Robert Gagne

Biografi Robert Gagne
Robert Gagne
Biografi Psikolog
Robert Mills Gagne (21 Agustus 1916 – 28 April 2002), Gagne lahir di Andover Utara, Massachusetts. Ia mendapatkan gelar A.B dari Universitas Yale pada tahun 1937 dan gelar Ph.D dari Universitas Brown pada tahun 1940. Dia adalah seorang Profesor dalam bidang psikologi dan psikologi pendidikan di Connecticut College (1940-1949), universitas negara bagian Pensylvania (1945-1946), Profesor di departemen penelitian pendidikan di universitas negara bagian Florida di Tallahasse mulai tahun 1969. Gagne juga menjabat sebagai direktur riset untuk angkatan udara (1949-1958) di Lackland, Texas dan Lowry, Colorado. Ia pernah bekerja sebagai konsultan dari departemen pertahanan (1958-1961) dan untuk dinas pendidikan Amerika Serikat (1964- 1966), selain itu ia juga bekerja sebagai direktur riset pada Institut penelitian Amerika di Pittsburgh (1962-1965).

Hasil kerja Gagne memiliki pengaruh besar pada pendidikan Amerika, pelatihan militer dan industri. Gagne dan L. J. Briggs ada di antara pengembangan awal dari teori desain sistem instruksional yang menunjukkan bahwa semua komponen dari pelajaran atau periode instruksi dapat dianalisis  dan semua komponen yang dapat dirancang untuk beroperasi bersama-sama sebagai suatu rencana untuk pengajaran. Dalam suatu artikel berjudul Teknologi Pendidikan dan Proses Pembelajaran (1974), Gagne mendefinisikan instruksi sebagai Serangkaian kegiatan yang direncanakan untuk kegiatan eksternal yang memengaruhi proses pembelajaran dan itu memromosikan pendidikan.

Gagne juga dikenal untuk teori stimulus-responsnya yang mutakhir dari delapan jenis pembelajaran yang dibedakan dalam hal kualitas dan kuantitas dari respons stimulus yang mempunyai keterkaitan. Dari yang paling mudah hingga yang paling sulit atau kompleks, ini adalah Signal learning (Pavlovian Conditioning) Stimulus response learning (operant conditioning) Chaining (Complex Operant Conditioning) Verbal association, Discrimination learning, Concept learningRule learningProblem solving.

Gagne berpendapat bahwa banyak keterampilan bisa dianalisis dalam suatu perilaku hierarki yang disebut pembelajaran hierarki. Seorang instruktur akan mengembangkan pembelajaran hierarki untuk sesuatu yang diajarkan dengan menyatakan keahlian untuk dipelajari sebagai perilaku tertentu dan untuk kemudian bertanya dan menjawab pertanyaan Apa yang ingin Anda ketahui tentang bagaimana cara untuk melakukan tugas ini, setelah diberikan suatu petunjuk. Gagne menguji Teori pembelajaran hierarki belajar, terutama menggunakan keterampilan aritmatika sederhana. Temuannya cenderung mendukung gagasan hierarki pembelajaran dan menunjukkan bahwa individu jarang mempelajari keterampilan yang lebih tanpa sebelumnya tahu keahlian atau keterampilan yang lebih rendah. Pendekatan Gagne pada pembelajaran dan pengajaran, terutama pada pendekatan desain sistem pengajaran, yang kadang-kadang dikritik sebagai yang paling pantas untuk kemahiran belajar informasi dan obyek keterampilan intelektual, tidak diragukan lagi untuk sikap dan strategi kognitif, hasil kerja Gagne mempunyai dampak yang cukup besar pada teori dan pemikirannya di kalangan pendidikan.

Teori hierarkinya tentang langkah-langkah prasyarat dalam pembelajaran mempunyai banyak implikasi untuk peruntunan instruksi dan ia banyak memberikan kontribusi untuk pengembangan pendekatan ilmu pengetahuan pada pengajaran. Di bidang bahasa Inggris, contohnya ia diizinkan guru bahasa Inggris untuk menjabarkan keterampilan bahasa Inggris ke dalam komponen yang lebih sederhana dan untuk mengajarkan komponen ini ke dalam suatu urutan, memperkuat tanggapan yang benar dalam sepanjang perjalanan. Gagne berfokus pada instruksi sistematis yang tepat yang juga membantu meletakan dasar untuk pengajaran individual dan sekolah akuntansi di kalangan masyarakat Amerika.


Ket. klik warna biru untuk link


Sumber
Dari berbagai Sumber


Download

Baca Juga
1. Hasil Belajar Menurut Gagne
2. Robert Gagne. Keterampilan Intelektual
3. Robert Gagne. Strategi Kognitif, Informasi Verbal, Sikap, dan Keterampilan Motorik
4. Robert Gagne. Kejadian Belajar
5. Robert Gagne. Kejadian Instruksional
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Robert Gagne"