Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Soal-soal Esai Ulangan Harian Kelas XI Bab 3. Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial

1. Struktur sosial adalah susunan status-status sosial yang hierarki beserta jalinan di antara status-status itu sehingga mendorong dan mewujudkan aktivitas sosial dalam masyarakat.

2. Ascribed status adalah kedudukan seseorang dalam masyarakat tanpa memperhatikan perbedaan seseorang karena kedudukan tersebut diperoleh berkat kelahiran, diperoleh dengan sendirinya atau status yang diperoleh tanpa inisiatif sendiri. Status ini dapat dibedakan menjadi kelahiran, jenis kelamin, umur, atau anggota keluarga.

3. Struktur biasanya berfungsi untuk mengontrol individu yang berada di dalam struktur tersebut. Dalam kehidupan bermasyarakat, selalu muncul kecenderungan dalam diri individu untuk melanggar norma, nilai, atau peraturan lain. Melanggar aturan yang berlaku, berpotensi untuk menimbulkan konsekuensi yang pahit.

4. Ciri-ciri stratifikasi sosial terbuka sebagai berikut
a. Keanggotaan strata bersifat tidak tetap
b. Garis batas antarstrata bersifat tidak jelas (kabur)
c. Komunikasi antarstrata bersifat terbuka
d. Proses komunikasi dan perubahan lebih berjalan dengan lancar
e. Terdapat mobilitas strata baik social climbing maupun social sinking

5. Stratifikasi sosial tertutup pada dasarnya merupakan suatu sistem stratifikasi sosial dalam masyarakat di mana lapisan-lapisan yang ada lebih bersifat tetap dan tidak terjadi perubahan-perubahan secara vertikal.

6. Stratifikasi sosial atau pelapisan sosial, yaitu pengelompokan masyarakat ke dalam struktur kelas yang bersifat hierarkis dan vertikal, sedangkan diferensiasi sosial mengelompokkan masyarakat secara horizontal, yakni pengelompokan masyarakat dari sudut fisik semata.

7. Mobilitas sosial mempunyai kaitan erat dengan stratifikasi sosial atau pelapisan sosial, mengingat mobilitas sosial merupakan gerak pindah dari atas ke bawah. Dalam hal ini, masyarakat dengan kelas sosial yang bersifat terbuka merupakan masyarakat yang memiliki tingkat mobilitas sosial yang tinggi, sedangkan masyarakat berkelas sosial tertutup memiliki tingkat mobilitas sosial yang rendah. Hal ini mengingat pada masyarakat dengan kelas sosial tertutup sangat sedikit sekali, bahkan tidak memungkinkan terjadinya perpindahan anggota dari satu lapisan ke lapisan yang lain.

8. Bentuk mobilitas sosial horizontal antara lain.
a. Mobilitas sosial intragenerasi terjadi dalam diri seseorang. Misalnya, seseorang yang berpindah profesi tanpa melihat status sosialnya (walaupun status sosialnya lebih rendah) tetapi akhirnya menjadi lebih sukses.
b. Mobilitas sosial antargenerasi, terjadi antara dua generasi atau lebih. Misalnya, ayah dana anak.

9. Achieved status adalah kedudukan yang dicapai seseorang dengan usaha sendiri. Contohnya setiap orang dapat menjadi guru, hakim, dokter, jika memenuhi persyaratan-persyaratan tertentu seperti telah menempuh pendidikan kehakiman dan kedokteran.

10. Primordialisme merupakan upaya lanjutan dari konsolidasi. Ketika suatu kelompok melakukan konsolidasi sebagai salah satu cara beradaptasi terhadap lingkungan sekitar secara tidak langsung juga mereka melakukan primordialisme di sisi lain. Dengan kalimat lain, konsolidasi bergerak secara organisasi sedangkan primordialisme menyasar penguatan secara ideologis. Oleh karena itu, bisa dimaklumi dengan sikap etnosentrisme. Sisi keetnisan menjadi sentral, pusat atau standar dalam nilai, norma dan berperilaku di dalam masyarakat.


Ket. klik warna biru untuk link

Soal Klik di Sini
Dani Ramdani
Dani Ramdani | Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "Kunci Jawaban Soal-soal Esai Ulangan Harian Kelas XI Bab 3. Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial"