Kunci Jawaban Pembahasan Soal-Soal Ujian Nasional (UN) Materi Nilai dan Norma Sosial

A. Pengetahuan dan Pemahaman (C1) dan (C2)
1. Ajaran untuk selalu hidup hemat yang diterapkan pada anak sejak usia dini akan membuat individu tersebut kelak terbiasa pada saat berada di masyarakat. Kebiasaan untuk hidup hemat merupakan unsur yang membentuk keteraturan tersebut, yaitu keajegan.
Jawaban: A. Keajegan

2. Unsur pembentuk keteraturan pada soal merupakan keajegan sosial, suatu kondisi keteraturan sosial yang berlangsung tetap dan berkelanjutan sebagai hasil hubungan antara tindakan, nilai, dan norma sosial yang berlangsung secara terus-menerus. Keajekan bisa terwujud jika setiap individu telah melaksanakan hak dan kewajiban sesuai sistem norma dan nilai sosial yang berkembang dalam lingkungan tertentu.
Jawaban: C. Keajegan sosial

B. Aplikasi (C3)
3.Seorang ibu selalu menggunakan sepeda motor untuk mengantar anaknya pergi ke sekolah dan berbelanja ke pasar. Sepeda motor bagi ibu memiliki nilai vital. Nilai vital adalah segala sesuatu yang berguna bagi manusia untuk melakukan aktivitas atau kegiatan dalam hidupnya. Segala sesuatu dapat bernilai dilihat dari daya gunanya.
Jawaban: E. Vital

4. Norma kesopanan adalah norma yang berpangkal dari aturan tingkah laku di dalam masyarakat seperti cara berpakaian, cara bersikap dalam pergaulan, dan berbicara.
Jadi, yang termasuk contoh penerapan norma kesopanan adalah:
- Menggunakan tangan kanan ketika bersalaman (1)
- Mengucapkan terima kasih setelah mendapat pertolongan (3)
- Memberi sesuatu kepada orang lain dengan tangan kanan (5)
Jawaban: C. 1), 3), dan 5)

5. Perhatikan soal, kata kuncinya “setiap pagi”
- Tertib sosial, artinya sudah melembaga
- Order, artinya perintah sosial
- Keajegan, artinya terus-menerus
- Pola, artinya terpola setiap hari
Jadi, unsur terciptanya keteraturan sosial dalam contoh tersebut adalah pola.
Jawaban: A. Pola
 

6. Norma adalah peraturan hidup yang tumbuh dalam masyarakat sebagai unsur pengikat dan pengendali manusia dalam kehidupan masyarakat. Fungsi norma sosial adalah:
- Mengatur perilaku manusia dalam berinteraksi
- Memberi sanksi terhadap perilaku menyimpang dalam masyarakat
Jadi, setiap warga yang patuh terhadap aturan yang berlaku dalam masyarakat merupakan fungsi norma sebagai pedoman pengendalian sosial.
Jawaban: A. Pedoman pengendalian sosial
 

7. Norma kesusilaan merupakan peraturan sosial yang berasal dari hati nurani yang menghasilkan akhlak/moral. Sanksi bagi pelanggar norma kesusilaan ini adalah rasa bersalah dan menyesal telah melakukan pelanggaran.
Jawaban: C. Kesusilaan

8. Ketentuan (norma) berdasarkan sumbernya:
- Norma agama, merupakan ketentuan-ketentuan yang bersumber pada agama, bersifat mutlak, dan keberadaannya tidak dapat ditawar
- Norma kesusilaan, merupakan peraturan sosial yang berasal dari hati nurani yang menghasilkan akhlak/moral
- Norma kesopanan, merupakan peraturan sosial yang pada pola perilaku individu sebagai hasil interaksi sosial dalam masyarakat
- Norma hukum, merupakan ketentuan-ketentuan dalam kehidupan sosial yang bersumber pada undang-undang. Pelanggar norma ini akan mendapat sanksi tegas berupa pidana atau perdata
Perhatikan soal, SIM, STNK, dan helm adalah peraturan hukum maka tindakan remaja tersebut telah melanggar norm hukum.
Jawaban: B. Hukum

9. Perhatikan kata kunci berikut:
- Tertib sosial, artinya sudah melembaga
- Order, artinya perintah sosial
- Keajegan, artinya terus-menerus
- Pola, artinya terpola setiap hari
Jadi, unsur terciptanya keteraturan sosial dalam contoh tersebut adalah tertib sosial.
Jawaban: B. Tertib sosial

10. Gambar pada soal merupakan gambar yang terbangun dari nilai keagamaan yang bersumber dari kepercayaan/keyakinan manusia.
Jawaban: A. Keagamaan

11. Norma kesusilaan, merupakan peraturan sosial yang berasal dari hati nurani yang menghasilkan akhlak/moral, norma ini tidak tertulis di masyarakat, tetapi norma ini justru sangat berperan dalam menjaga hubungan di masyarakat. Yang merupakan contoh pelaksanaan norma kesusilaan adalah:
- Menengok teman yang sedang sakit (1)
- Melayat tetangga yang meninggal (2)
- Ikut serta dalam gotong royong (4)
Jawaban: B. 1), 2), dan 4)

12. Nilai moral merupakan pengetahuan yang menyangkut budi pekerti manusia yang beradab. Moral juga dapat diartikan sebagai ajaran tentang yang baik dan buruk perilakunya. Perilaku yang berhubungan dengan moral di antaranya sopan santun, kebaikan, tata krama, keadilan, kepedulian, kejujuran, kepatuhan.
Jadi, meskipun pada saat ulangan tanpa pengawasan, tetapi tidak satu pun siswa yang mencontek. Hal ini menunjukkan bahwa murid-murid menjunjung tinggi nilai moral.
Jawaban: C. Moral

13. Pemasangan lampu pengatur lalu lintas bertujuan agar lalu lintas berjalan teratur. Oleh karena itu, pelanggar tata tertib lalu lintas akan ditilang. Aturan untuk mematuhi rambu-rambu lalu lintas termasuk jenis norma hukum (laws). Ciri-ciri utama norma hukum (laws) adalah apabila dilanggar akan mendapat sanksi tegas berupa denda atau hukuman fisik. 

Jawaban: D. Laws

C. Penalaran (HOTS)
14. Nilai vital adalah nilai yang berguna bagi aktivitas manusia. Motor yang dipakai oleh anak tersebut digunakan digunakan untuk ke sekolah dan keperluan keluarga.
Jawaban: E. Vital


15. Nilai-nilai sosial memiliki fungsi:
- Memotivasi manusia agar berperilaku sesuai peran guna mencapai suatu tujuan
- Mengarahkan masyarakat untuk berpikir dan berperilaku sesuai nilai-nilai sosial agar tercipta integrasi dan ketertiban sosial
- Sebagai pengawas, pembatas, dan pendorong perilaku individu dalam masyarakat
- Membentuk sikap mandiri dan tanggung jawab
- Sebagai alat solidaritas masyarakat
- Sebagai alat menentukan harga dan kelas sosial dalam stratifikasi sosial
Dari kasus yang terdapat pada soal maka fungsi nilai sosial adalah sebagai petunjuk berpikir, berperasaan, dan berperilaku.
Jawaban: A. Petunjuk dalam berpikir, berperasaan, dan berperilaku


Ket. klik warna biru untuk link

Soal Klik di Sini
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Kunci Jawaban Pembahasan Soal-Soal Ujian Nasional (UN) Materi Nilai dan Norma Sosial"