Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal USBN Sosiologi K-2006 Uraian Paket Utama Tahun 2017-2018

Petunjuk Uraian
Untuk soal nomor 41 s.d. 45 kerjakan dengan prosesnya.
 

41. Bacalah dengan seksama ilustrasi di bawah ini !
Pengendara motor di bawah umur merupakan fenomena yang semakin menjamur dan juga dianggap wajar, terutama di kota-kota besar dan maupun di desa, semakin lazimnya fenomena ini, kini tidak hanya pelajar SMA, bahkan anak SMP dan SD. Banyaknya kasus kecelakaan di bawah umur diantaranya seperti kasus DUL putra Ahmad Dhani. Kecelakaan maut yang melibatkan DUL dan seorang temannya bernama Noval merupakan satu contoh dari banyaknya kasus pengendara mobil atau motor di bawah umur. Maraknya pengendara anak dibawah umur ini menjadi fenomena umum yang sering sekali terjadi akhir-akhir ini. Di berbagai sudut jalan baik kota maupun desa kita dapat menemui pengendara motor maupun mobil di bawah umur yang belum memiliki SIM dengan bebas mengendarai kendaraan tersebut.

Berdasarkan ilustrasi di atas, tuliskan 3 (tiga) contoh bentuk pengendalian sosial yang bersifat preventif !

42. Pelajari kasus di bawah ini !
Tingginya fanatisme supporter terhadap klub atau tim yang mereka dukung ternyata ikut dibawa hingga tingkat di mana semua pemain dan penonton seharusnya menjadi satu sebagai timnas Indonesia. Kejadian ini terjadi pada saat final Piala Presiden tahun 2018 beberapa waktu yang lalu di Stadion GBK, Senayan pada tanggal 17 Februari 2018. Sejumlah oknum suporter melakukan tindakan tidak terpuji yang mengakibatkan kerusakan pada fasilitas Stadion Gelora Bung Karno (GBK). Para penonton itu menjebol dan memaksa masuk ke dalam stadion dengan membobol pagar. Bahkan, mengakibatkan kerusakan pada mesin scan tiket. Tak sampai di situ, saat seremoni juara, suporter juga merangsek ke dalam lapangan. Mereka memanjat pagar pembatas yang menyebabkan rusaknya pagar. Kejadian itu pun sangat disayangkan oleh pihak panitia. Sungguh ini merupakan perbuatan yang sangat memalukan dan merendahkan martabat bangsa sendiri sebagai bangsa Indonesia yang beraneka ragam atau multikultural.

Berdasarkan kasus di atas, identifikasi beberapa permasalahan yang muncul dalam masyarakat multikultural yang dapat membawa potensi terjadinya permasalahan sebagaimana kasus di atas !

43. Perhatikan ilustrasi berikut !
Sejarah Indonesia sebelum kemerdekaan mengalami berbagai peristiwa. Masa penjajahan oleh beberapa negara membawa banyak perubahan. Pemaksaan oleh penjajah dilakukan dalam bentuk dominasi budaya, dominasi politik dan dominasi ekonomi. Pemerintahan yang banyak dalam bentuk kerajaan tidak lagi memiliki kedaulatan karena ada di bawah penjajahan bangsa asing. Di samping itu, negara asing yang datang juga membawa dan memaksakan kebudayaan mereka seperti pesta perkawinan yang diadakan secara adat istiadat, jika makan duduk bersama menjadi memudar dengan adanya pesta kebun dengan makan sambil berdiri.

Berdasarkan ilustrasi tersebut, jelaskan faktor pendorong perubahan sosial secara eksternal !

44. Perhatikan kasus di bawah ini !
Permainan tradisional merupakan ragam permainan yang berkembang di dalam kehidupan sehari-hari masyarakat. Adanya permainan tradisional di dalam kehidupan bermasyarakat merupakan bagian dari proses pewarisan budaya. Seiring perkembangan waktu, keberadaan permainan tradisional mulai tergeser apalagi semenjak era globalisasi berkembang di dalam kehidupan masyarakat. Permainan tradisional pada era globalisasi dianggap sebagai permainan yang ketinggalan zaman. Kondisi ini makin diperparah dengan perkembangan permainan digital yang menyasar pada anak-anak muda. Kemudahan dan keseruan yang diberikan oleh permainan digital membuat anak-anak muda cenderung memilih permainan digital ini daripada melalukan permainan tradisional.

Jelaskan secara singkat dan tepat, 3 (tiga) upaya untuk mengatasi permasalahan di atas !

45. Perhatikan ilustrasi di bawah ini !
Siswa kelas XII IPS SMA Negeri 7 Rangkasbitung ditugaskan untuk melaksanakan penelitian dengan Judul : ”Penelitian tentang Peningkatan Kesejahteraan Keluarga melalui Pelaksanaan Program Keluarga Berencana di Kecamatan Rangkasbitung Barat Kabupaten Lebak Tahun 2018.

Diketahui : wilayah  penelitian terdiri dari 4 kelurahan yaitu kelurahan Muara Ciujung Barat dengan jumlah peserta KB sebanyak 175 pasangan,  kelurahan Muara Ciujung Timur dengan jumlah peserta KB sebanyak 188 pasangan, kelurahan Balong Tengah dengan jumlah peserta KB sebanyak 148 pasangan dan desa/ kelurahan Pasar Pagi dengan jumlah peserta KB sebanyak 192 pasangan.

Jelaskan 3 (tiga) langkah penerapan teknik penarikan sampel sesuai dengan ilustrasi di atas ! 


Ket. klik warna biru untuk link

Download
Soal Pilihan Ganda Klik di Sini

Soal Lain
1. Soal USBN Sosiologi Uraian Paket Utama Tahun 2018-2019
2. Soal USBN Sosiologi Pilihan Ganda Paket Utama Tahun 2018-2019 
3. Soal USBN Sosiologi Uraian Paket Susulan Tahun 2018-2019
4. Soal USBN Sosiologi Pilihan Ganda Paket Susulan Tahun 2018-2019
5. Soal USBN Sosiologi K-2013 Uraian Paket Utama Tahun 2017-2018
6. Soal USBN Sosiologi K-2013 Pilihan Ganda Paket Utama Tahun 2017-2018
7. Soal USBN Sosiologi K-2013 Uraian Paket Susulan Tahun 2017-2018
8. Soal USBN Sosiologi K-2013 Pilihan Ganda Paket Susulan Tahun 2017-2018
9. Soal USBN Sosiologi K-2006 Uraian Paket Susulan Tahun 2017-2018 
10. Soal USBN Sosiologi K-2006 Pilihan Ganda Paket Susulan Tahun 2017-2018
Dani Ramdani
Dani Ramdani | Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

2 comments for "Soal USBN Sosiologi K-2006 Uraian Paket Utama Tahun 2017-2018"