Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal SBMPTN Sosiologi Tahun 2018 (Kode Soal 630)

31. Jawaban: B
Pengangguran di Indonesia merupakan contoh gejala sosial yang bersifat kompleks. Kompleksitas permasalahan pengangguran tidak hanya faktor ekonomi, namun beberapa faktor lain yang turut berperan seperti pendidikan, mentalitas, dan kebijakan.

32. Jawaban: B
Masyarakat menurut Karl Marx identik dengan sejarah perjuangan kelas. Marx berpendapat bahwa kelas sosial termasuk dalam struktur yang berlandaskan kepemilikan alat produksi (owners dan non-owners) antara proletar dengan borjuis.

33. Jawaban: A
Definisi kebudayaan
menurut Koentjaraningrat adalah Keseluruhan sistem gagasan, tindakan, dan hasil karya manusia dalam rangka untuk memenuhi kehidupan masyarakat.
Definisi kebudayaan menurut Selo Soemardjan adalah Hasil cipta, rasa, dan karsa manusia.

34. Jawaban: B
Dalam masyarakat majemuk, kerap muncul potensi konflik horisontal yang disebabkan karena Primordialisme meliputi fanatis, etnosentrisme dan chauvinisme. Etnosentris yang menganggap kelompok etnisnya paling unggul berdampak pada timbulnya keeksklusifan yang ditandai dengan sikap tertutup dan kurang menerima keberadaan etnis lain dalam suatu lingkungan.

35. Jawaban: D
Stratifikasi yang memungkinkan anggotanya untuk mengubah status disebut stratifikasi terbuka. Stratifikasi ini berlaku dan terjadi pada masyarakat modern yang menjunjung tinggi prestasi dan usaha.

36. Jawaban: C
Mobilitas sosial adalah proses perpindahan kelas sosial dalam dimensi stratifikasi atau diferensiasi. Dalam kasus ini mobilitas yang terjadi adalah mobilitas dalam stratifikasi yaitu vertikal turun karena kelas sosial berpindah turun menjadi kelas sosial yang lebih rendah dari sebelumnya.

37. Jawaban: E
Integrasi sosial dapat muncul dan adanya proses pembauran dalam ruang lingkup lingkungan yang sama. Salah satu faktor yang mempengaruhi integrasi adalah mobilitas geografis dalam hal ini contohnya adalah transmigrasi.

38. Jawaban: E
Konflik pilkada yang menimbulkan penilaian negatif terhadap pesaing merupakan bentuk konflik realistik, karena menurut Lewis A Coser konflik realistik merupakan alat untuk mendapatkan hasil tertentu dalam rangka mengejar power, status langka, sumber daya dan nilai.

39. Jawaban: D
Perbedaan pendapat dalam masyarakat merupakan salah satu pemicu konflik sosial. Sebagai contoh perbedaan persepsi mengenai reklamasi pantai, ada pihak yang menganggap positif disisi lain menganggap reklamasi sebagai hal yang merusak lingkungan.

40. Jawaban: A
Pernyataan satu dan dua benar, random sampling atau sampel acak adalah teknik pengambilan sampel dimana seriap individu dalam populasi memiliki kesempatan yang sama, hal ini memungkinkan peneliti dapat melakukan proses generalisasi pada tingkat populasi.

41. Jawaban: E
Pernyataan pertama salah, proses sosialisasi anak balita lebih banyak dipengaruhi oleh anggota keluarga atau orang tuanya, bukan kelompok bermain, karena anak lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah bersama keluarga. Pernyataan kedua salah, karena tidak semua agen sosialisasi memberikan pembelajaran yang bertentangan. Dalam konsep sosiologi ada konsep resosialisasi atau belajar kembali. Seorang anak sewaktu di rumah belajar norma agama, di mesjid di ajarkan ulang dan hal itu tidak bertentangan.

42. Jawaban: D
Pernyataan satu salah karena sikap seseorang tidak harus mengikuti perilaku kelompok lain dan pernyataan kedua benar merupakan pernyataan R. K Merton, konformitas adalah ketaatan seseorang pada aturan kelompoknya.

43. Jawaban: A
Hukum adat merupakan bagian dari social control, merupakan norma tidak tertulis, norma informal dan berbentuk costum atau adat.

44. Jawaban: A
Dalam rangka mengatur kelancaran masyarakat berlalulintas diperlukan:
undang-undang lalu lintas, aparat yang tegas, dan aturan yang ketat. Kesejahteraan aparat tidak memiliki hubungan langsung dengan kelancaran berlalulintas.

45. Jawaban: D
Sikap anti sosial adalah sikap dan perilaku yang tidak mempertimbangkan penilaian dan keberadaan orang lain atau masyarakat secara umum di sekitarnya. Hal ini ditunjukkan dengan menarik diri dari pergaulan, kecanduan media sosial dan tidak patuh pada aturan


Ket. klik warna biru untuk link

Soal Klik di Sini
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani "Sejarah adalah kejadian yang berulang. Pertama, merupakan tragedi, dan yang kedua sebagai sebuah peristiwa yang absurd." __Karl Marx

Post a Comment for "Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal SBMPTN Sosiologi Tahun 2018 (Kode Soal 630)"