau upaya-upaya dalam mengatasi ketimpangan sosial
Jawaban:
Langkah-langkah atau upaya-upaya dalam mengatasi ketimpangan sosial.
a. Tentukan masalah yang akan dicari solusinya.
b. Identifikasi faktor-faktor penyebab masalah itu timbul.
c. Cari beberapa alternatif solusinya.
d. Pilih yang paling penting yang harus diselesaikan dahulu, kemudian lanjutkan ke solusi berikutnya.

3. Jelaskan bahwa ketimpangan sosial dapat memicu timbulnya tindakan kriminalitas
Jawaban:
Edwin H. Sutherland menggambarkan kegiatan kriminal sebagai hasil sosialisasi nilai-nilai dari satu kelompok yang berbenturan dengan nilai-nilai kelompok yang lebih kuat. Adapun teori ketegangan menurut Merton adalah penyimpangan yang paling mungkin terjadi ketika ada ketidaksesuaian antara tujuan yang dianggap baik oleh masyarakat dan cara untuk memperolehnya. Berdasarkan teori asosiasi diferensial, penetapan standar nilai-nilai sosial oleh masyarakat (tujuan budaya) dan ketidakmampuan memenuhinya (teori ketegangan) akan menghasilkan perilaku-perilaku melanggar aturan (kriminal).

4. Apakah tujuan dari pemberdayaan komunitas lokal dan bagaimana peran pemerintah?
Jawaban:
Tujuan dari pemberdayaan komunitas adalah membentuk individu dan masyarakat menjadi mandiri. Pemberdayaan komunitas orientasinya menunjuk kepada komunitas yang kurang berdaya atau tidak berdaya. Pemberdayaan juga dapat dilakukan kepada komunitas yang telah berdaya, namun dengan tujuan untuk mengantisipasi terhadap ancaman dan hambatan yang dapat mengubah komunitas itu sendiri. Adapun hal yang ingin dicapai oleh upaya pemberdayaan komunitas adalah pemberian daya atau kekuatan kepada suatu komunitas sehingga menjadi komunitas yang lebih baik.

Peran pemerintah dalam pemberdayaan komunitas di antaranya
- Menetapkan kebijakan
- Formulasi
- Implementasi
- Monitoring
- Evaluasi

5. Bagaimana menjaga kelestarian kearifan lokal di era globalisasi? Jelaskan dan berikan contohnya
Jawaban:
Menjaga kelestarian kearifan lokal di era globalisasi adalah keharusan. Kearifan lokal dapat dijadikan sebagai tameng arus negatif globalisasi, dengannya perlu dijaga kelestariannya. Hal ini dapat dilakukan dengan melalui pemberdayaan yang bermula dari produk budaya atau kearifan lokal masyarakat setempat.

Ket. klik warna biru untuk link

Soal

Soal Pilihan Ganda

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Kunci Jawaban Soal Pendalaman Esai Materi Sosiologi Kelas XII. Evaluasi Semester 2 (Kurikulum Revisi 2016)"