Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Soal Pendalaman Esai Materi Sosiologi Kelas X. Evaluasi Semester 1 (Kurikulum Revisi 2016)

Jawaban Esai
1. Tuliskan masing-masing contoh dari gejala sosial yang bersifat tidak universal dan kurang objektif.
Jawaban:
• Konser seorang penyanyi yang ditunggu-tunggu di berbagai negara dicekal di salah satu negara.
• Sosiolog yang merupakan keturunan golongan tertentu memperlihatkan emosinya dalam menyelesaikan penelitiannya.

2. Jelaskan alasan diferensiasi dan stratifikasi sosial menjadi salah satu penyebab perbedaan gejala sosial di pedesaan dan perkotaan.
Jawaban: Sebab diferensiasi dan stratifikasi sosial dapat memengaruhi tindakan dan sikap dari seseorang. di pedesaan masyarakat lebih homogen sehingga pola pikir dari masyarakat senderung sedikit, sedangkan di perkotaan, masyarakat lebih heterogen dengan beragam pola pikir dan pandangan sehingga lebih banyak muncul perbedaan dalam masyarakat.

3. Jelaskan posisi sosiologi dalam ilmu murni dan terapan.
Jawaban: Sosiologi adalah ilmu murni dan ilmu terapan sebab sebagai ilmu murni sosiologi memiliki pengetahuan (knowledge), sistematis dan objektif; sedangkan sosiologi sebagai ilmu terapan, sosiologi menggunakan cara-cara ilmiah untuk memecahkan permasalahan yang praktis.

4. Jelaskan tahapan-tahapan dalam komunikasi.
Jawaban: Tahapan pertama dalam komunikasi dilakukan dengan encoding di mana adanya ide atau gagasan untuk menyampaikan informasi kepada komunikan baik berupa kalimat maupun gambar yang tidak membingungkan. Lalu diikuti oleh tahapan penyampaian di mana ide tersebut sudah berwujud dapat berbentuk tulisan, lisan, atau keduanya. Dan diakhiri dengan proses decoding, pada tahapan ini komunikan berusaha untuk mencerna dan memahami informasi yang didapatkan dari seorang komunikator berdasarkan pengalamannya.

5. Tuliskan masing-masing sebuah contoh dari arbitrase, konsiliasi, dan stalemate.
Jawaban:
• Arbitrase: masalah antara karyawan dan perusahaan tentang gaji diatasi dengan bantuan pemerintah yang menetapkan upah minimum.
• Konsiliasi: mempertemukan pihak pelaku pencemaran nama baik dengan pihak yang merasa dirugikan agar dapat saling menyampaikan keinginan mereka demi terciptanya kesepakatan bersama.
• Stalemate: persaingan Blok Barat dengan Blok Timur, berhenti dengan sendirinya tanpa pihak yang dapat mendapatkan digunakan untuk memperoleh kedamaian dengan tidak ada pihak yang merasa menang dan yang kalah.

Ket. klik warna biru untuk link

Soal

Soal Pilihan Ganda

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Kunci Jawaban Soal Pendalaman Esai Materi Sosiologi Kelas X. Evaluasi Semester 1 (Kurikulum Revisi 2016)"