Serial Tokoh Pendidikan: Ivan Illich


Ket. klik warna biru untuk link

Pemaparan tentang pemikiran Ivan Illich oleh Dr. Fahruddin Faiz, MA ini terdiri dari tujuh bagian berikut.
1. Ivan Illich (2)
2. Ivan Illich (3)
3. Ivan Illich (4)
4. Ivan Illich (5)
5. Ivan Illich (6)
6. Ivan Illich (7)

Biografi Ivan Illich

 

Ivan Illich (/ɪˈvɑːn ˈɪlɪtʃ/; lahir 4 September 1926 – meninggal 2 Desember 2002 pada umur 76 tahun) adalah seorang filsuf Austria, pastor Katolik Roma, dan seorang "pengkritik sosial yang tidak konvensional" dari lembaga-lembaga budaya Barat kontemporer dan pengaruhnya terhadap sumbernya serta dalam praktik pendidikan, kedokteran, kerja, penggunaan energi, transportasi, dan pembangunan ekonomi. 

Kehidupan pribadi
Illich lahir di Wina dari ayah Katolik Kroasia, seorang insinyur Ivan Illich Peter, dan ibu Yahudi Sefardim, Ellen née Regenstreif-Ortlieb. Nenek dari ibunya berasal dari Texas. Illich menguasai bahasa Italia, Spanyol, Perancis, dan Jerman sebagai bahasa asli. Ia kemudian belajar bahasa Kroasia, dari bahasa kakeknya, ditambah bahasa Yunani Kuno dan Latin, di samping Spanyol, Portugis, Hindi, Inggris, dan lainnya. Ia belajar histologi dan kristalografi di University of Florence (Italia) serta teologi dan filsafat di Universitas Kepausan Gregoriana di Roma (1942-1946), dan sejarah abad pertengahan di Salzburg.


Ia menulis disertasi yang berfokus pada sejarawan Arnold Toynbee J. dan akan kembali ke subjek dalam tahun-tahun terakhirnya. Pada tahun 1951, ia "mendaftar untuk menjadi pastor paroki di salah satu lingkungan termiskin di New York - Washington Heights, di ujung utara Manhattan, dan segera meninggalkan daerah imigran Puerto Rico menggunakan pesawat." Pada tahun 1956, di usia 30, ia diangkat sebagai wakil rektor Universitas Katolik Puerto Rico, "posisi yang berhasil menjaga selama beberapa tahun sebelum dikeluarkan -Illich hanya sedikit terlalu keras dalam kritiknya terhadap pernyataan Vatikan tentang pengendalian kelahiran dan sikap dingin terkait bom nuklir." Di Puerto Rico, Illich bertemu dengan Everett Reimer, dan keduanya mulai menganalisis fungsi mereka sendiri sebagai "pendidikan" para pemimpin. Pada tahun 1959, ia melakukan perjalanan di seluruh Amerika Selatan dengan berjalan kaki dan dengan naik bus.

Pada tahun 1961, Illich mendirikan Centro de Documentación Intercultural (fr) (ClDOC, atau Pusat Dokumentasi Antarbudaya) di Cuernavaca, Meksiko, yang seolah-olah sebuah kursus bahasa yang menawarkan pusat penelitian untuk misionaris dari Amerika Utara dan relawan dari Aliansi untuk program Kemajuan diinisiasi oleh John F. Kennedy. Niat aslinya adalah untuk mendokumentasikan partisipasi Vatikan dalam "perkembangan modern" dari apa yang disebut Dunia Ketiga. Illich menaruh kecurigaan pada belas kasihan liberal atau keangkuhan konservatif yang memotivasi naiknya perkembangan industri global.

Konsep
Melawan produktivitas
Gagasan utama Ivan Illich adalah konsep counterproductivity (Melawan produktivitas): ketika lembaga-lembaga masyarakat industri modern menghambat tujuan yang ditargetkan mereka. Misalnya, Ivan Illich menghitung bahwa, di Amerika pada 1970-an, jika Anda menambahkan waktu yang dihabiskan untuk bekerja untuk mendapatkan uang untuk membeli mobil, waktu yang dihabiskan di dalam mobil (termasuk kemacetan lalu lintas), waktu yang dihabiskan dalam perawatan kesehatan . industri karena kecelakaan mobil, waktu yang dihabiskan di industri minyak untuk bahan bakar mobil ... dll, dan Anda membagi jumlah kilometer yang ditempuh per tahun itu, Anda mendapatkan perhitungan sebagai berikut: 10000 km per tahun per orang dibagi dengan 1600 jam per tahun per Amerika sama dengan 6 km per jam. Jadi kecepatan nyata mobil akan menjadi sekitar 3,7 mil per jam.

Specific diseconomy
Diseconomy khusus adalah istilah lain yang digunakan Illich sebagai ukuran tingkat counterproductivity kelembagaan yang terjadi, mengacu pada tingkat yang tepat seperti misalnya, industri medis menginduksi penyakit, lembaga pendidikan mendorong kebodohan, sistem peradilan melanggengkan ketidakadilan, atau pertahanan nasional dapat membuat bangsa kurang aman. Ketika diseconomy tertentu semakin meningkat, ini berarti sebuah lembaga atau industri semakin kontraproduktif dengan niat aslinya.

Monopoli radikal
Dia menemukan konsep monopoli radikal: ketika medium secara teknis atau tampaknya lebih efektif, itu kemudian menciptakan monopoli yang menolak akses ke media lain. Konsumsi wajib dari medium yang menggunakan banyak energi (misalnya transportasi bermotor) mempersempit hasil dari nilai pakai (kemampuan angkutan bawaan).

Dengan "monopoli radikal" Maksudku dominasi satu jenis produk bukan dominasi satu merek. Saya berbicara tentang monopoli radikal ketika salah satu produksi industri berproses dalam latihan kontrol eksklusif atas kepuasan kebutuhan yang mendesak, dan tidak termasuk kegiatan nonindustrial dari kompetisi.

Keramahan
Illich bekerja untuk membuka kemungkinan-kemungkinan baru. Illich mencurahkan satu bab dari Bebaskan Masyarakat atas usulan untuk kelahiran kembali Epimethean Man. Dia berpendapat bahwa kita membutuhkan alat yang ramah dibandingkan dengan mesin. Alat mungkin memiliki banyak aplikasi, beberapa sangat berbeda dari penggunaan awal yang dimaksudkan. Sebuah alat dapat dianggap sebagai ungkapan penggunanya. Kebalikan dari mesin, di mana manusia menjadi hamba yang peran mereka hanya terdiri dari menjalankan mesin untuk satu tujuan.

Sumber
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas 


Lihat Juga
1. Biografi Psikolog
2. Teori Psikologi
3. Teori Pembelajaran 
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Serial Tokoh Pendidikan: Ivan Illich"