Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ar-Razi. Riwayat Hidup

Riwayat Hidup Ar-Razi
Ar-Razi
Abu Bakar Muhammad bin Zakaria Ar-Razi atau dikenal sebagai Rhazes di dunia Barat merupakan salah seorang pakar sains Iran yang hidup antara tahun 864-930. Ia lahir di Rayy, Teheran pada tahun 251 H/865 M dan wafat pada tahun 313 H/925 M.

Ia adalah penerus filsafat Al-Kindi dan dikenal sebagai filsuf Muslim terkemuka. Ar-Razi dikenal sebagai dokter, filsuf, kimiawan, dan pemikir bebas. Menurut riwayat, ia menguasai musik, baik teori maupun praktik, dan dikatakan sebagai ahli alkemi (kimia kuno) sebelum ia belajar formal di bidang kedokteran. Ia memimpin rumah sakit di Rayy, kemudian di Baghdad.
Rumahnya yang besar di Rayy dan di tempat-tempat lain di Distrik Jibal Kaspia Selatan menggambarkan bahwa ia tergolong seorang yang kaya. Pengarang sekitar dua ratus karya ini diriwayatkan telah menjadi filsuf/penerjemah Kristen Yacobit, Yahya ibn ‘Adi (893-974 M) dan disebut sebagai dokter Islam yang tidak tertandingi.

Ar-Razi belajar ilmu kedokteran kepada ‘Ali ibn Rabban Ath-Thabari. Ibn An-Nadim, sebagaimana dikutip Fuad Al-Ahwani, menyebutkan Ar-Razi belajar filsafat kepada Al-Balkhi. Al-Balkhi adalah orang yang sering melakukan perjalanan, menguasai filsafat dan ilmu-ilmu kuno. Beberapa orang mengatakan bahwa Ar-Razi menghubungkan dirinya dengan buku-buku filsafat Al-Balkhi.

Ar-Razi menulis karya-karya tentang berahi, senggama, ketelanjangan, keterbusanaan, efek-efek mematikan penyakit Simoom terhadap kehidupan binatang, musim gugur dan semi, kebijaksanaan Sang Pencipta, dan alasan penciptaan binatang buas dan reptil. Salah satu karyanya membela proposisi bahwa Tuhan tidak campur tangan dalam tindakan makhluk. Karya lainnya membantah klaim bahwa bumi berputar mengelilingi matahari. Ia membahas karakter gerak bawaan atau gerak intrinsik, perbedaan tajam antara fisika Demokritus dan Aristoteles. Ia menulis sejumlah pembahasan mengenai sifat-sifat materi dan sebab-sebab kasat mata dari gerak. 


Pemaparannya tentang risio mengabaikan aksioma geometri yang ditujukan kepada para pembela kalam ihwal atom-atom tidak berdimensi. Karyanya tentang diagonal bujur sangkar hendak membela atomismenya sendiri dari tuduhan klasik, yang mula-mula dilancarkan oleh Pythagorianisme, bahwa atomisme tidak memasukkan ketaksebandingan sisi sebuah persegi dengan diagonalnya—tuduhan yang diruntuhkan dengan penerimaan Ar-Razi terhadap ruang kosong dan penolakannya terhadap ajaran Aristoteles mengenai relativisme ruang. Ruang mutlak Ar-Razi merupakan kontinum Euclidean dan, seperti juga materi menurutnya, tidak harus tersusun dari kuantum yang diskret dan tidak dapat dibagi-bagi

Ket. klik warna biru untuk link


Sumber
Hasan, Mustofa. 2015. Sejarah Filsafat Islam; Genealogi dan Transmisi Filsafat Timur ke Barat. Pustaka Setia. Bandung
 


Download

Baca Juga
1. Ar-Razi. Karya Filsafat
2. Ar-Razi. Filsafat Lima Kekal
3. Ar-Razi. Filsafat Rasionalis
4. Ar-Razi. Filsafat Moral
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Ar-Razi. Riwayat Hidup"