Prestasi

Prestasi dalam Psikologi
Prestasi
Prestasi merupakan pencapaian atau hasil yang telah dicapai yang memerlukan suatu kecakapan/keahlian dalam tugas-tugas akademis maupun nonakademis (Chaplin, 1999:310). Berkaitan dengan teori N Ach (Need for Achievement) McClelland, bahwa seseorang yang memiliki motivasi berprestasi tinggi, tidaklah semata-mata karena mengejar materi dan meningkatkan status sosial, melainkan memiliki nilai dan kebanggaan tersendiri secara batiniah (dari dalam) yang tidak dapat diukur secara materi maupun gengsi. Need for Achievement inilah yang akan menentukan maju mundurnya suatu bangsa. Pada bangsa-bangsa miskin dan berkembang, pada umumnya memiliki N’Ach yang rendah. Sebaliknya, bangsa atau negara yang memiliki N’Ach yang tinggi, dan akan maju seperti halnya negara-negara Kapitalis Barat.

Teori McClelland yang dituangkan dalam bukunya The Achievement Motive in Economic Growth (1984), pada hakikatnya kemajuan ekonomi suatu bangsa lebih ditentukan oleh faktor internal, yakni pada nilai-nilai dan motivasi-motivasi yang mendorong untuk mengeksploitasi peluang untuk meraih kesempatan dan mengubah nasibnya sendiri. Selain itu, teori McClelland pun didasarkan pada studinya yang dilandaskan pada teori psikoanalisis Freud tentang mimpi-mimpi dalam bentuk cerita dari sebuah gambar di Amerika Utara. Kesimpulannya adalah bahwa khayalan, mitos, dan legenda ada kaitannya dengan dorongan dan perilaku dalam kehidupan mereka yang dinamakan Need for achievement (N’Ach), yakni untuk bekerja secara baik, bekerja bukan atas dasar gengsi ataupun pengakuan sosial, tetapi bekerja demi pemuasan batin dari dalam untuk berprestasi (Fakih, 2001: 59).


Ket. klik warna biru untuk link


Sumber
Supardan, Dadang. 2008. Pengantar Ilmu Sosial; Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Bumi Aksara. Jakarta


Download
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Prestasi"