Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

David McClelland

Biografi Psikolog
David Clarence McClelland (1917-1998) adalah psikolog Amerika yang dikenal sebagai pencetus teori kebutuhan. Ia menolak penggunaan tes IQ dan kepribadian karena menganggap setiap individu dilahirkan dengan potensi kesuksesan yang sama besar. McClelland mengembangkan sistem penilaian baru yang disebut thematic apperception test (TAT). Selain itu, ia juga mengembangkan cara-cara inovatif untuk mengukur karakteristik psikologis. McClelland lahir pada 20 Mei 1917 di Mt. Vernon, New York. Ia lulus dari Jacksonville High School di Illionis pada tahun 1933. Kemudian, selama satu tahun ia menjadi mahasiswa khusus bahasa di MacMurray College, Jacksonville. Selepas itu, McClelland melanjutkan studi di Wesleyan University di bawah bimbingan John McGeoch. Ia meraih gelar B.A. dalam bidang psikologi pada tahun 1938.

McClelland menikah dengan Mary Sharpless pada 25 Juni 1938. Tak lama setelah melangsungkan pernikahan, McClelland melanjutkan pendidikannya di University of Missouri. Ia berhasil memperoleh gelar M.A. dalam bidang psikologi pada tahun 1939. Tak berselang lama, ia melanjutkan kuliah di Yale University dan memperoleh gelar Ph.D. dalam psikologi eksperimental pada tahun 1941.

Pasca menyelesaikan studi doktoral, McClelland diangkat sebagai instruktur psikologi di Connecticut College selama satu tahun. Ia diangkat menjadi instruktur psikologi di Universitas Wesleyan pada tahun 1941. Tiga tahun kemudian, McClelland menjadi dosen paruh waktu di Bryn Mawr College, tetapi hanya bertahan sampai tahun 1945. Akhirnya, pada tahun 1946, ia diangkat sebagai ketua departemen psikologi di Universitas Wesleyan. Sejak saat itu, ia rajin menulis berbagai makalah sehingga namanya mulai dikenal publik.

Pada tahun 1956, McClelland diundang mengisi seminar psikologi sosial di pusat studi Amerika di Salzburg, Austria. Sebelumnya, ia pernah diundang Harvard University selama 1949-1950 untuk mengajar. Akhirnya, pada tahun 1956 ia meninggalkan Universitas Wesleyan karena diangkat menjadi profesor psikologi di Harvard University. Ia terus mengajar di sana hingga pensiun sebagai profesor emeritus pada tahun 1986. Pada tahun itu pula ia ditunjuk sebagai profesor riset distinguished di Boston University.

Pada tahun 1963, McClelland dan David Berlew mendirikan McBer Consulting Company (MBCC), yakni sebuah lembaga konsultan bagi manajer kereta api untuk menilai karyawan-karyawannya. MBCC kemudian meluaskan bidang kerja dengan menyediakan analisis dan pemetaan kompetensi pengusaha dan manajer di seluruh dunia. Untuk itu, McClelland dan Berlew mengembangkan metodologi behavior event interviewing (BEI). Wilayah kerja MMBC juga meliputi Asia Tenggara, Aprika Timur, serta Eropa. MBCC juga menjadi konsultan Peace Corps yang merupakan bagian dari United State Information Agency. Setelah itu, McClelland menerbitkan serangkaian buku yang kelak berpengaruh besar, termasuk makalah-makalahnya di berbagai jurnal. Ide-idenya kerap dinilai radikal. Namun demikian, berbagai gagasan McClelland dijadikan sebagai instrumen standar di berbagai perusahaan di seluruh dunia. Atas kiprahnya yang gemilang, ia menerima sejumlah penghargaan dan gelar kehormatan, termasuk Henry A. Murray Award dari American Psychological Association (APA). Ia juga menjadi anggota senior American Academy of Sciences.

Pada bulan Desember 1980, istrinya Mary Sharpless meninggal dunia. Kemudian, pada 10 Oktober 1981, McClelland menikahi Marian Adams. David McClelland meninggal pada 27 Maret 1998 dengan meninggalkan banyak warisan berharga bagi umat manusia. Teori-teorinya banyak diterapkan di bidang manajemen, pembangunan ekonomi dan politik, kesehatan individu, penyesuaian pribadi, serta keberhasilan kerja. Organisasi MMBC yang dirintisnya kini menjadi bagian dari Henry Institute dan terus dijalankan para penerusnya untuk membantu melatih dan mengevaluasi karyawan di seluruh dunia.


Ket. klik warna biru untuk link


Sumber
Irawan, Eka Nova. 2015. Pemikiran Tokoh-tokoh Psikologi; dari Klasik sampai Modern. IrcisoD. Yogyakarta


Download

Baca Juga
1. David McClelland. Teori Kebutuhan
2. David McClelland. Thematic Apperception Test
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "David McClelland"