Teknik Keliling Ruangan (Gallery Walk)

Teknik ini merupakan bagian dari metode belajar kooperatif, di mana peserta didik bekerja dalam kelompok untuk menyelesaikan beberapa soal yang dibuat oleh guru. Teknik ini juga dapat digunakan untuk pelaksanaan evaluasi atau ujian. Prosedur pelaksanaan teknik ini adalah sebagai berikut.
a. Guru membuat beberapa soal yang terkait dengan topik yang dibahas, masing-masing soal ditulis pada selembar kertas. Kemudian, lembaran soal tersebut ditempelkan lembaran di atas meja atau pada dinding ruangan. Perhatikan bahwa bahan untuk menempelkan doal dipilih yang mudah untuk dibersihkan.
b. Guru mengelompokkan peserta didik dengan jumlah kelompok sebanyak soal yang dibuat.
c. Guru menugaskan masing-masing kelompok untuk menelaah soal dan menulis jawaban di bawah soal pada lembaran yang sama. Tulisan harus mudah dibaca dan ringkas agar mudah dipahami kelompok lain.
d. Semua kelompok kemudian berpindah ke meja lain yang ditempelkan soal yang berbeda dan menambahkan jawaban yang mungkin belum dikerjakan oleh kelompok sebelumnya. Kelompok lain juga dapat memberikan koreksi atas jawaban yang telah ditulis. Perpindahan kelompok dilakukan sampai semua soal dibahas oleh semua kelompok.
e. Pada soal yang terakhir, kelompok membuat ringkasan yang akan dilaporkan di depan kelas. Masing-masing kelompok membuat ringkasan untuk soal yang berbeda.
f. Masing-masing kelompok diberi kesempatan untuk memaparkan ringkasan penyelesaian soal yang paling tepat di depan kelas


Ket. klik warna biru untuk link


Sumber
Sani, Ridwan Abdullah. 2015. Inovasi Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta


Download

Teknik Inovatif dalam Pembelajaran
1. Teknik Matriks Perbandingan 
2. Teknik Tabel Klasifikasi
3. Teknik Tabel Perbandingan
4. Scramble
5. Word Square
6. Time Token
7. Teknik Tebak Kata
8. Teknik Kartu Flash
9. Teknik Concept Sentence
10. Teknik Merangkum 
11. One Minute Paper
12. Muddiest Point 
13. Belajar Berpasangan
14. Student Question
15. Teknik Merujuk Gambar
16. Ask the Winner
17. Berpunggungan (Back to Back)
18. Jeopardy
19. Cluster
20. Hot Seat
21. Opini Teman
22. Teknik Brain Borrow
23. Teknik Copy Cat
24. Teknik Tenggat Waktu (Deadline)
25. Teknik Catatan Ide  
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Teknik Keliling Ruangan (Gallery Walk)"