Jean Piaget. Tahap Operasi Berpikir Formal

Tahap Operasi Berpikir Formal Jean Piaget
Jean Piaget
Tahap operasional formal adalah periode terakhir perkembangan kognitif anak dalam teori Piaget. Tahap ini mulai dialami anak dalam usia 11 tahun dan terus berlanjut sampai tahap dewasa. Karakteristik tahap ini berhubungan dengan diperolehnya kemampuan anak untuk berpikir abstrak, menalar secara logis, serta menarik kesimpulan dari informasi yang tersedia. Pada tahap ini, anak sudah memahami hal-hal seperti cinta, bukti logis, serta nilai dari suatu hal. Menurut Piaget, tahap ini muncul bersamaan dengan pubertas yang menandai masuknya anak ke dunia dewasa secara fisiologis, kognitif, penalaran moral, perkembangan psikoseksual, serta perkembangan sosial. Pada tahap ini, remaja telah memiliki kemampuan untuk berpikir sistematis, yaitu merenungkan semua kemungkinan untuk memecahkan suatu persoalan.

Perhatikan contoh berikut. suatu ketika, ada sebuah mobil yang mogok. Jika penumpangnya adalah seorang anak yang masih dalam tahap operasi berpikir konkret, ia akan berkesimpulan kehabisan bensin. Ia hanya menghubungkan sebab dan akibat dari suatu rangkaian. Sebaliknya, seorang remaja yang berada pada tahap berpikir formal akan memikirkan beberapa kemungkinan yang menyebabkan mobil itu mogok. Boleh jadi ia memperkirakan busi mobil itu mati, ada masalah pada platina, dan sebagainya.

Pada tahap ini, seorang remaja sudah mempunyai ekuilibrium yang tinggi sehingga ia dapat berpikir fleksibel dan efektif serta mampu berhadapan dengan persoalan kompleks. Remaja dapat berpikir fleksibel karena dapat melihat segala unsur dan kemungkinan yang ada. Remaja dapat berpikir efektif karena dapat menentukan pemikiran yang cocok untuk menyelesaikan persoalannya.


Ket. klik warna biru untuk link


Sumber
Irawan, Eka Nova. 2015. Pemikiran Tokoh-tokoh Psikologi; dari Klasik sampai Modern. IrcisoD. Yogyakarta


Download

Baca Juga
1. Jean Piaget. Biografi Psikolog
2. Jean Piaget. Teori Perkembangan Kognitif
3. Jean Piaget. Perkembangan Kognitif
4. Jean Piaget. Tahap-Tahap Perkembangan Kognitif
5. Jean Piaget. Tahap Pemikiran Pra-Operasional
6. Jean Piaget. Tahap Operasi Berpikir Konkret
7. Empirisme, Rasionalisme, dan Teori Jean Piaget
8. Jean Piaget. Perkembangan Intelektual
9. Jean Piaget. Tingkat Perkembangan Intelektual
10. Jean Piaget. Faktor-faktor yang Menunjang Perkembangan Intelektual
11. Jean Piaget. Pengetahuan Fisik, Logika-Matematika, dan Sosial
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Jean Piaget. Tahap Operasi Berpikir Formal"