Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Erich Fromm

Biografi Erich Fromm
Erich Fromm
Biografi Psikolog
Erich Seligmann Fromm (1900-1980) adalah seorang psikolog sosial, psikoanalisis, sosiolog, filsuf humanisme, serta teoretikus sosiodemokrasi dari Jerman. Ia juga dikenal sebagai tokoh teori kritis dalam mazhab Frankfurt sekaligus ilmuwan berpengaruh dalam bidang psikoanalisis.

Fromm lahir pada 23 Maret 1900, di Frankfurt. Keluarganya merupakan penganut Yahudi ortodoks. Akan tetapi, Fromm kelak menyebut dirinya sebagai mistikus yang ateis. Fromm memulai studi akademik di University of Frankfurt pada tahun 1918. Di sana, ia hanya bertahan selama dua semester. Pada musim panas 1919, Fromm memilih pindah ke Universitas Heidelberg dengan mengambil jurusan sosiologi. Ia belajar di bawah arahan Alfred Weber (saudara kandung Max Weber), Karl Jaspers, serta Heinrich Ricky. Fromm menerima gelar Ph.D. pada tahun 1922.

Pada pertengahan dekade 1920-an, Fromm berlatih psikoanalisis di sanatorium Frieda Reichmann di Universitas Heidelberg. Pada tahun 1927, ia mulai membuka praktik klinis sendiri. Kemudian, pada tahun 1930, Fromm menyelesaikan pelatihan psikoanalisis dan bergabung dengan Institute for Social Research di Frankfurt.

Setelah Jerman di kuasai Nazi, Fromm pindah ke Jenewa, Swiss. Namun, tak lama berselang ia memutuskan hijrah ke New York, Amerika Serikat, pada tahun 1934. Di sana, ia mengajar di Columbia University. Bersama Karen Horney dan Harry Stack Sullivan, Fromm mendirikan mazhab psikoanalisis neo-Freudian. Hubungan mereka berakhir pada akhir dekade 1930-an ketika Fromm meninggalkan Columbia University. Pada tahun 1943, Fromm membantu membentuk cabang Washington School of Psychiatry di New York. Tiga tahun kemudian, ia ikut mendirikan William Alanson White Institute of Psychiatry, Psychoanalysis and Psychology. Selama periode 1941-1949, Fromm mengajar di Bennington College.

Tahun 1949, Fromm pindah ke Mexico City, Meksiko. Ia diangkat menjadi profesor di Universidad Nacional Autonoma de Mexico (UNAM). Kemudian, selam tahun 1957-1961, Fromm dipilih sebagai profesor psikologi di Michigan State University. Pada tahun 1962, ia menjadi dosen psikologi di New York University. Fromm mengajar di UNAM hingga pensiun pada tahun 1965. Ia kemudian pindah dari Mexico City ke Muralto, Swiss, pada tahun 1974. Di sana ia membangun rumah, membuka praktik klinis, serta menerbitkan serangkaian buku. Pada 18 Maret 1980, Fromm meninggal dunia di rumahnya.


Ket. klik warna biru untuk link


Sumber
Irawan, Eka Nova. 2015. Pemikiran Tokoh-tokoh Psikologi; dari Klasik sampai Modern. IrcisoD. Yogyakarta


Download

Baca Juga
1. Erich Fromm. Psikososial Humanistik
2. Erich Fromm. Masyarakat dan Eksistensi Manusia
3. Erich Fromm. Eksistensi Manusia
4. Erich Fromm. Kebutuhan Manusia
5. Erich Fromm. Normalitas dan Kebebasan
6. Erich Fromm. Alam Bawah Sadar Sosial
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani من لم يذق مر التعلم ساعة, تجرع ذل الجهل طول حياته | “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Erich Fromm"