Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal-Soal Ujian Nasional (UN) Materi Sosialisasi

A. Pengetahuan dan Pemahaman (C1) dan (C2)
1. Sosialisasi merupakan proses belajar individu untuk mengenal dan menghayati norma-norma serta nilai-nilai sosial sehingga terjadi pembentukan sikap untuk berperilaku sesuai dengan tuntutan atau perilaku masyarakatnya. Media/agen sosialisasi yang dialami seseorang antara lain:
- Keluarga
- Kelompok bermain/peer group
- Lingkungan sekolah
- Lingkungan kerja
- Media massa
Perhatikan soal, Susan gemar mendengarkan musik dan menonton film Korea maka media sosialisasi yang memengaruhi perubahan perilaku Susan adalah media elektronik.
Jawaban: C. Media elektronik

2. Tahap play stage, yaitu tahap anak-anak mulai belajar meniru dan memainkan peran orang-orang yang ada di sekitarnya. Di mana pada soal adalah seorang anak meniru peran orang tua memperlakukan boneka layaknya seorang anak.
Jawaban: B. Mulai belajar meniru peran orang tua

3. Orangtua mengajak anak untuk membantu mengolah lahan pertanian ketika sekolah libur. Kegiatan tersebut terkait dengan fungsi keluarga sebagai agen sosialisasi.
Jawaban: B. Sosialisasi

4. Setelah belajar sosiologi, Ana bercita-cita menjadi seorang sosiolog. Setelah tamat SMA, ia melanjutkan ke salah satu Perguruan Tinggi dan mengambil jurusan sosiologi. Berdasarkan lembaganya, tipe sosialisasi yang terjadi pada Ana bersifat formal.
Jawaban: B. Formal

5. Sosialisasi merupakan suatu proses sosial yang dialami seseorang atau kelompok untuk belajar mengenali serta menghayati pola perilaku, sistem nilai, dan norma yang berlaku dalam masyarakat. Dengan sosialisasi, individu dapat berkembang menjadi pribadi yang diterima oleh masyarakat. Menurut George H. Mead tahapan Sosialisasi adalah :
- Tahap Persiapan (Preparatory Stage) : tahap persiapan merupakan tahap pemahaman tentang diri sendiri. Pada tahap ini anak mulai melakukan tindakan meniru meskipun belum sempurna.
- Tahap Meniru (Play Stage) : play stage merupakan tahap anak dapat meniru perilaku orang dewasa secara lebih sempurna. Pada tahap ini anak sudah menyadari keberadaan dirinya dan orang-orang terdekat serta mampu memahami suatu peran.
- Tahap Siap Bertindak (Game Stage) : pada tahap ini anak mulai memahami perannya dalam keluarga dan masyarakat. Anak juga mulai menyadari peraturan yang berlaku.
- Tahap Penerimaan Norma Kolektif (Generalized Stage) : pada tahap ini anak sudah mencapai proses pendewasaan dan mengetahui kehidupan bermasyarakat dengan jelas. Anak juga mampu memahami perannya dalam masyarakat.
Jadi, yang termasuk generalized others adalah nomor 1), 2), dan 4)
Jawaban: B. 1). 2), dan 4)

6. Play stage merupakan tahap anak dapat meniru perilaku orang dewasa secara lebih sempurna. Pada tahap ini anak sudah menyadari keberadaan dirinya dan orang-orang terdekat serta mampu memahami suatu peran.
Jadi, seorang anak balita yang meniru perilaku orang dewasa termasuk tahapan play stage.
Jawaban : C. Play stage

B. Aplikasi (C3)
7. Dalam suatu masyarakat, para orangtua merefleksikan kasih sayangnya kepada anak dengan cara mengedepankan kebersamaan sehingga anak mereka memiliki kepribadian yang tenang, suka bekerja sama, dan tidak suka berkelahi. Contoh tersebut menjelaskan proses pembentukan kepribadian karena pengaruh sosialisasi dengan lingkungan sosial.
Jawaban: A. Lingkungan sosial

8. Sosialisasi memiliki fungsi untuk mengenalkan nilai dan norma agar beradaptasi dengan tatanan sosial masyarakat.
Setiap orangtua selalu mengajarkan kepada anaknya tentang sopan santun, cara bersikap, dan berperilaku terhadap orang lain ataupun orang yang lebih tua. Tujuan dari sosialisasi tersebut adalah agar anaknya dapat hidup bermasyarakat.
Jawaban: A. Agar anaknya dapat hidup bermasyarakat

9. Bentuk-bentuk sosialisasi, yaitu:
- Sosialisasi primer, merupakan tahap sosialisasi pertama yang diterima individu dalam lingkungan keluarga
- Sosialisasi sekunder, merupakan bentuk sosialisasi yang terjadi di lingkungan sekolah, lingkungan bermain, lingkungan kerja, dan interaksi melalui media massa
Perhatikan soal, perilaku Dodi yang bergaul dengan teman-temannya merupakan hasil bentuk sosialisasi sekunder.
Jawaban: E. Sekunder

10. Fungsi lembaga keluarga:
- Reproduksi, yaitu melanjutkan keturunan
- Afeksi, yaitu kasih sayang
- Sosialisasi, yaitu menanamkan nilai dan norma
- Ekonomi, yaitu pemenuhan kebutuhan
Berdasarkan ilustrasi pada soal, menunjukkan bahwa fungsi sosialisasi di dalam keluarga adalah mengajarkan nilai dan norma yang berlaku.
Jawaban: B. Mengajarkan nilai dan norma yang berlaku

11. Agen sosialisasi pembawa perubahan yang berperan penting dalam hal ini adalah media massa yang terlihat dari penggunaan internet serta menempuh pendidikan hingga SMA adalah lembaga sekolah.
Jawaban: D. Media massa dan lembaga sekolah

12. Tujuan sosialisasi adalah agar individu dapat diterima sebagai anggota masyarakat yang berpartisipasi. Orangtua sebagai agen sosialisasi diharapkan dapat membentuk pribadi ideal sesuai harapan masyarakat.
Jawaban: C. Membentuk pribadi ideal sesuai harapan masyarakat

C. Penalaran (HOTS)
13. Sosialisasi memiliki fungsi untuk mengenalkan nilai dan norma agar beradaptasi dengan tatanan sosial masyarakat. Pada soal dijelaskan orangtua dari keturunan bangsawan mengajari anaknya bertutur kata dan berperilaku baik sesuai dengan aturan yang berlaku di lingkungan Keraton maka kegiatan ini merupakan proses sosialisasi yang bertujuan untuk Menanamkan nilai dan kepercayaan pokok.
Jawaban: D. Menanamkan nilai dan kepercayaan pokok

14. Faktor yang memengaruhi kepribadian anak tersebut adalah warisan biologis yang terklihat dari postur tubuh yang tinggi. Lingkungan fisik di sini tidak ada hubungannya dengan soal karena lingkungan fisik tempat tinggal tidak dijelaskan. Sedangkan, kebudayaan lebih kepada faktor keturunan suku atau budaya individu, lingkungan sekolah juga tidak dijelaskan serta teman bermain.
Jawaban: E. Warisan biologis

15. Cermati penjelasan soal.
Dari kata mudah bergaul maka dapat dinyatakan bahwa kepribadian remaja putri tersebut dipengaruhi oleh faktor teman sebaya.
Jawaban: E. Teman sebaya


Ket. klik warna biru untuk link

Soal Klik di Sini
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal-Soal Ujian Nasional (UN) Materi Sosialisasi"