Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gordon Allport. Psikologi Kepribadian Individu

Psikologi Kepribadian Individu Gordon Allport
Gordon Allport
Tidak seperti kalangan psikolog Freudian yang memang ditentangnya secara keras, Allport mengemukakan pentingnya penyelidikan kualitatif tentang kasus individual pada motif sadarnya. Allport tidak percaya pada pendapat tingkah laku individu yang sehat dikontrol oleh kekuatan alam tak sadar (irasionalitas). Menurutnya, kekuatan alam lebih dari sekadar memengaruhi neurotis. Individu yang sehat dan rasional menyadari sepenuhnya kekuatan yang membimbingnya sekaligus dapat mengontrol kekuatan-kekuatan tersebut. Individu dibimbing oleh waktu sekarang (intensitas) serta aspirasi masa depan (optimisme), bukan oleh masa lalunya (trauma).

Orang yang sehat berbeda secara fungsional dengan individu yang neurotis. Menurut Allport, psikoanalisis sangat bermanfaat bagi individu tidak normal. Akan tetapi, kegunaannya hanya sedikit sekali dirasakan oleh orang biasa (normal). Oleh karena itu, Allport berkonsentrasi membangun psikologi sehat, bukan psikologi sakit. Hal ini sekaligus semakin menegaskan perbedaan pemikirannya dengan konsep yang disampaikan para teoretikus Freudian.

Pandangan-pandangan Allport lebih banyak merupakan suatu penyaringan terhadap ide-ide yang sebagian berasal dari ahli-ahli psikolog, seperti teoretikus Gestalt, William, Stern, James, serta dan McDougall. Bersama para teoretikus Gestalt dan Stern, ia menolak teknik-teknik analitis dalam ilmu pengetahuan alam serta memerhatikan secara mendalam perihal keunikan individu. Dari James, ia mengorientasikan pemikiran humanistik terhadap tingkah laku dan perhatiannya pada aku (self). Dari McDougall, ia menekankan pentingnya motivasi, peranan yang dimainkan oleh faktor-faktor genetis atau konstitusional, serta konsep ego.


Ket. klik warna biru untuk link


Sumber
Irawan, Eka Nova. 2015. Pemikiran Tokoh-tokoh Psikologi; dari Klasik sampai Modern. IrcisoD. Yogyakarta


Download

Baca Juga
1. Gordon Allport. Biografi Psikolog
2. Gordon Allport. Struktur Individu 
3. Gordon Allport. Perkembangan Individu
Dani Ramdani
Dani Ramdani | Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "Gordon Allport. Psikologi Kepribadian Individu"