Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ivan Pavlov. Teori

Berangkat dari eksperimennya tersebut, Pavlov menyampaikan sebuah teori behaviorisme penting sebagai berikut.
a. Penguasaan (Acquisition)
Penguasaan berkenaan dengan proses bagaimana individu mempelajari suatu respons. Teori yang dapat diambil adalah semakin sering individu mencoba, maka penguasaan berlaku lebih kuat.

b. Generalisasi (Generalization)
Dalam eksperimennya, Pavlov telah menggunakan bel dengan bunyi yang berbeda-beda. Namun demikian, anjing itu masih mengeluarkan air liur. Ini berarti individu dapat membuat generalisasi bahwa suara yang berbeda atau hampir sama mungkin diikuti dengan respons (makanan). Teori yang dapat diambil adalah individu yang telah terbiasa dengan sesuatu rangsangan tak lazim juga akan menghasilkan respons lazim (keluar air liur). Hal ini berlaku sekalipun rangsangan itu—dalam bentuk bunyi bel—berbeda-beda atau hampir sama.

c. Diskriminasi (Discrimination)
Pavlov mendapati bahwa apabila ia mengubah bunyi bel, anjing itu masih mengeluarkan air liur. Namun, bilamana bunyi bel itu jauh berbeda dari suara asli, anjing tidak mengeluarkan air liur. Ini menunjukkan bahwa individu dapat membedakan atau mendiskriminasi rangsangan yang dikemukakan dan memilih memberikan respons atau justru mengabaikannya. Teori yang dapat diambil ialah individu mampu merespons suatu rangsangan, tetapi tidak pada rangsangan yang lain.

d. Penghapusan (Extinction)
Anjing mengeluarkan air liur tiap kali bel dibunyikan karena lazimnya suara tersebut menandakan hadirnya daging. Akan tetapi, jika bel dibunyikan berkali-kali dan daging tidak dihadirkan, pada akhirnya anjing tidak lagi mengeluarkan air liur. Teori yang dapat diambil adalah jika suatu rangsangan lazim (bel) tidak diikuti dengan rangsangan tak lazim (daging), lama kelamaan individu tidak akan memberikan respons.


Ket. klik warna biru untuk link


Sumber
Irawan, Eka Nova. 2015. Pemikiran Tokoh-tokoh Psikologi; dari Klasik sampai Modern. IrcisoD. Yogyakarta


Download

Baca Juga
1. Ivan Pavlov. Biografi Psikolog
2. Ivan Pavlov. Classical Conditioning Theory (CCT)
3. Ivan Pavlov. Eksperimen
4. Ivan Pavlov. Hukum Pembelajaran
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Ivan Pavlov. Teori"