Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal-Soal Ujian Nasional (UN) Materi Jenis, Prosedur, Metode (Pendekatan), dan Teknik Pengumpulan Data Penelitian

A. Pengetahuan dan Pemahaman (C1) dan (C2)
1. Secara garis besar, sistematika penulisan laporan penelitian terdiri atas:
- Pendahuluan, memuat latar belakang dan rumusan masalah
- Isi, memuat kajian pustaka untuk menyelesaikan masalah
- Penutup, memuat kesimpulan dan saran
Jawaban: D. Pendahuluan, isi, penutup

2. Kuesioner tertutup adalah kuesioner yang sudah disediakan sejumlah jawabannya oleh peneliti. Jadi, salah satu kelebihan alat pengumpulan data ini adalah informasi diperoleh lebih mendalam sesuai keinginan peneliti.
Jawaban: E. Informasi diperoleh lebih mendalam sesuai keinginan peneliti

3. Menurut cara memperolehnya, data dibagi menjadi dua, yaitu:
- Data primer, yaitu data yang diperoleh dari tangan pertama dan diolah langsung
- Data sekunder, yaitu data yang diperoleh dari pihak lain.
Dari keterangan pada soal, penelitian oleh sekelompok SMA/MA dilakukan pengambilan data secara langsung kepada para sopir angkutan dengan melakukan pengamatan dan wawancara, berarti data yang diperoleh adalah data primer.
Jawaban: C. Primer

4. Jenis Penelitian Berdasarkan Tempat Penelitiannya
- Field research, yaitu penelitian yang dilakukan langsung di lapangan
- Liberary research, penelitian yang dilakukan menggunakan literatur/kepustakaan
- Laboratory research, yaitu penelitian yang dilakukan di tempat tertentu seperti laboratorium
Jadi, penelitian di Pampang (Kampung Dayak) untuk mengkaji tentang makna-makna simbolik yang masih terus eksis dipertahankan oleh masyarakat adat di daerah tersebut yang dilakukan mahasiswa tersebut berdasarkan tempat berlangsungnya termasuk penelitian lapangan.
Jawaban: E. Lapangan

5. Jenis penelitian kualitatif menggunakan teknik wawancara dan observasi langsung karena hasil dari data-data tersebut akan diolah dan dituangkan dalam bentuk narasi atau cerita.
Jawaban: B. Kualitatif

6. Angket adalah teknik pengambilan data berupa pertanyaan. Kelebihannya, yaitu dapat menjangkau populasi yang besar dalam waktu singkat (1), responden leluasa untuk menjawab pertanyaan sesuai waktu luangnya (2), dan mudah diolah menggunakan statistik sederhana (4). Sedangka, pertanyaan responden berpendidikan rendah merupakan kelemahan dari angket tertutup itu sendiri. Hal ini dikarenakan jika responden tidak dapat membaca soal maka kemungkinan jawabannya tidak maksimal, dan memperoleh data lebih mendalam merupakan kelebihan teknik wawancara.
Jawaban: B. 1), 2), dan 4)

7. Coding atau pengkodean adalah usaha mengklasifikasikan jawaban responden menurut macamnya. Tujuannya adalah menyederhanakan jawaban responden sehingga dapat diolah. Biasanya usaha pengkodean dilakukan dengan memberi simbol atau angka pada jawaban responden. Simbol atau angka inilah yang kita sebut kode.
Jawaban: B. Coding

8. Pada sistematika akhir penulisan penelitian berisi tentang kesimpulan, saran, daftar pustaka, dan lampiran (gambar).
Jawaban: E. 3), 4), dan 5)

B. Aplikasi (C3)
9. Prosedur pengolahan data tersebut dilakukan dengan tahapan:
- Coding, yaitu kegiatan menyederhanakan dan mengelompokkan reponden menurut jenisnya. Contohnya, membuat kode tahun dan jenis kelamin
- Tabulasi, yaitu tahap pemecahan lebih lanjut setiap kesatuan data dari setiap kategori menjadi dua atau lebih subkesatuan
- Editing, proses koreksi akhir pengolahan data
Jawaban: D. Coding, tabulasi, dan editing

10. Menurut cara memperolehnya, data dibagi menjadi dua, yaitu:
- Data primer, yaitu data yang diperoleh dari tangan pertama dan diolah langsung
- Data sekunder, yaitu data yang diperoleh dari pihak lain
Jadi, cara pengolahan data penelitian pada soal termasuk cara primer.
Jawaban: A. Primer

11. Purposive sample (sampel bertujuan), sampel ini dilakukan dengan cara pengambilan subjek bukan didasarkan pada strata, random, atau wilayah, tetapi pada tujuan tertentu. Jadi, teknik pengambilan sampel penelitian yang dilakukan Joni adalah purposive sample (sampel bertujuan).
Jawaban. C. Purposif

12. Penelitian sosial memerlukan teknik dalam pengumpulan data, seperti:
- Wawancara: cara tanya jawab langsung lewat tatap muka dengan objek penelitian untuk memperoleh keterangan yang diinginkan
- Observasi: pengumpulan data dengan cara mengamati, melihat, merekam, menghitung, dan mencatat kejadian-kejadian yang berlangsung
- Kuesioner: daftar pertanyaan yang lengkap dan terperinci yang harus dijawab responden
- Studi pustaka: menganalisis bahan bacaan sesuai kebutuhan penelitian
Berdasarkan contoh penelitian yang berjudul “Dampak Psikologis dari Kekerasan yang Dialami Tenaga Kerja Wanita di Luar Negeri” maka teknik pengambilan data yang tepat adalah wawancara yang bisa menggali data secara mendalam lewat informasi-informasi wawancara yang dilakukan.
Jawaban: C. Wawancara

13. Metode naturalistik adalah pengamatan alami yang merupakan jenis penelitian kualitatif dengan melakukan observasi menyeluruh pada sebuah latar tertentu tanpa sedikitpun mengubahnya. Pada ilustrasi soal, digunakan metode naturalisti karena peneliti bisa mengetahui secara alamiah perilaku berkendara di jalan raya.
Jawaban: A. Peneliti bisa mengetahui secara alamiah tentang perilaku berkendara di jalan raya

C. Penalaran (HOTS)
14. Cermati data pada soal.
Volume ekspor nonmigas tiap bulan naik dan turun maka dapat disimpulkan perkembangan ekspor nonmigas terjadi fluktuatif.
Jawaban: D. Perkembangan ekspor nonmigas terjadi fluktuatif

15. Perhatikan tabel, peserta didik yang mempunyai nilai kurang baik adalah peserta didik yang sangat sering ke mal.
Jawaban: D. Sangat sering ke mal


Ket. klik warna biru untuk link

Soal Klik di Sini
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal-Soal Ujian Nasional (UN) Materi Jenis, Prosedur, Metode (Pendekatan), dan Teknik Pengumpulan Data Penelitian"