Ruang Lingkup Psikologi. Psikologi Perkembangan

Ruang Lingkup Psikologi Psikologi Perkembangan
Psikologi Perkembangan
Menekankan perkembangan manusia dan berbagai faktor yang membentuk perilaku sejak lahir sampai berumur lanjut. Para ahli psikologi perkembangan mempelajari kemampuan khusus, seperti bagaimana kemampuan berbahasa berkembang dan berubah pada anak-anak yang sedang tumbuh atau dalam suatu masa hidup tertentu, seperti masa bayi, tahun-tahun prasekolah, ataupun masa remaja (Atkinson et al., 1996: 21).

Pendapat tersebut sejalan dengan LaBouvie dalam Descriptive Development Research yang mengemukakan bahwa: psikologi perkembangan sebagai cabang ilmu psikologi menelaah berbagai perubahan intraindividual dan perubahan interindividual yang terjadi di dalam perubahan intraindividual. Perubahan tersebut tidak hanya mendeskripsikan, tetapi juga menjelaskan atau mengeksplikasikan perubahan-perubahan perilaku menurut tingkat usia sebagai masalah hubungan anteseden (LaBouvie, 1975: 289).

Pada mulanya, sebagaimana dikatakan Siegel (1969: 87), lingkup psikologi perkembangan hanya mengkhususkan diri pada masalah-masalah usia dan tahapan tertentu, yang sebagian dipusatkan pada usia anak-anak sampai remaja. Kemudian riset diperluas yang sifatnya ke bawah atau ke tahap kelahiran dan pembuahan, selanjutnya ke atas ke tahap dewasa, lanjut usia, dan akhirnya usia pertengahan (Siegel, 1969: 88; Hurlock, 1980:2).

Selanjutnya, Hurlock mengemukakan ada dua alasan utama yang mendorong adanya perbedaan penekanan pada psikologi perkembangan.

Riset terhadap periode tertentu dalam pola perkembangan sangat dipengaruhi oleh keinginan untuk memecahkan beberapa masalah praktis dan masalah-masalah yang berkaitan dengan periode tersebut. Misalnya, ketika memasuki usia pertengahan, sangat dipengaruhi oleh kesiapan penyesuaian diri masa-masa berikutnya dalam penyesuaian diri, baik terhadap perubahan fisik maupun psikologis.

Riset terhadap masa-masa tertentu dirasakan lebih sulit dibandingkan dengan tahap yang lain. Misalnya, untuk memperoleh subjek-subjek usia pertengahan maupun lanjut, lebih sulit daripada mencari subjek-subjek usia prasekolah maupun remaja
 

Ket. klik warna biru untuk link

Sumber
Supardan, Dadang. 2008. Pengantar Ilmu Sosial; Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Bumi Aksara. Jakarta


Download

Baca Juga
1. Ruang Lingkup Psikologi. Psikologi Sosial (Social Psychology)
2. Ruang Lingkup Psikologi. Psikologi Klinis dan Psikologi Penyuluhan (Clinical Psychology and Conselling)
3. Ruang Lingkup Psikologi. Psikologi Konstitusional (Constitutional Psychology)
4. Ruang Lingkup Psikologi. Psikofarmakologi
5. Ruang Lingkup Psikologi. Psikologi Okupasional (Accupational Psychology)
6. Ruang Lingkup Psikologi. Psikologi Politik (Political Psychology)
7. Ruang Lingkup Psikologi. Psikologi Sekolah dan Pendidikan (Psychology for the Classroom and Educational Psychology)
8. Ruang Lingkup Psikologi. Psikologi Kepribadian (Psychology of Personality) 
9. Ruang Lingkup Psikologi. Psikologi Lintas Budaya (Cross-Cultural Psychology)
10. Ruang Lingkup Psikologi. Psikologi Rekayasa (Engineering Psychology)
11. Ruang Lingkup Psikologi. Psikologi Lingkungan
12. Ruang Lingkup Psikologi. Psikologi Konsumen
13. Ruang Lingkup Psikologi. Psikologi Industri dan Organisasi (Industrial and Organizational Psychology)
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Ruang Lingkup Psikologi. Psikologi Perkembangan"