Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Albert Bandura

Biografi Psikolog
Albert Bandura adalah seorang psikolog dan profesor emeritus ilmu psikologi sosial di Stanford University. Selama hampir enam dekade, ia telah memberikan kontribusi tak terhingga terhadap berbagai bidang kajian psikologi. Ia dikenal sebagai pencetus teori kognisi sosial. Hal yang paling dikenal dari Bandura adalah eksperimennya menggunakan boneka Bobo untuk mempelajari sikap agresi dan nonagresi pada anak. Sebuah survei pada tahun 2002 menempatkan Bandura sebagai psikolog keempat—setelah B.F. Skinner, Sigmund Freud, dan Jean Piaget—yang karya-karyanya paling sering dikutip sepanjang masa. Bandura juga dijuluki psikolog terbesar dan paling berpengaruh sepanjang masa yang sampai saat ini masih hidup.

Bandura lahir pada 4 Desember 1925 di Mundare, Alberta, Kanada. Ia merupakan anak bungsu dari enam bersaudara. Ia hidup di sebuah kawasan terpencil. Hal tersebut mendorong Bandura yang merupakan keturunan Ukraina dan Polandia hidup mandiri dan terus memotivasi dirinya untuk belajar. Orang tua Bandura mendorongnya untuk mencari kerja di dusun kecil. Setelah lulus sekolah menengah, Bandura bekerja di Yukon. Di sana, ia sempat mengikuti pola hidup remaja yang gemar mengonsumsi alkohol dan berjudi. Namun demikian, di sana pula minatnya tentang psikopatologi tumbuh dan pandangan hidupnya menjadi lebih terbuka.

Bandura pindah ke Amerika Serikat pada tahun 1949. Enam tahun kemudian, ia mengganti kewarganegaraan dari Kanada menjadi Amerika Serikat. Sebelumnya, ia menikah dengan Virginia Varns pada tahun 1952. Pernikahan mereka tidak dikaruniai anak. Akan tetapi, mereka memiliki dua anak angkat perempuan, yaitu Carol dan Mary. Bandura mengambil kuliah di University of British Columbia dan lulus pada tahun 1949 dengan gelar B.A. Ia memenangkan Bolocan Award di bidang psikologi. Selanjutnya, ia melanjutkan studi psikologi teoretis di University of Iowa. Di sana, ia memperoleh gelar M.A. pada tahun 1951 dan Ph.D. setahun kemudian. Setelah lulus, ia sempat magang sebentar di klinik Wichita Kansas Guidance Center. Pada tahun 1953 hingga sekarang, ia menjadi dosen di Stanford University. Pada tahun 1974, Bandura terpilih sebagai presiden American Psychological Association (APA) yang merupakan organisasi psikologi terbesar di dunia. Ia telah menerima lebih dari enam belas gelar kehormatan dan banyak penghargaan, baik dari berbagai perguruan tinggi maupun lembaga psikologi di Amerika Serikat dan Eropa.


Ket. klik warna biru untuk link


Sumber
Irawan, Eka Nova. 2015. Pemikiran Tokoh-tokoh Psikologi; dari Klasik sampai Modern. IrcisoD. Yogyakarta


Download

Baca Juga
1. Albert Bandura. Teori Kognitif Sosial
2. Albert Bandura. Teori Agresi
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Albert Bandura"