Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Abu Zaid. Psikologi dan Terapi Kognitif

Abu Zaid adalah tokoh yang memelopori perbedaan antara neurosis (penyakit saraf) dan psikosis (penyakit mental). Dia juga menjadi orang pertama yang mengklasifikasikan gangguan neurotik dan merintis terapi kognitif untuk mengklasifikasikan setiap gangguan tersebut. Abu Zaid mengklasifikasikan gangguan neurosis emosional menjadi empat. Pertama, ketakutan dan kecemasan. Kedua, amarah dan agresi (penyerangan). Ketiga, kesedihan dan depresi. Keempat, obsesi atau gangguan pikiran.

Selain itu, Abu Zaid juga mengelompokkan depresi menjadi tiga jenis, yaitu sebagai berikut:
1. Depresi normal atau rasa sedih
2. Depresi endogen yang berasal dari dalam tubuh, serta
3. Depresi klinis yang berasal dari luar tubuh

Menurut Abu Zaid, untuk menjadi individu yang sehat, manusia harus selalu menjaga kesehatan pikiran dan perasaannya dari ancaman ledakan emosional yang tak terduga. Jika seseorang sedang mengalami ledakan emosional, ia wajib menjaga pikiran dan perasaannya. Hal tersebut merupakan obat sekaligus pertolongan pertama yang paling mujarab.

Pada dasarnya, perasaan dibangkitkan oleh pikiran. Oleh karena itu, seseorang harus senantiasa menjaga pikirannya agar tidak dimasuki oleh pemikiran-pemikiran kotor yang dapat membawanya pada kondisi neurosis dan depresi. Keseimbangan pikiran dan tubuh diperlukan oleh manusia yang menghendaki kesehatan bagi dirinya. Kondisi tidak seimbang antara pikiran dan tubuh dapat mendatangkan penyakit.

Berkat pemikiran tersebut, Abu Zaid disebut-sebut sebagai pencetus psikologi kognitif dan medis serta terapi kognitif. Psikologi kognitif (cognitive psychology) adalah cabang ilmu yang menyelidiki proses kejiwaan internal, seperti penyelesaian masalah, daya ingatan, dan bahasa. Sementara itu, psikologi medis (medical psychology) merujuk pada keahlian pengobatan klinik ahli psikologi. Adapun terapi kognitif (cognitive therapy) merupakan pendekatan psikoterapi yang bertujuan memengaruhi gangguan emosi, perilaku, dan kesadaran melalui prosedur yang sistematis.


Ket. klik warna biru untuk link


Sumber
Irawan, Eka Nova. 2015. Pemikiran Tokoh-tokoh Psikologi; dari Klasik sampai Modern. IrcisoD. Yogyakarta


Download

Baca Juga
1. Abu Zaid. Biografi
2. Abu Zaid. Kesehatan dan Penyakit Mental
3. Abu Zaid. Psikofisiologi dan Pengobatan Psikosomatik
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Abu Zaid. Psikologi dan Terapi Kognitif"