Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci jawaban dan Pembahasan Pembahasan Soal-Soal Ujian Nasional (UN) Materi Struktur Sosial dan Diferensiasi Sosial

A. Pengetahuan dan Pemahaman (C1) dan (C2)
1. Perhatikan gambar pada soal.
Struktur sosial pada gambar di atas berpotensi terhadap terjadinya konflik sosial karena struktur sosialnya terdapat perbedaan suku bangsa (Ambon dan Manado)/terkonsolidasi.
Jawaban: A. Konflik sosial

2. Perhatikan gambar pada soal.
Pada gambar terlihat bahwa pada setiap tingkat stratifikasi sosial terjadi interaksi yang hanya pada tingkatnya saja, berarti gambar tersebut menunjukkan stratifikasi sosial yang bersifat tertutup.
Jawaban: D. Tertutup

3. Diferensiasi sosial adalah perbedaan-perbedaan yang terjadi dalam masyarakat yang bersifat horizontal. Perbedaan tersebut memiliki derajat yang sama dan sepatutnya saling menghormati dalam perbedaan.
Pada soal terdapat kelompok yang memiliki ciri-ciri sosial, politik, dan budaya yang sama dapat hidup berdampingan sehingga jelas merupakan struktur sosial dalam bentuk diferensiasi.
Jawaban: E. Diferensiasi

4. Masyarakat feodal adalah masyarakat yang berorientasi pada nilai pelayanan yang berlebihan terhadap penguasa, pejabat, birokrat, atau orang yang dituakan. Ciri-ciri masyarakat feodal adalah:
- Ditandai dengan adanya lapisan atas Lord (tuan tanah) dan vassal (buruh) berdasarkan asal-usul keturunan
- Adanya keterikatan lapisan bawah terhadap lapisan atas
- Nasib lapisan bawah sangat ditentukan oleh lapisan atas
- Menunjung tinggi kualitas pribadi
Jawaban: E. Feodal

5. Konsolidasi adalah suatu proses penguatan atau peneguhan keanggotaan individu atau beberapa kelompok yang berbeda dalam satu kelompok melalui tumpang tindih keanggotaan. Jadi, yang termasuk struktur sosial majemuk konsolidasi adalah:
1) Musyawarah Guru Nasional
3) Paguyuban Masyarakat Minangkabau
4) Kerukunan Keluarga Sumatera Utara
Jawaban: C. 1), 3), dan 4)

6. Pada gambar terlihat bahwa setiap tingkat stratifikasi sosial terjadi interaksi yang hanya pada tingkatannya maka gambar tersebut menunjukkan stratifikasi sosial yang bersifat tertutup.
Contoh dari stratifikasi tertutup adalah sistem kasta pada masyarakat India dan penggolongan masyarakat Indonesia pada masa kolonial.
Jawaban: A. Penggolongan masyarakat Indonesia pada masa kolonial


B. Aplikasi (C3)
7. Pelapisan sosial adalah pembedaan posisi seseorang atau kelompok dalam kedudukan berbeda-beda secara vertikal. Proses industrialisasi pada masyarakat perkotaan modern membawa dampak beragamnya pilihan status dan pekerjaan sehingga terjadinya pelapisan sosial yang lebih kompleks.
Jawaban: A. Beragam pilihan status dan pekerjaan

8. Banyak lulusan dari sekolah favorit yang memilih Fakultas Kedokteran Umum sebagai kelanjutan studinya. Hal ini membuktikan bahwa profesi sebagai dokter sangat didambakan lebih dari profesi lainnya. Perbedaan profesi menjadi tinggi-rendah atau berjenjang karena berhubungan dengan sikap terhadap perubahan sosial.
Jawaban: B. Sikap terhadap perubahan sosial

9. Perhatikan stratifikasi sosial pada soal. Petani pemilik, penyewa, dan pekerja merupakan stratifikasi sosial yang didasarkan pada kepemilikan tanah pertaniannya. Secara struktur kekuasaan, pemilik tanah memiliki garis intruksi kepada penyewa tanah, dan selanjutnya garis intruksi kepada pekerja.
Jawaban: C. Pemilikan tanah

10. Perhatikan stratifikasi sosial pada soal.
Direksi, kepala bagian, dan buruh merupakan pelapisan sosial yang didasarkan pada kekuasaan. Secara struktur kekuasaan, direksi memiliki garis instruksi kepada kepala bagian, dan selanjutnya garis instruksi kepada buruh.
Jawaban: B. Kekuasaan

11. Penggolongan masyarakat ke dalam ras Kaukasoid, ras Mongoloid, ras Negroid, ras Melanesoid, dan ras Australoid, merupakan bagian dari keanekaragaman sosial yang menggunakan parameter ciri fisik.
Jawaban: C. Ciri fisik

12. Mobilitas vertikal ke atas (Social Climbing) adalah mobilitas yang terjadi karena adanya peningkatan status atau kedudukan seseorang. Social climbing memiliki dua bentuk, yaitu:
- Naiknya orang-orang berstatus sosial rendah ke status sosial yang lebih tinggi karena adanya peningkatan prestasi kerja
- Terbentuknya suatu kelompok baru yang lebih tinggi daripada lapisan sosial yang sudah ada akibatnya adanya proses peralihan generasi
Ilustrasi pada soal adalah termasuk social climbing dengan cara memperoleh status akibat prestasi kerja.
Jawaban: C. Prestasi kerja

C. Penalaran (HOTS)
13. Indonesia merupakan negara kepulauan. Pulau-pulau yang menjadi tempat tinggal masyarakat Indonesia dipisahkan oleh selat dan laut. Kondisi ini menimbulkan isolasi geografis yang menjadi penyebab kemajemukan masyarakat Indonesia, salah satunya adalah suku-suku yang berbeda.
Jawaban: C. Isolasi geografis atau keterasingan

14. Cermati gambar pada soal.
Pada gambar tersebut ditunjukkan adanya pengelompokan. Keadaan tersebut menyebabkan terjadinya penguatan pada kelompok-kelompoknya sendiri, berarti berpotensi terjadinya konsolidasi berdasarkan identitas, yaitu usaha memperkuat parameter (nilai ukur) suatu kelompok terhadap kelompok yang lain.
Jawaban: B. Konsolidasi berdasarkan identitas

15. Stratifikasi adalah struktur pada masyarakat berbentuk vertikal/penggolongan masyarakat secara berlapis. Stratifikasi terbentuk karena ada sesuatu yang dihargai seperti kekayaan, kekuasaan, pendidikan, dan keturunan. Bentuk stratifikasi, yaitu:
- Stratifikasi terbuka: peluang mobilitas baik horizontal dan vertikal terbuka lebar
- Statifikasi tertutup: terbatas hanya mobilitas horizontal
- Stratifikasi campuran: gabungan keduanya tergantung dengan situasi sosial yang terjadi.
Ilustrasi pada soal merupakan stratifikasi terbuka karena pegawai yang memiliki kinerja yang baik akan mendapatkan penghargaan.
Jawaban: E. Pegawai yang memiliki kinerja terbaik mendapatkan sertifikat penghargaan


Ket. klik warna biru untuk link

Soal Klik di Sini
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Kunci jawaban dan Pembahasan Pembahasan Soal-Soal Ujian Nasional (UN) Materi Struktur Sosial dan Diferensiasi Sosial"