Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kesenjangan Sosial

Kesenjangan sosial terjadi saat sumber daya yang ada di dalam suatu masyarakat tidak tersebar secara merata, yang menimbulkan pola-pola khusus berdasarkan kategori-kategori yang ditetapkan secara sosial. Kesenjangan sosial dihasilkan oleh perbedaan kekuasaan, agama, kekerabatan, martabat, ras, etnisitas, gender, usia dan golongan.

Kesenjangan sosial berkaitan dengan kesenjangan ekonomi, yang biasanya dideskripsikan atas dasar distribusi pemasukan atau kekayaan yang tidak merata, selain itu sumber daya alam dan sosial juga tak tersebar secara merata dalam sebagian besar masyarakat dan dapat menghasilkan status sosial yang berbeda-beda. Norma-norma alokasi dapat berdampak pada distribusi hak dan kewajiban, kekuasaan sosial, akses pada barang-barang publik seperti pendidikan atau sistem yudisial, perumahan, transportasi, kredit dan jasa keuangan seperti perbankan dan barang dan jasa sosial lainnya.

Kesenjangan sosial adalah suatu ketidakseimbangan sosial yang ada di lingkungan masyarakat yang menimbulkan perbedaan mencolok di masyarakat. Kesenjangan sosial ditandai dengan adanya perbedaan kesempatan atau manfaat yang ada di masyarakat meskipun mereka berada di status sosial yang sama. Hal ini bisa dilihat dari tidak samanya penghasilan, fasilitas, atau penghargaan yang diraih setiap individu masyarakat. Hal ini biasanya terjadi antarindividu dan individu masyarakat di satu wilayah atau negara yang sama. Perbedaan ini bisa diakibatkan oleh baik dan buruknya kualitas diri seseorang atau juga kebijakan dan peraturan dari pihak eksternal, entah itu di ranah masyarakat maupun di ranah pemerintahan negara.

Ada beberapa kesenjangan sosial yang terjadi di tengah lingkungan masyarakat antara lain:
a. Kesenjangan Sosial Terkait Fasilitas Umum
Kesenjangan ini biasanya dialami oleh kaum disabilitas. Tidak adanya fasilitas umum yang layak untuk mereka membuat kaum difabel merasa tersisihkan dan terjauhkan dari kaum nondifabel. Pembangunan jalan atau transportasi yang layak ramah disabilitas adalah solusi untuk mengatasi kesenjangan sosial ini apalagi fasilitas kesehatan sangat jarang sekali fasilitas umum untuk bagi kaum disabilas yang disediakan di tempat umum.

b. Kesenjangan Sosial Terkait Kelas Sosial di Masyarakat
Kesenjangan ini terjadi antar kelas ekonomi atas dan kelas ekonomi bawah. Kesenjangan ini kurang lebih sama dengan kesenjangan sosial antara orang kaya dan miskin. Faktor perbedaan pendapatan, tunjangan, dan apresiasi masyarakat turut andil dalam pembentukan kesenjangan ini.

c. Kesenjangan Sosial Terkait Kualitas Pendidikan
Kesenjangan ini terjadi antara daerah penduduk terpencil dengan daerah perkotaan. Sebetulnya, kurikulum di dua daerah tersebut sama. Hanya saja, faktor fasilitas dan kualitas pengajar menjadi faktor yang membuat kedua daerah tersebut mengalami kesenjangan sosial terkait kualitas pendidikan.

d. Kesenjangan Sosial Lapangan Kerja
Kesenjangan ini terjadi antara angkatan kerja berpendidikan tinggi dan angkatan kerja berpendidikan rendah. Angkatan kerja yang lebih tinggi biasanya akan mendapat pekerjaan yang sesuai dengan keahlian mereka dan mendapat gaji yang cukup besar. Sementara itu, angkatan kerja berpendidikan rendah akan kesulitan mencari kerja dan mendapat hasil yang layak, belum lagi skill yang dimiliki masih kurang dan harus bersaing dengan tenaga asing.

e. Kesenjangan Budaya
Kesenjangan ini terjadi ketika budaya asing masuk ke Indonesia yang berakibat budaya lokal terabaikan maka terjadilah kesenjangan sosial antara budaya lokal dan budaya asing. Selain itu, budaya asing yang tidak dipelajari dan diserap dengan baik akan menimbulkan sejumlah hal negatif.


Ket. klik warna biru untuk link

Dari berbagai Sumber

Download

Lihat Juga
1. Kemiskinan
2. Pengangguran  
3. Patologi Sosial  
4. Kejahatan
5. Urbanisasi
6. Konsep sosiologi. Permasalahan sosial 
7. Dinamika kependudukan 
8. Kewirausahaan 
9. Demografi 

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas X Bab 3.3 Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 2.1 Permasalahan Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
3. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 2.2 Permasalahan Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)
4. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 2.3 Permasalahan Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)

5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 3.1 Ketimpangan Sosial sebagai Dampak Perubahan Sosial di Tengah Globalisasi (Kurikulum Revisi 2016)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 3.2 Ketimpangan Sosial sebagai Dampak Perubahan Sosial di Tengah Globalisasi (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 3.3 Ketimpangan Sosial sebagai Dampak Perubahan Sosial di Tengah Globalisasi (Kurikulum Revisi 2016)
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Kesenjangan Sosial"