Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pendekatan Pembelajaran

Istilah yang umumnya dikenal dalam kegiatan belajar mengajar adalah: pendekatan, model pembelajaran, strategi pembelajaran, metode pembelajaran, teknik pembelajaran, keterampilan mengajar. Pendekatan pembelajaran adalah sekumpulan asumsi yang saling berhubungan dan terkait dengan pembelajaran.

Pendekatan pembelajaran mengacu pada sebuah teori belajar yang digunakan sebagai prinsip dalam proses belajar mengajar. Sebuah pendekatan pembelajaran memaparkan bagaimana orang memperoleh pengetahuan dalam pelajaran tertentu. Pendekatan pembelajaran merupakan sudut pandang guru terhadap proses pembelajaran secara umum berdasarkan teori tertentu, yang mendasari pemilihan strategi dan metode pembelajaran.

Pembelajaran Berpusat pada Guru
Pembelajaran Berpusat pada Guru
Pembelajaran Berpusat pada Siswa
Pembelajaran Berpusat pada Siswa
Perbandingan Teacher Centered dengan Student Centered Learning
Perbandingan Teacher Centered dengan Student Centered Learning
Pendekatan pembelajaran yang sering digunakan adalah pendekatan kontekstual (Contextual Taching and Learning) atau disingkat CTL. Pendekatan kontekstual (CTL) merupakan suatu konsep yang membantu guru mengaitkan konten pelajaran dengan situasi dunia nyata dan memotivasi peserta didik membuat hubungan antara pengetahuan dan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga, warga negara, dan/atau tenaga kerja. Pendekatan CTL merupakan reaksi terhadap teori behaviorisme. Pendekatan CTL menganggap bahwa belajar merupakan proses yang kompleks dan multitahap dan terjadi tanpa prinsip stimulus-respons.

Menurut pendekatan kontekstual, proses belajar terjadi ketika peserta didik memproses baik informasi maupun pengetahuan baru sedemikian rupa sehingga baik pengetahuan maupun informasi tersebut beradaptasi dengan kerangka acuan mereka. Pendekatan ini menganggap bahwa manusia belajar secara alamiah dengan berpikir mencari makna dalam suatu konteks yang berkaitan dengan lingkungannya. Jadi, pendekatan kontekstual memfokuskan pada aspek lingkungan belajar, misalnya: lingkungan sekolah, laboratorium, bengkel, kebun percobaan, masyarakat, dan sebagainya.

Guru didorong untuk mendesain lingkungan belajar yang menggabungkan sebanyak mungkin bentuk pengalaman yang berbeda-beda, sosial budaya, fisik, dan psikologis. Belajar dalam lingkungan yang demikian memungkinkan peserta didik menemukan hubungan yang berbeda antara ide abstrak dan aplikasi praktis. Peserta didik dilatih menginternalisasi konsep dalam dunia nyata melalui proses penemuan, penguatan, dan pengaitan.

Pembelajaran berbasis pendekatan CTL disusun untuk memungkinkan terjadinya lima bentuk belajar, yaitu: mengaitkan (relating), mengalami (experiencing), menerapkan (applying), bekerja sama (cooperating), dan mentransfer (transferring). Pembelajaran kontekstual mencakup tujuh prinsip belajar, yaitu: inkuiri, bertanya, konstruktivisme, masyarakat belajar, penilaian autentik, refleksi, dan pemodelan.


Ket. klik warna biru untuk link


Sumber
Sani, Ridwan Abdullah. 2015. Inovasi Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta


Download
Dani Ramdani
Dani Ramdani | Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "Pendekatan Pembelajaran"