Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mulla Shadra. Riwayat Hidup

Informasi yang faktual tentang kehidupan Mulla Shadra sangat jarang. Ia lahir di Syiraz, sebuah kota paling terkenal di Iran, kawasan sekitar Persepolis (979/980 H/1571/1572 M). Ayahnya Ibrahim ibn Yahya, bangsawan kota tersebut (tampaknya pejabat menteri di Provinsi Fars). Tahun lahirnya tidak diketahui. Ia datang ke Isfahan pada usia yang masih sangat muda dan belajar pada teolog Baha’uddin Al-‘Amili (w. 1031 H/1622 M), lalu pada filsuf Peripatetik Mir Fendereski (w. 1050 H/1641 M). Akan tetapi, gurunya yang utama adalah teolog-filsuf Muhammad, yang dikenal sebagai Mir Damad (w. 1041 H/1631 M).
Nama lengkap Mulla Shadra adalah Muhammad ibn Ibrahim Yahya Qawam Syirazi. Ia sering disebut Shadruddin al-Syirazi atau Mulla Shadra atau Shadra. Di kalangan muridnya, ia lebih dikenal sebagai Shadr Al-Muta’allihin karena ketinggian tingkat pengetahuannya tentang hikmah.

Mulla Shadra meninggalkan tiga putri dan dua putra. Putra tertuanya adalah (Mulla) Ibrahim, seorang filsuf, muhadis, mutakallim, faqih, dan mistikus dengan bakat kepenyairan yang menonjol, matematikawan, dan menguasai ilmu-ilmu lain. Singkatnya, ia seorang ulama prolifik. Putra keduanya, Nizamuddin Ahmad—lebih dikenal sebagai Mirza Nizam dan Abu Turab—yang lahir 1031 H (menurut catatan), adalah seorang filsuf, mistikus, sastrawan, dan penyair. Tiga putrinya adalah Ummah Kultsum, Zubaidah, dan Ma’shumah. Dua dari putrinya ini menikah dengan Syaikh Abdurrazak Lahiji, dikenal sebagai Faidh, dan Mulla Muhsin Faidh Al-Kasyani—merupakan murid-murid favoritnya dan tergolong sebagai ulama yang menguasai bidang filsafat, ‘irfan, dan ilmu-ilmu Islam. Baik anak-anak maupun menantu Mulla Shadra adalah ulama terpandang pada masanya yang menguasai ilmu-ilmu Islam tradisional.


Ket. klik warna biru untuk link


Sumber
Hasan, Mustofa. 2015. Sejarah Filsafat Islam; Genealogi dan Transmisi Filsafat Timur ke Barat. Pustaka Setia. Bandung
 


Download

Baca Juga
1. Mulla Shadra. Karya Filsafat
2. Mulla Shadra. Pemikiran Filsafat
3. Mulla Shadra. Kebangkitan Jasmani
4. Kunci Filsafat Mulla Shadra
5. Mulla Shadra. Pemikiran Teologis
6. Mulla Shadra. Dasar-Dasar Filsafat Hikmah
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Mulla Shadra. Riwayat Hidup"