Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kelompok Formal (Formal Group) dan Kelompok Informal (Informal Group)

Kelompok Formal (Formal Group) dan Kelompok Informal (Informal Group)
Kelompok Formal
Kelompok formal adalah kelompok yang mempunyai peraturan-peraturan yang tegas dan dengan sengaja diciptakan oleh anggota-anggotanya untuk mengatur hubungan antaranggota tersebut. Contoh formal group atau sering disebut juga association adalah perkumpulan pelajar, persatuan sarjana, lembaga pemerintahan dan birokrasi, ataupun organisasi formal.

Organisasi sebagai suatu kelompok formal yang dibentuk dengan sengaja dan memiliki anggaran dasar dan anggaran rumah tangga, dalam kegiatannya akan melibatkan banyak orang sebagai anggota dari organisasi tersebut. Tujuan organisasi jelas sudah ditentukan dan wajib bagi setiap anggota untuk berupaya mematuhi peraturan yang ada dan mewujudkan tujuan organisasi.

Selain kelompok formal, ada juga suatu kelompok informal (informal group). Kelompok ini tidak mempunyai struktur seperti pada organisasi yang memiliki aturan tertentu dan pasti. Kelompok-kelompok tersebut biasanya terbentuk karena pertemuan-pertemuan yang berulangkali yang menjadi dasar bagi bertemunya kepentingan-kepentingan dan pengalaman-pengalaman yang sama, contohnya klik (clique). Klik yang sering berada dalam kelompok besar dapat dilihat dari aktivitas pertemuan-pertemuan timbal balik antara anggota-anggotanya, biasanya hanya bersifat antara kita saja.

Kelompok informal muncul karena adanya peristiwa tertentu yang menarik perhatian banyak orang. Kelompok ini bersifat sementara dan terbentuk secara spontan. Kelompok ini disebut kerumunan (crowd). Kerumunan adalah kelompok yang tidak terorganisasi dan tindakan yang dilakukan cenderung destruktif. Mereka tidak memiliki pimpinan sehingga kurang bertanggung jawab terhadap perbuatannya. Perilaku ikut-ikutan ini terjadi biasanya hanya didasarkan pada emosi sesaat atau solidaritas yang bersifat sementara. Setelah mereka melakukan tindakan yang destruktif dan puas, maka kerumunan tersebut bubar dengan sendirinya.


Ket. klik warna biru untuk link

Sumber
Suwardi. 2018. Sosiologi untuk SMA Kelas XI; Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial. Quadra. Jawa Barat


Download

Lihat Juga
1. Kelompok Formal (Formal Group) dan Kelompok Informal (Informal Group) (Youtube Channel. https://youtu.be/foos7S-h2Sk ) Jangan lupa like, komen, dan subscribe yah...
2. [Video] Kelompok Formal (Formal Group) dan Kelompok Informal (Informal Group) (Youtube Chanel. https://youtu.be/8QQG_lmMxMk )

Lihat Juga
Materi Pengayaan Sosiologi. Kelompok Sosial di Masyarakat

Materi Sosiologi SMA Kurikulum Revisi
Semester 1
Bab 1. Kelompok Sosial di Masyarakat
1. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 1.1 Kelompok Sosial di Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 1.2 Kelompok Sosial di Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)(Lanjutan)
3. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 1.3 Kelompok Sosial di Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)(Lanjutan)
 
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani "Sejarah adalah kejadian yang berulang. Pertama, merupakan tragedi, dan yang kedua sebagai sebuah peristiwa yang absurd." __Karl Marx

Post a Comment for "Kelompok Formal (Formal Group) dan Kelompok Informal (Informal Group)"