Pendekatan Psikologi. Kognitif

Pendekatan Psikologi Kognitif
Psikologi Kognitif
Pendekatan ini bertolak dari suatu asumsi bahwa sebagai manusia tidak sekedar menerima rangsangan pasif, otak manusia secara aktif mengolah informasi yang diterima dan mengubahnya dalam bentuk serta kategori pengetahuan baru. Itulah kognisi, mengacu pada proses mental dari persepsi, ingatan, dan pengolahan informasi yang memungkinkan seseorang memperoleh pengetahuan memecahkan persoalan, dan merencanakan masa depan.

Psikologi kognitif merupakan studi ilmiah mengenai kognisi. Tujuannya adalah untuk mengadakan eksperimen dan mewujudkan teori yang menerangkan bagaimana proses mental disusun dan berfungsi. Akan tetapi, penjelasannya mengharuskan teori itu membuat ramalan mengenai setiap kegiatan yang dapat diamati, terutama perilaku. Dengan demikian, munculnya pendekatan ini sebenarnya sebagai reaksi atas psikologi S-R yang dinilai terlalu sempit dan hanya berlaku untuk perilaku yang sederhana. Sedangkan kapabilitas manusia itu luas, termasuk dapat berpikir, membuat perencanaan, mengambil keputusan memilih dengan cermat stimulus mana yang membutuhkan perhatian ekstra dan sebagainya. Tokoh psikologi kognitif di antaranya adalah Kenneth Craik seorang ahli psikologi berkebangsaan Inggris.


Ket. klik warna biru untuk link


Sumber
Supardan, Dadang. 2008. Pengantar Ilmu Sosial; Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Bumi Aksara. Jakarta


Download

Baca Juga
1. Pendekatan Psikologi. Fenomenologi
2. Pendekatan Psikologi. Neurobiologis
3. Pendekatan Psikologi. Perilaku
4. Pendekatan Psikologi. Psikoanalitik
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pendekatan Psikologi. Kognitif"