Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal-Soal Ujian Nasional (UN) Materi Interaksi Sosial

A. Pengetahuan dan Pemahaman (C1 dan C2)
1. Proses interaksi sosial ada dua jenis, yaitu:
- Interaksi asosiatif, merupakan bentuk interaksi sosial yang menguatkan ikatan sosial, berarti bersifat mendekatkan atau positif. Contoh: Konsiliasi
- Interaksi disosiatif, merupakan bentuk interaksi oposisi yang merusak ikatan sosial, berarti bersifat menjauhkan atau negatif. Contoh: kontravensi, konflik.
Kontravensi adalah proses sosial yang ditandai adanya ketidakpuasan, ketidakpastian, keraguan, penolakan, dan penyangkalan terhadap kepribadian seseorang atau kelompok yang tidak diungkapkan secara terbuka.
Perbedaan kepentingan dalam kepengurusan sebuah partai politik yang mengakibatkan keluarnya sejumlah anggota dengan mendirikan kepengurusan tandingan merupakan contoh dari proses interaksi disosiatif kontravensi.
Jawaban:  E. Kontravensi

2. Konsolidasi adalah penebalan atau penguatan keanggotaan suatu kelompok sosial dari berbagai seksi, baik berupa suku, agama, jenis kelamin, dan kelas sosial dalam suatu masyarakat majemuk. Jadi, ikatan sosial pada gambar tersebut berbentuk konsolidasi.
Jawaban: D. Konsolidasi

3. Ciri-ciri interaksi sosial adalah:
- Jumlah pelaku lebih dari satu dan mereka saling berkumpul serta antaranggotanya saling mengenal (1)
- Dalam interaksi sosial ada tujuan-tujuan tertentu yang ingin dicapai sehingga tujuan tersebut menjadi motivasi mereka untuk berkumpul dan berinteraksi (2)
- Dalam interaksi sosial terdapat dimensi ruang dan waktu sehingga prosesnya dapat bersifat spontan maupun terencana dan dalam waktu singkat maupun lama (4)
Jadi jawaban ditunjukkan oleh nomor 1), 2), dan 4)
Jawaban: B. 1), 2), dan 4)

4. Pada soal dijelaskan bahwa kelompok kerabat membantu keluarganya yang sedang terkena musibah, bentuk interaksi sosial tersebut merupakan interaksi asosiatif, yaitu kerja sama.
Jawaban: D. Kerja sama

5. Faktor yang mendorong interaksi sosial tersebut adalah empati karena anggota masyarakat telah memberikan sumbangan antara lain dalam bentuk uang, makanan, dan pakaian kepada penduduk yang mengalami bencana. Pengertian empati itu sendiri adalah ungkapan yang dirasakan oleh diri individu kepada orang lain yang diwujudkan dengan perbuatan menolong orang lain.
Jawaban: B. Empati

B. Aplikasi (C3)
6. Komandan upacara memberi aba-aba kepada peserta upacara dan dipatuhi dengan baik sehingga terjadi interaksi sosial yang baik. Ciri yang menonjol dalam contoh interaksi tersebut adalah terjadinya komunikasi.
Jawaban: E. Terjadinya komunikasi

7. Sugesti merupakan rangsangan, pengaruh, atau stimulus yang diberikan seseorang kepada orang lain sedemikian rupa sehingga orang yang diberi sugesti tersebut menuruti atau melaksanakan apa yang disugestikannya tanpa berpikir lagi secara kritis dan rasional. Sugesti dapat berwujud saran, pendapat, pertanyaan, dan iklan. Berdasarkan kasus pada soal maka faktor yang memengaruhi interaksi sosial tersebut adalah sugesti.
Jawaban: E. Sugesti

8. Interaksi sosial dalam masyarakat dipengaruhi oleh faktor-faktor berikut
- Imitasi, merupakan proses meniru sikap, tindakan, tingkah laku, atau penampilan fisik orang lain di lingkungan sekitarnya secara berlebihan.
- Sugesti, merupakan proses menerima sikap, pandangan, dan pendapat orang lain tanpa dipikir ulang. Kondisi tersebut dapat terjadi karena pandangan/pendapat berasal dari orang yang berwibawa, memiliki kekuasaan, dan diakui oleh masyarakat.
- Simpati, merupakan suatu proses ketika seseorang merasa tertarik kepada pihak lain berkaitan dengan perilaku atau penampilannya.
- Identifikasi, merupakan kecenderungan atau keinginan dalam diri seseorang untuk menjadi sama (identik) dengan pihak lain. Proses identifikasi bersifat lebih mendalam daripada imitasi. Dalam proses identifikasi tidak hanya perilaku dan penampilan luar yang ditiru. Akan tetapi, kepribadian serta sifat-sifat orang lain juga ditiru sebagai pedoman bertindak dalam kehidupan sehari-hari.
- Empati, merupakan kemampuan merasakan keadaan orang lain dan ikut merasakan situasi yang dialami atau dirasakan orang lain.
- Motivasi, merupakan dorongan dari dalam diri seseorang untuk melakukan tindakan.
Seorang siswa SMP di Cina yang menyumbangkan uang tabungan hasil jerih payahnya kepada anak-anak korban HIV/AIDAS cenderung untuk ikut merasakan penderitaan korban HIV/AIDS tersebut maka interaksinya termasuk empati.
Jawaban: D. Empati

9. Bentuk-bentuk kerja sama sebagai berikut.
- Kooptasi (cooptation) yaitu bentuk kerja sama yang dilakukan dengan cara menyepakati pimpinan yang ditunjuk untuk mengendalikan jalannya organisasi/kelompok.
- Koalisi (coalition) yaitu kerja sama dua organisasi politik atau lebih untuk mencapai tujuan yang sama dengan cara bergabung menjadi satu.
- Tawar-menawar (bargaining) yaitu bentuk perjanjian mengenai pertukaran barang dan jasa antara dua pihak atau lebih.
- Patungan (joint venture) yaitu kerja sama antara dua badan usaha atau lebih untuk meraih keuntungan dalam bidang ekonomi.
Jadi, kerja sama dalam memenangkan Pilkada termasuk koalisi.
Jawaban: A. Koalisi

10. Ciri-ciri interaksi sosial menurut Charles P. Loomis (ahli sosiologi dari Amerika Serikat) sebagai berikut.
- Terdapat tujuan yang akan dicapai
- Jumlah pelaku dua orang atau lebih
- Terdapat komunikasi menggunakan simbol-simbol atau lambang
- Terdapat dimensi waktu meliputi masa lalu, masa kini, dan masa depan
Jadi, yang merupakan interaksi sosial adalah nomor 3), 4), dan 5).
Jawaban: E. 3), 4), dan 5)

11. Informasi pada soal merupakan terjadinya interaksi sosial asosiatif, karena interaksinya bersifat positif. Jadi, penggalangan dana untuk bantuan bencana alam merupakan interaksi sosial yang bersifat asosiatif.
Jawaban: E. Asosiatif

12. Interaksi sosial menurut Kimbal Young dan Raymond W. Mack adalah hubungan-hubungan sosial yang dinamis dan menyangkut hubungan antarindividu, individu dengan kelompok, kelompok dengan kelompok. Faktor pendukung interaksi terjadi karena adanya kepentingan yang sama.
Jawaban: B. Kepentingan yang sama

13. Sugesti, merupakan proses menerima sikap, pandangan, dan pendapat orang lain tanpa dipikir ulang. Kondisi tersebut dapat terjadi karena pandangan/pendapat berasal dari orang yang berwibawa, memiliki kekuasaan, dan diakui oleh masyarakat. Contoh SPG memberikan tawaran kepada para ibu sehingga membuatnya terpengaruh dan tertarik untuk membelinya.
Jawaban: C. Para ibu tertarik membeli produk kecantikan yang ditawarkan SPG

C. Penalaran/HOTS
14. Aksi demonstrasi terhadap serangan Israel terhadap rakyat Palestina dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi ketegangan yang terjadi akibat perbedaan. Proses ini dalam sosiologi dinamakan sebagai bentuk interaksi sosial akomodasi.
Akomodasi merupakan suatu proses penyesuaian antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, atau kelompok dengan kelompok guna mengurangi, mencegah, atau mengatasi ketegangan dan kekacauan.
Jawaban: B. Akomodasi

15. Akomodasi adalah upaya peredaan ketegangan/upaya penyelesaian konflik. Salah satu bentuk akomodasi adalah kompromi, yaitu upaya mengakhiri konflik dengan cara masing-masing pihak yang berkonflik saling mengurangi tuntutan sehingga tercipta kesepakatan bersama di antara mereka.
Jawaban: C. Dua pihak saling sepakat untuk tidak menuntut ganti rugi


Ket. klik warna biru untuk link

Soal Klik di Sini
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal-Soal Ujian Nasional (UN) Materi Interaksi Sosial"