Pendekatan Psikologi. Fenomenologi

Pendekatan Psikologi Fenomenologi
Fenomenologi
Pendekatan ini memusatkan perhatiannya pada pengalaman subjektif individu. Pendekatan ini, menekankan pemahaman kejadian atau fenomena yang dialami individu tanpa adanya beban prakonsepsi atau ide teoretis. Para psikolog fenomenologi percaya bahwa kita dapat belajar lebih banyak mengenai kodrat manusia dengan cara mempelajari bagaimana manusia memandang diri dan dunia mereka daripada kita mengamati tindak-tanduk mereka. Dua orang manusia mungkin bertindak sangat berbeda dalam bereaksi terhadap situasi yang sama. Hanya dengan menanyakan bagaimana tafsiran masing-masing tentang keadaan tersebut, kita dapat mengerti sepenuhnya perilaku mereka.

Para psikologi fenomenologi, di pihak lain lebih menitikberatkan pengertian mengenai kehidupan bagian dalam dan pengertian mengenai pengalaman individu daripada mengembangkan teori atau meramalkan perilaku. Sebagai contoh, mereka lebih berminat terhadap konsep diri seseorang, perasaan harga diri, dan kesadaran akan diri sendiri (self-awarness). Sebaliknya, pendekatan ini pun menolak pandangan bahwa perilaku dikontrol oleh desakan yang tidak disadari (teori psikoanalitik) atau rangsangan dari luar, terutama pandangan behaviorisme. Mereka lebih meyakini pendapat bahwa kita tidak digerakkan oleh kekuatan di luar kontrol kita, tetapi kita merupakan pelaku yang mengontrol tujuan kita sendiri. Kita membentuk kehidupan kita sendiri karena setiap orang adalah pelaku yang bebas; bebas memilih, bebas menentukan tujuan, dan bebas bertanggung jawab terhadap pilihan hidup yang kita pilih.


Ket. klik warna biru untuk link


Sumber
Supardan, Dadang. 2008. Pengantar Ilmu Sosial; Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Bumi Aksara. Jakarta


Download

Baca Juga
1. Pendekatan Psikologi. Neurobiologis
2. Pendekatan Psikologi. Perilaku
3. Pendekatan Psikologi. Kognitif
4. Pendekatan Psikologi. Psikoanalitik
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pendekatan Psikologi. Fenomenologi"