Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal-Soal Ujian Nasional (UN) Materi Lembaga Sosial

A. Pengetahuan dan Pemahaman (C1) dan (C2)
1. Ciri pokok lembaga sosial di antaranya:
- Mempunyai tujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat (1)
- Terdiri atas perintah larangan dan sanksi tertulis (2)
Jawaban: A. 1) dan 2)

2. Menurut Horton dan Hunt, agama mempunyai fungsi manifes dan laten.
- Fungsi manifest agama berkaitan dengan segi-segi doktrin, ritual, dan aturan perilaku dalam agama
- Fungsi laten agama adalah membagi masyarakat ke dalam golongan sosial, kelas sosial, dan atas dasar agama ataupun tingkat keimanan
Jadi, fungsi laten agama yang tepat pada pilihan jawaban soal adalah Pola kepercayaan yang menentukan watak manusia.
Jawaban: E. Pola kepercayaan yang menentukan watak manusia

3. Unsanctioned institutions adalah tipe lembaga yang ditolak masyarakat secara umum sebab lembaga ini dianggap meresahkan dan merugikan masyarakat secara umum. Ciri lembaga tersebut adalah ditolak masyarakat, tetapi masyarakat tidak mampu memberantasnya.
Jawaban: C. Ditolak masyarakat, tetapi masyarakat tidak mampu memberantas

4. Berdasarkan pengembangannya lembaga sosial dibedakan menjadi dua, yaitu Crescive social institutions, yaitu lembaga yang terbentuk secara tidak sengaja dan tumbuh dalam kehidupan masyarakat. Lalu Enacted social institutions, yaitu lembaga yang sengaja dibentuk untuk mencapai tujuan tertentu dan bersifat lebih resmi dibandingkan crescive social institutions
Jadi, yang termasuk ciri-ciri enacted institutions adalah sengaja dibentuk untuk tujuan tertentu.
Jawaban: A. Sengaja dibentuk untuk suatu tujuan tertentu

5. Fungsi lembaga politik
a. Memelihara ketertiban di dalam (internal order)
b. Menjaga keamanan di luar (external security)
c. Mengusahakan kesejahteraan umum (general welfare)
d. Mengatur proses politik
Jawaban: A. Internal order

6. Proses pertumbuhan lembaga sosial yang terjadi secara tidak terencana adalah institusi yang lahir secara bertahap dalam kehidupan masyarakat, biasanya hal ini terjadi ketika masyarakat dihadapkan pada masalah atau hal-hal yang berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan hidup yang sangat penting. Pada masa lalu, untuk memperoleh suatu barang, orang menggunakan sistem barter. Namun, karena dianggap sudah tidak efisien dan menyulitkan maka dibuatlah uang sebagai alat pembayaran yang diakui masyarakat hingga muncul lembaga ekonomi seperti bank dan sebagainya.
Jawaban: A. Sistem barter

7. Pengertian fungsi sosialisasi adalah pembentukan kepribadian terhadap anak dari orangtua. Didikan orangtua sangat berpengaruh terhadap proses diterimanya seorang anak di lingkungan masyarakat. Cara-cara pembentukan kepribadian adalah mendidik anak agar berdisiplin (1), membiasakan anak memberikan salam (2), menanamkan nilai sosial pada anak.
Jawaban A. 1), 2), dan 3)

B. Aplikasi (C3)
8. Lembaga politik berfungsi mengatur cara mendapatkan dan menggunakan kekuasaan agar tidak terjadi kekacauan dalam kehidupan bermasyarakat. Fungsi tersebut terkait dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap kehidupan yang aman dan teratur.
Jawaban: C. Kehidupan yang aman dan teratur

9. Lembaga ekonomi di antaranya bertugas untuk memberi pedoman tentang aturan upah minimum bagi pegawai yang ditentukan nilainya sehingga antara majikan dan buruh tidak saling merugikan.
Tugas itu menunjukkan fungsi lembaga ekonomi untuk mengatur kategorisasi cara penggajian karyawan/pegawai.
Jawaban: A. Mengatur kategorisasi cara penggajian karyawan/pegawai

10. Fungsi laten (tidak disadari) lembaga pendidikan di antaranya:
a. Mengurangi pengendalian orang tua (1)
b. Menyediakan sarana untuk pembangkangan
c. Mempertahankan sistem kelas sosial (3)
d. Memperpanjang masa remaja (2)
Jawaban: A. 1), 2), dan 3)

11. Lembaga agama dalam aktivitasnya memberikan batasan apa yang seharusnya dilakukan umat dalam interaksi manusia dengan Tuhan dan antarsesamanya. Jadi, tujuan adanya lembaga tersebut adalah untuk menciptakan rasa aman dan nyaman dalam interaksi sosial bermasyarakat.
Jawaban: D. Menciptakan rasa aman dan nyaman dalam interaksi sosial bermasyarakat

12. Cermati pertanyaan pada soal sekolah merupakan lembaga pendidikan yang memberikan dan melaksanakan pendidikan formal tanpa membedakan latar belakang budaya, agama, suku, bangsa, dan daerah asalnya. Jadi, sekolah dapat menanamkan nilai demokrasi.
Jawaban: C. Nilai demokrasi

13. Siswa belajar menulis ilmiah sesuai dengan fungsi lembaga pendidikan untuk mengembangkan potensi diri melalui cara berpikir ilmiah. Menurut Bruce J. Cohen, salah satu fungsi lembaga pendidikan adalah meningkatkan kemajuan melalui pengikutsertaan dalam riset-riset ilmiah. Riset ilmiah memberikan pembelajaran pada siswa untuk dapat berpikir ilmiah.
Jawaban: D. Mengembangkan potensi diri melalui cara berpikir ilmiah

14. Peran lembaga politik yang paling tepat dari pernyataan jawaban pada soal adalah sebagai sarana aspirasi masyarakat.
Jawaban: B. Berperan sebagai sarana aspirasi masyarakat

C. Penalaran (HOTS)
15. Sektor agraris meliputi kegiatan pertanian, seperti sawah, perladangan, perikanan dan peternakan. Aktivitas pertanian dalam menyediakan bahan pangan diatur sedemikian rupa agar tidak mengalami gagal panen.
Uraian tersebut menggambarkan kegiatan agraria sebagai pelaksanaan dari lembaga ekonomi yang bertujuan untuk mengatur produksi, distribusi, dan konsumsi.
Jawaban: A. Mengatur produksi, distribusi, dan konsumsi


Ket. klik warna biru untuk link

Soal Klik di Sini
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal-Soal Ujian Nasional (UN) Materi Lembaga Sosial"