Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mazhab Psikologi. Psikologi Eksperimental dan Klasik

Istilah psikologi eksperimental menurut Atkinson (1996: 20) sebenarnya sebutan yang keliru karena para ahli psikologi dengan keahlian bidang lain pun melakukan eksperimen. Akan tetapi, kelompok ini terdiri dari para ahli psikologi yang mempergunakan metode eksperimen untuk mempelajari bagaimana orang bereaksi terhadap rangsangan indra, memandang dunia ini, belajar dan mengingat, menjawab secara emosional, dan digerakkan untuk bertindak, baik oleh rasa lapar maupun oleh keinginan untuk sukses dalam hidup.

Metode eksperimen dalam psikologi mulai diperkenalkan oleh dua tokoh ahli psikologi ternama Wilhelm Wundt dan William James yang biasanya dianggap sebagai Bapak Psikologi. Walaupun kedua tokoh tersebut dilahirkan di tempat yang berjauhan, Wundt lahir di Neckerau Baden di Jerman tanggal 16 Agustus 1832, sedangkan James di New York City tanggal 11 Januari 1842. Namun, anehnya di samping terlahir dalam periode yang berdekatan serta memiliki persamaan pengembangan metodenya, keduanya mengklaim telah membentuk laboratorium psikologi pertama pada tahun 1875, dengan memberi nama laboratoriumnya menggunakan nama mereka sendiri masing-masing (Boeree, 2005: 289).

Dalam perkembangannya, para ahli psikologi eksperimental pun menyelidiki binatang. Kadang-kadang mereka mencoba mencari hubungan antara perilaku bintang dengan perilaku manusia, namun mereka pun sering mempelajari binatang untuk membandingkan perilaku berbagai jenis spesies (psikologi perbandingan). Apa pun minat mereka, para ahli psikologi eksperimental memikirkan mengenai perkembangan metode pengukuran serta pengontrolan secara tepat.

Perlu diketahui bahwa bidang ini erat hubungannya dengan biologi serta psikologi fisiologi. Para ahli psikologi fisiologi disebut juga ahli neuropsikologi (Atkinson, 1996: 2). Bidang ini mencoba menemukan hubungan antara proses biologi dengan perilaku. Bagaimana hormon seks memengaruhi perilaku? Bagian otak mana yang mengontrol ucapan? Bagaimana pengaruh candu, seperti marijuana dan LSD terhadap kepribadian dan daya ingat? Dua bidang penelitian antardisiplin ilmu adalah neurosains yang meneliti tentang hubungan antara fungsi otak dengan perilaku serta psikofarmakologi yang meneliti tentang obat-obatan dan perilaku (Atkinson, 1996: 21).


Ket. klik warna biru untuk link


Sumber
Supardan, Dadang. 2008. Pengantar Ilmu Sosial; Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Bumi Aksara. Jakarta


Download

Baca Juga
1. Mazhab Psikologi. Psikologi Kognitif
2. Mazhab Psikologi. Psikologi Psikoanalisis  
3. Mazhab Psikologi. Behaviorisme
4. Mazhab Psikologi. Psikologi Gestalt
5. Mazhab Psikologi. Humanistik-Eksistensialisme-Fenomenologis
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Mazhab Psikologi. Psikologi Eksperimental dan Klasik"