Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teori Labeling Howard S. Becker

Teori Labeling Howard S. Becker
Howard Saul Becker lahir 18 April 1928 (usia 92) di Chicago, Illinois , AS dan merupakan Almamater Universitas Chicago bersama Erving Goffman dan Anselm Strauss. Howard S. Becker adalah seorang sosiolog Amerika yang telah memberikan kontribusi besar pada sosiologi penyimpangan. Buku Becker tahun 1963, Outsiders, memberikan dasar bagi teori pelabelan. Becker sering disebut interaksionis simbolik atau konstruksionis sosial, meskipun ia tidak menyelaraskan dirinya dengan kedua metode tersebut.

Meskipun Becker tidak mengklaim sebagai spesialis penyimpangan, karyanya tentang subjek tersebut sering dikutip oleh sosiolog dan kriminolog yang mempelajari penyimpangan. Buku Becker tahun 1963, Outsiders sebagai salah satu buku pertama tentang teori pelabelan dan aplikasinya pada studi penyimpangan. Becker mengeksplorasi teori di mana penyimpangan hanyalah sebuah konstruksi sosial yang digunakan untuk meyakinkan publik agar takut dan mengkriminalisasi kelompok tertentu. Dalam bukunya, Becker mendefinisikan penyimpangan sebagai "bukan kualitas orang jahat, tetapi hasil dari seseorang yang mendefinisikan aktivitas seseorang sebagai buruk."

Kontribusi lain yang dibuat Becker untuk sosiologi penyimpangan adalah studinya tentang budaya menyimpang. Dalam Outsiders, Becker meneliti pembentukan budaya yang menyimpang melalui pengamatannya terhadap musisi. Para musisi, menurut Becker, menempatkan diri mereka berlawanan dengan non-musisi atau "kotak", yang pada gilirannya memperkuat dan mengisolasi mereka sebagai budaya yang menyimpang. Sumbangan penting lainnya yang dibuat Becker melalui studinya tentang budaya menyimpang adalah konsep "karier yang menyimpang".

Karya Becker tentang penyimpangan telah memantapkannya sebagai salah satu pendiri teori pelabelan. Teori pelabelan didasarkan pada gagasan bahwa seorang penyimpangan sosial bukanlah individu yang secara inheren menyimpang, melainkan menjadi menyimpang karena diberi label demikian. Dalam bab pertama dari Orang Luar (Outsiders), Becker menjelaskan: “... kelompok sosial menciptakan penyimpangan dengan membuat aturan yang pelanggarannya menimbulkan penyimpangan, dan dengan menerapkan peran tersebut kepada orang tertentu dan melabeli mereka sebagai orang luar. Dari sudut pandang ini, penyimpangan bukanlah kualitas tindakan yang dilakukan orang tersebut, melainkan konsekuensi dari penerapan aturan dan sanksi lain untuk 'pelanggar.' Yang menyimpang adalah orang yang labelnya telah berhasil diterapkan; perilaku menyimpang adalah perilaku yang begitu dicap oleh orang. "

Menurut Becker, tidak semua individu yang dicap menyimpang harus tetap menyimpang, namun begitu dicap menyimpang maka kemungkinan besar individu tersebut akan mengambil jalan yang menyimpang. Pada tahun 1973, Becker merilis ulang Outsiders dengan bab terakhir berjudul "Labeling Theory Reconsidered." Dalam bab tersebut, Becker menanggapi kritik yang berpendapat bahwa teori pelabelan gagal memberikan penjelasan etiologis tentang penyimpangan atau penjelasan tentang bagaimana individu melakukan tindakan menyimpang di tempat pertama.

Becker menjelaskan bahwa teori tersebut tidak dimaksudkan untuk dianggap sebagai teori penyimpangan yang menyeluruh, juga tidak dimaksudkan untuk menjelaskan perilaku menyimpang hanya sebagai produk dari pengaruh luar. Sebaliknya, teori pelabelan dimaksudkan untuk "memusatkan perhatian pada cara pelabelan menempatkan aktor dalam keadaan yang membuatnya lebih sulit untuk melanjutkan rutinitas normal kehidupan sehari-hari dan dengan demikian memprovokasi dia untuk melakukan tindakan" abnormal ". 


Sumber. https://en.wikipedia.org

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga
Howard S. Becker. Biografi
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Teori Labeling Howard S. Becker"