Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Albert Bandura. Teori Agresi

Teori Agresi Albert Bandura
Teori Agresi Albert Bandura
Pada tahun 1961, Bandura melakukan penelitian kontroversial yang dikenal sebagai eksperimen boneka Bobo. Eksperimen itu dirancang untuk menunjukkan bahwa individu cenderung mempelajari model sedemikian rupa sehingga membentuk perilakunya sesuai dengan sang model. Hasil yang diperoleh Bandura dari eksperimen ini mengubah arah psikologi modern. Selain itu, Bandura juga secara luas mampu mengalihkan fokus dari behaviorisme murni ke psikologi kognitif dalam ranah psikologi akademik.

Eksperimen boneka Bobo menekankan bahwa perilaku anak dipengaruhi oleh tindakan orang dewasa. Bilamana orang dewasa dipuji anak karena perilaku agresifnya, maka anak tersebut lebih mungkin untuk terus memukul boneka. Sebaliknya, apabila orang dewasa dihukum maka hal itu berakibat di anak berhenti memukul boneka. Ini adalah salah satu eksperimen psikologis yang paling dipuji, tetapi juga menuai kritikan karena alasan etika, yakni pemberian pelatihan agresi terhadap anak-anak.


Ket. klik warna biru untuk link


Sumber
Irawan, Eka Nova. 2015. Pemikiran Tokoh-tokoh Psikologi; dari Klasik sampai Modern. IrcisoD. Yogyakarta


Download

Baca Juga
1. Albert Bandura. Biografi Psikolog
2. Albert Bandura. Teori Kognitif Sosial
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Albert Bandura. Teori Agresi"