Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

David McClelland. Thematic Apperception Test

Thematic Apperception Test David McClelland
David McClelland
McClelland bersama John W. Atkinson mengembangkan sebuah teknik proyektif guna mengukur motif seseorang untuk berprestasi. Pada dasarnya, dengan individu yang mempunyai kebutuhan yang beraneka ragam, teknik ini mencoba memastikan sejauh mana pikiran asli individu dapat berubah menjadi ide-ide yang berorientasi pada prestasi. Teknik ini kemudian dikenal dengan sebutan thematic apperception test (TAT).

TAT sendiri diciptakan oleh Henry Murray dan Christiana D. Morgan di Harvard University pada dekade 1930-an. Ketika itu, mereka menggunakan TAT untuk mengeksplorasi dinamika yang mendasari kepribadian, seperti konflik internal dan lain-lain. TAT termasuk kategori tes imajinasi. Seseorang diberikan serangkaian gambar ambigu, kemudian ia diminta mengembangkan cerita spontan untuk setiap gambar. Asumsi dari tugas tersebut adalah setiap orang akan memiliki cerita yang berbeda-beda. Cerita-cerita tersebut merupakan proyeksi dari kebutuhan serta mencerminkan tema-teman tertentu yang mendasarinya.

Adapun TAT yang dikembangkan oleh McClelland ditujukan untuk mengukur skor kebutuhan prestasi individu. TAT versi McClelland dapat menentukan skor orang itu dalam hubungannya dengan N-Ach, N-Pow, dan N-Affil. Skor ini dapat digunakan untuk menentukan jenis pekerjaan yang cocok bagi orang tersebut. TAT dinyatakan sebagai satu-satunya alat paling valid dalam mengukur tingkat motivasi secara implisit.


Ket. klik warna biru untuk link


Sumber
Irawan, Eka Nova. 2015. Pemikiran Tokoh-tokoh Psikologi; dari Klasik sampai Modern. IrcisoD. Yogyakarta


Download

Baca Juga
1. David McClelland. Biografi Psikolog
2. David McClelland. Teori Kebutuhan
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani "Sejarah adalah kejadian yang berulang. Pertama, merupakan tragedi, dan yang kedua sebagai sebuah peristiwa yang absurd." __Karl Marx

Post a Comment for "David McClelland. Thematic Apperception Test"