Alfred Adler. Tipologi Kepribadian

Alfred Adler tentang Tipologi Kepribadian
Alfred Adler
Adler mengembangkan skema tipologi kepribadian yang berupaya menggambarkan pola dan karakteristik yang secara keseluruhan mengatur gaya hidup individu.
1. Tipologi Miring
Tipe ini adalah orang-orang yang bergantung pada orang lain serta membawa mereka melalui kesulitan hidup. Oleh karena itu, mereka memiliki tingkat energi rendah dan biasanya mengidap neurosis, serta fobia, obsesif, cemas, histeria, amnesia, dan sebagainya.

2. Tipologi Menghindar
Tipe ini adalah orang-orang yang merasa benci jika dikalahkan oleh orang lain. Mereka sesungguhnya bisa berhasil, tetapi tidak berani mengambil risiko untuk mencapainya. Mereka cenderung memiliki kontak sosial yang rendah karena takut ditolak atau dikalahkan oleh orang lain.

3. Tipologi Dominan
Tipe ini adalah orang-orang yang berani memanipulasi situasi. Mereka berani melewati jalan di luar yang sudah ditetapkan agar tujuan-tujuannya berhasil diraih. Tipe orang semacam ini sangat rentan terhadap perilaku antisosial.

4. Tipologi Berguna
Tipe ini adalah orang-orang yang sangat aktif. Mereka memiliki banyak kontak sosial serta berusaha membuat perubahan demi kebaikan bersama. 


Ket. klik warna biru untuk link


Sumber
Irawan, Eka Nova. 2015. Pemikiran Tokoh-tokoh Psikologi; dari Klasik sampai Modern. IrcisoD. Yogyakarta


Download

Baca Juga
1. Alfred Adler. Biografi Psikolog
2. Prinsip-prinsip Dasar Psikologi Adlerian
3. Pendekatan Adler terhadap Kepribadian
4. Alfred Adler. Psikodinamika, Metafisika, dan Holisme
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Alfred Adler. Tipologi Kepribadian"