Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal-Soal Ujian Nasional (UN) Materi Globalisasi dan Dampaknya

A. Pengetahuan dan Pemahaman (C1) dan C2)
1. Faktor-faktor yang mendorong terjadinya globalisasi sebagai berikut:
- Kemajuan bidang teknologi informasi
- Meleburnya batas-batas teritorial negara
- Meningkatnya arus perdagangan dunia
Masuknya perusahaan-perusahaan multinasional merupakan salah satu dampak dari globalisasi akibat dari meningkatnya arus perdagangan dunia. Kondisi tersebut menandakan bahwa konsumerisme berkembang dalam masyarakat.
Jawaban: A. Konsumerisme yang berkembang dalam masyarakat

2. Globalisasi merupakan istilah tentang peningkatan keterkaitan antarbangsa dan antarmanusia di seluruh dunia melalui perdagangan, investasi, perjalanan, budaya populer, dan bentuk interaksi lainnya. Wujud globalisasi adalah internet. Perkembangan internet saat ini sangat signifikan keberadaannya. Oleh karena itu, dampak positif dari globalisasi khususnya penggunaan internet adalah hubungan antarmanusia/pemerintah makin efisien.
Jawaban: E. Hubungan antarmanusia/pemerintah makin efisien

B. Aplikasi (C3)
3. Berkembangnya internet memungkinkan generasi muda mengakses informasi tentang apa saja dari manapun sumbernya. Akibatnya, mereka lebih mengenal dan lebih bangga kepada simbol-simbol budaya dari luar negeri dan melupakan simbol-simbol budaya bangsanya.
Kasus di atas menunjukkan bahwa globalisasi menjadi tantangan bagi kita semua karena menyebabkan lunturnya jati diri bangsa.
Jawaban: E. Lunturnya jati diri bangsa

4. Modernisasi berasal dari bahasa latin modernus, yaitu modo (cara) dan ernus (menunjuk pada adanya periode waktu masa kini). Menurut Koentjaraningrat, modernisasi adalah usaha untuk hidup dengan zaman dan kontelasi dunia sekarang. Contohnya: perkembangan teknologi pertanian. Awalnya memakai tenaga hewan, lalu berkembang dengan munculnya pemakaian traktor sehingga meningkatkan hasil pertanian.
Jadi, modernisasi pertanian tersebut bertujuan untuk meningkatkan hasil produksi.
Jawaban: A. Meningkatkan hasil produksi pertanian masyarakat

5. Modernisasi di bidang politik mendorong tumbuhnya demokratisasi. Dampak positif dari gejala tersebut yang berkaitan dengan kemajuan masyarakat adalah kesempatan yang lebih besar bagi semua lapisan masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan.
Jawaban: B. Kesempatan yang lebih besar bagi semua lapisan masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan

6. Globalisasi ekonomi merupakan motor penggerak terjadinya globalisasi yang ditandai dengan era perdagangan bebas. Terlaksananya globalisasi, yaitu dengan adanya kerja sama ekonomi, baik di tingkat bilateral, regional, maupun internasional didukung dengan adanya rasa keterbukaan dan mendapat keuntungan bersama di antara negara yang terlibat dalam kerja sama ekonomi.
Jadi, tantangan bagi bank nasional dalam menghadapi globalisasi adalah dengan meningkatkan pelayanan masyarakat, baik kualitas maupun kuantitas.
Jawaban: A. Peningkatkan pelayanan masyarakat, baik kualitas maupun kuantitas

7. Kearifan lokal merupakan sesuatu hal yang melekat pada masyarakat dan telah menjadi ciri khas di daerah tertentu secara turun-temurun dan telah diakui oleh masyarakat luas. Kearifan lokal adalah unsur-unsur budaya asli masyarakat yang masih bertahan di antara masuknya budaya asing atau proses globalisasi. Dari ilustrasi soal, nilai-nilai kearifan lokal di tunjukkan oleh nomor 1), 3), 5).
Jawaban: C. 1), 3), dan 5)

8. Globalisasi mendorong munculnya perusahaan multinasional. Berdasarkan ilustrasi soal, terdapat hubungan antara globalisasi dan aspek ekonomi.
Jawaban: B. Ekonomi

9. Modernisasi merupakan upaya mengikuti perkembangan zaman dalam bidang apapun. Salah satunya adalah bidang IPTEK yang menyebabkan berkembangnya alat transportasi. Perkembangan alat transportasi tersebut tentunya akan mempermudah dalam proses mempercepat distribusi barang.
Jawaban: B. Mempercepat distribusi barang

10. Kondisi guncangan budaya (culture shock) adalah ketidaksiapan mental terhadap perubahan budaya yang terus-menerus berubah. Penggunaan AC bisa menyebabkan culture shock bagi para pemakainya karena adanya penambahan daya listrik agar AC bisa menyala sehingga menimbulkan kenaikan pembayaran listrik.
Jawaban: A. Penambahan daya listrik agar AC bisa menyala menimbulkan kenaikan pembayaran listrik

11. Dari ilustrasi soal, tampak jelas modernisasi menimbulkan kesenjangan penghasilan yang tidak merata sehingga berdampak pada hunian tempat tinggal mereka.
Jawaban: D. Kesenjangan sosial akibat penghasilan yang berbeda

12. Clubbing adalah aktivitas masyarakat modern untuk mencari hiburan dan kesenangan di tengah kesibukannya. Masyarakat modern memang memiliki ciri khas pekerja keras untuk menumpuk kekayaan di mana kekayaan tersebut nantinya untuk membeli kebahagiaan dunia. Sikap tersebut sejalan dengan ideologi hedonisme, yaitu paham bahwa kesenangan atau kenikmatan merupakan tujuan.
Jadi, salah satu dampak negatif globalisasi bagi masyarakat adalah mendorong berkembangnya gaya hidup hedonisme.
Jawaban: A. Mendorong berkembangnya gaya hidup hedonis

13. Globalisasi memiliki sisi positif, yaitu dapat meningkatkan eksistensi budaya Indonesia di tengah pergaulan dunia. Melalui globalisasi, Indonesia semakin dikenal oleh bangsa-bangsa di dunia.
Jawaban: E. Meningkatkan eksistensi budaya Indonesia di tengah pergaulan dunia

C. Penalaran (HOTS)
14. Terdapat dua faktor yang memengaruhi perilaku konsumsi masyarakat meningkat, yaitu:
a. Faktor internal:
- Sumber daya konsumen
- Faktor sosial ekonomi
- Motivasi
- Pengetahuan
- Sikap
- Kepribadian
b. Faktor eksternal:
- Faktor nilai-nilai budaya dan etnis
- Kelas sosial dan kelompok status
- Kelompok sosial
- Keluarga dan rumah tangga
- Pengaruh situasi
Pada soal, perkembangan di bidang teknologi informasi dan komunikasi berdampak pada daya beli masyarakat yang menunjukkan bahwa di masyarakat telah terjadi peningkatan pola konsumsi.
Jawaban: E. Terjadi peningkatan pola konsumsi
 

15. Globalisasi sendiri dapat diterjemahkan sebagai jalan masuknya berbagai macam kebudayaan. Ketika berbagai macam kebudayaan masuk, mau tidak mau masyarakat harus berhadapan dengannya. Masyarakat yang belum siap menerima budaya baru dan berbeda dari budayanya biasanya akan mengalami kegoncangan sosial budaya (culture shock). Peristiwa tersebut ditandai dengan adanya tumpang tindih antara norma masyarakat lokal dengan global.
Jawaban: C. Mengalami goncangan sosial budaya 


Ket. klik warna biru untuk link

Soal Klik di Sini
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal-Soal Ujian Nasional (UN) Materi Globalisasi dan Dampaknya"