Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Soal Pendalaman Esai Materi Sosiologi Kelas X Bab 1. Fungsi Sosiologi untuk Mengenali Gejala Sosial di Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)

Jawaban Esai
1. Jelaskan alasan manusia sebagai makhluk individu tetap harus bersosialisasi.
Jawaban: Manusia adalah makhluk individu yang memiliki pemikiran dan pandangan yang bersifat bebas, hanya saja meski manusia merupakan makhluk individu tetap saja manusia tidak dapat hidup sendiri karena bagaimana pun juga manusia membutuhkan manusia lainnya untuk saling bekerja sama dalam mempertahankan hidup.

2. Jelaskan pendapat yang dikemukakan oleh Durkheim bahwa gejala sosial harus dipahami sebagai fakta objektif di luar kehidupan subjektif individu.
Jawaban: Gejala sosial adalah sesuatu yang terjadi di tengah masyarakat yang terdiri dari berbagai macam individu, dengan demikian dalam usaha untuk memahaminya seorang peneliti tidak dapat melibatkan emosi atau subjektivitas pribadinya sebab jika dalam penelitian gejala sosial subjektivitas dilibatkan maka tidak akan mendapatkan hasil yang akurat, sebab dalam gejala sosial terdapat berbagai macam individu yang memiliki pandangan maupun motivasi yang berbeda-beda sehingga dibutuhkan objektivitas yang lepas dari unsur kepentingan pihak-pihak tertentu.

3. Tuliskan tiga hal yang dapat memengaruhi kegiatan dari masyarakat.
Jawaban: Keyakinan, keinginan, dan motivasi

4. Jelaskan alasan gejala sosial bersifat kualitatif.
Jawaban: Gejala sosial bersifat kualitatif sebab keseluruhan peristiwa yang berkaitan dengan gejala sosial tidak dapat diukur atau pun ditimbang dengan suatu angka yang lebih cenderung pasti seperti fenomena alam.

5. Jelaskan alasan gejala sosial memberikan pengaruh pada berbagai bidang.
Jawaban: Gejala sosial memberikan pengaruh pada berbagai bidang karena gejala sosial berhubungan dengan masyarakat yang tergabung dari berbagai individu yang tidak dapat dilepaskan dari aspek-aspek dalam kehidupan.

6. Tuliskan dua contoh bahwa sosiologi adalah fakta-fakta sosial.
Jawaban
• Di sekolah, setiap murid harus datang tepat waktu, menggunakan seragam sekolah, dan bersikap hormat pada guru. Hal tersebut dituangkan dalam suatu aturan yang juga dilengkapi dengan sanksi-sanksi tertentu.
• Dalam berkendaraan di jalan raya, setiap pengguna jalan harus lah mengikuti aturan-aturan yang telah ditentukan seperti menggunakan helm dan melengkapi surat-surat berkendaraan agar tidak mendapat sanksi.

7. Jelaskan sosiologi bersifat teoretis.
Jawaban: Sosiologi bersifat teoretis sebab dalam penelitiannya sosiologi menggunakan cara berpikir yang logis berkaitan dengan hubungan sebab akibat dari sebuah gejala sosial yang disusun dari hasil observasi.

8. Tuliskan empat fokus studi dari ilmu sosiologi.
Jawaban:
• Hubungan timbal balik antara manusia satu dengan manusia lainnya.
• Hubungan antara individu dan kelompok.
• Hubungan antara kelompok satu dengan kelompok lainnya.
• Proses yang timbul dari hubungan-hubungan tersebut dalam masyarakat.

9. Tuliskan empat ciri-ciri sosiologi sebagai ilmu pengetahuan.
Jawaban: Bersifat empiris, teoretis, kumulatif, dan nonetis.

10. Jelaskan perbedaan antara sosiolog sebagai ahli riset dengan sosiolog sebagai guru.
Jawaban: Sosiolog sebagai ahli riset bertugas memberikan fakta-fakta kepada masyarakat sehingga dapat meluruskan anggapan keliru yang telah berkembang di masyarakat dan agar dapat mengurangi dampak negatif yang muncul dari kekeliruan yang terjadi di dalam masyarakat, sedangkan sosiolog sebagai guru bertugas untuk mengajarkan dan mengembangkan sosiologi sebagai ilmu pengetahuan dan memberikan contoh-contoh yang terdapat di masyarakat.

Ket. klik warna biru untuk link

Soal

Soal Pilihan Ganda

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Kunci Jawaban Soal Pendalaman Esai Materi Sosiologi Kelas X Bab 1. Fungsi Sosiologi untuk Mengenali Gejala Sosial di Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)"