Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ruang Lingkup Psikologi. Psikologi Klinis dan Penyuluhan (Clinical Psychology and Counselling)

Merupakan salah satu bidang psikologi terapan yang berperan sebagai salah satu disiplin kesehatan mental dengan menggunakan prinsip-prinsip psikologi untuk memahami, mendiagnosis, dan mengatasi berbagai masalah atau penyakit psikologi (Mens, 2000:122). Dalam hal ini, mahasiswa diajarkan untuk menguasai prinsip-prinsip dasar tersebut sebagai fondasi aplikasi keilmuan. Selain itu, mereka diharuskan melakukan sendiri berbagai riset terhadap perilaku manusia dan menyimak serta memanfaatkan riset-riset yang berhubungan dengan masalah-masalah kesehatan.

Untuk pertama kalinya, organisasi yang mengatur standar psikologi klinis dibentuk pada tahun 1947 oleh Dewan Profesi Psikologi Amerika, yakni American Noard of Profesional Psychology. Lembaga tersebutlah yang berhak melakukan pengujian, memberikan diploma, serta mendorong pembinaan kecakapan psikologi profesional. Terdapat lima bidang spesialisasi yang kemudian berkembang secara mandiri, yakni psikologi klinis, psikologi konseling, psikologi industri dan organisasional, psikologi pendidikan, serta neuropsikologi (Mensh, 2000: 123). Perkembangan psikologi klinis, khususnya di Amerika demikian pesat. Hal itu terbukti dari perkembangan anggota rekanan yang aktif, maupun perkembangan keilmuannya. 


Pada tahun 1959, asosiasi tersebut sudah memiliki anggota dan rekanan aktif sebanyak 1.907 orang. Kemudian, pada tahun 1993, jumlah keseluruhan anggota asosiasi tersebut meningkat menjadi 113.000 orang. Sampai sejauh ini, terdapat sekitar 16.000 pelamar hendak bergabung dan telah terdaftar pada National Register. Sekarang ini, psikologi klinis berkembang ke arah reintegrasi bidang-bidang psikologi lainnya, seperti psikologi sosial, psikologi fisiologi, bidang pendidikan, psikologi kognitif, dan psikologi kesehatan yang mewadahi psikologi klinis (Mensh, 2000:123).

Sedangkan dalam psikologi konseling (counselling psychology) merupakan suatu psikologi terapan yang berusaha menciptakan, menerapkan, dan menyebarkan pengetahuan mengenai pencegahan dan penanggulangan gangguan fungsi manusia dalam berbagai kondisi (Brown dan Lent, 1992). Di Amerika Serikat, bidang ini lahir sebagai ilmu tersendiri pada tahun 1947, disusul di Kanada dan Australia, kemudian di Inggris tahun 1982 dengan membentuk seksi psikologi konseling pada British Psychology Society (Taylor, 2000: 182). Adapun tujuan bidang psikologi konseling tersebut adalah membantu individu memahami dan mengubah perasaan, pikiran, dan perilaku kejiwaan; mengatasi tekanan mental; menanggulangi krisis; meningkatkan kemampuan mereka dalam menyelesaikan berbagai persoalan (American Psychology Association, 1985).


Ket. klik warna biru untuk link


Sumber
Supardan, Dadang. 2008. Pengantar Ilmu Sosial; Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Bumi Aksara. Jakarta


Download

Baca Juga
1. Ruang Lingkup Psikologi. Psikologi Sosial (Social Psychology)
2. Ruang Lingkup Psikologi. Psikologi Konstitusional (Constitutional Psychology) 
3. Ruang Lingkup Psikologi. Psikofarmakologi
4. Ruang Lingkup Psikologi. Psikologi Okupasional (Accupational Psychology)
5. Ruang Lingkup Psikologi. Psikologi Politik (Political Psychology)
6. Ruang Lingkup Psikologi. Psikologi Sekolah dan Pendidikan (Psychology for the Classroom and Educational Psychology)
7. Ruang Lingkup Psikologi. Psikologi Perkembangan
8. Ruang Lingkup Psikologi. Psikologi Kepribadian (Psychology of Personality)
9. Ruang Lingkup Psikologi. Psikologi Lintas Budaya (Cross-Cultural Psychology)
10. Ruang Lingkup Psikologi. Psikologi Rekayasa (Engineering Psychology)
11. Ruang Lingkup Psikologi. Psikologi Lingkungan
12. Ruang Lingkup Psikologi. Psikologi Konsumen
13. Ruang Lingkup Psikologi. Psikologi Industri dan Organisasi (Industrial and Organizational Psychology)
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Ruang Lingkup Psikologi. Psikologi Klinis dan Penyuluhan (Clinical Psychology and Counselling)"