Pendekatan Psikologi. Neurobiologis

Pendekatan Psikologi Neurobiologis
Psikologi Neurobiologis
Merupakan pendekatan yang kajiannya menitikberatkan pada pembahasan struktur otak manusia. Otak manusia dengan 12 miliar sel saraf dan sejumlah sel penghubung yang hampir tidak terbatas, merupakan struktur yang paling rumit di alam ini. Kejadian-kejadian psikologi tergambar dalam memori yang digerakkan oleh otak dan sistem saraf. Dalam pendekatan ini, berusaha menghubungkan perilaku dengan hal-hal yang terjadi dalam tubuh, terutama dalam otak dan sistem sarafnya. Dengan demikian, dalam pendekatan ini mengkhususkan proses neurobiologi yang mendasari perilaku dan kegiatan mental.

Beberapa penemuan mutakhir telah menunjukkan dengan jelas bahwa ada hubungan yang erat antara aktivitas otak dengan perilaku dan pengalaman. Reaksi emosional, seperti rasa takut dan marah dapat dibangkitkan pada binatang dengan cara memberi rangsangan elektrik yang lemah pada bagian tertentu otak. Rangsangan pada bagian otak tertentu akan menimbulkan perasaan senang, sakit, bahkan kenangan yang jelas mengenai kejadian masa lampau. Karena rumitnya susunan otak dan terdapat kesenjangan pengetahuan kita mengenai bagaimana mekanisme saraf itu beroperasi sehingga digunakan pula pendekatan lain untuk menyelidiki fenomena psikologis.


Ket. klik warna biru untuk link


Sumber
Supardan, Dadang. 2008. Pengantar Ilmu Sosial; Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Bumi Aksara. Jakarta


Download

Baca Juga
1. Pendekatan Psikologi. Fenomenologi
2. Pendekatan Psikologi. Perilaku 
3. Pendekatan Psikologi. Kognitif
4. Pendekatan Psikologi. Psikoanalitik
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pendekatan Psikologi. Neurobiologis"