Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal Ulangan Harian Sosiologi Uraian. Perubahan Sosial dan Dampaknya

B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan tepat!
1. Sebutkan faktor-faktor penyebab terjadinya perubahan sosial
2. Mengapa pada umumnya orang sulit untuk mengadakan ramalan tentang terjadinya perubahan-perubahan sosial yang tidak dikehendaki?
3. Sebutkan tiga tipe perubahan sosial!
4. Sebut dan jelaskan dua buah contoh masalah kependudukan yang sering menimbulkan perubahan-perubahan sosial dalam masyarakat!
5. Penemuan baru sebagai salah satu penyebab perubahan sosial budaya dapat dibedakan dalam dua pengertian, yakni discovery dan invention. Jelaskan kedua pengertian tersebut!
6. Mengapa lembaga-lembaga kemasyarakatan yang pada suatu saat tertentu mendapatkan penilaian tertinggi dari masyarakat akan cenderung untuk menjadi sumber (saluran utama) perubahan-perubahan sosial dan kebudayaan?
7. Mengapa perubahan-perubahan pada lembaga kemasyarakatan akan membawa akibat pula pada lembaga-lembaga kemasyarakatan lainnya?
8. Apakah fungsi saluran-saluran perubahan bagi terjadinya perubahan-perubahan sosial dalam masyarakat?
9. Apa yang dimaksud terciptanya suatu keadaan keseimbangan dalam masyarakat?
10. Jelaskan sejumlah respon individu dan masyarakat atas terjadinya perubahan-perubahan sosial yang diakibatkan oleh munculnya unsur-unsur asing atau luar dari individu atau masyarakat yang bersangkutan!


Ket. klik warna biru untuk link

Download
Soal Pilihan Ganda
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Soal Ulangan Harian Sosiologi Uraian. Perubahan Sosial dan Dampaknya"