Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Talcott Parsons. Skema AGIL

Suatu fungsi adalah suatu kompleks kegiatan-kegiatan yang diarahkan kepada pemenuhan suatu kebutuhan atau kebutuhan-kebutuhan sistem itu (Rocher, 1957:40; R. Stryker, 2007). Menggunakan definisi tersebut, Parsons percaya bahwa ada empat imperatif fungsional yang perlu bagi (khas pada) semua sistem—adaptation (A) (Adaptasi), goal attainment (G) (Pencapaian Tujuan), integration (I) (Integrasi), dan latency (L) (Latensi), atau pemeliharaan pola. Secara bersama-sama, keempat imperatif fungsional itu dikenal sebagai skema AGIL. Agar dapat lestari, suatu sistem harus melaksanakan keempat fungsi tersebut.
1. Adaptasi: suatu sistem harus mengatasi kebutuhan mendesak yang bersifat situasional eksternal. Sistem itu harus beradaptasi dengan lingkungannya dan mengadaptasikan lingkungan dengan kebutuhan-kebutuhannya.
2. Pencapaian tujuan: suatu sistem harus mendefinisikan dan mencapai tujuan utamanya.
3. Integrasi: suatu sistem harus mengatur antarhubungan bagian-bagian dari komponennya. Ia juga harus mengelola hubungan di antara tiga imperatif fungsional (A, G, L).
4. Latensi (Pemeliharaan pola): suatu sistem harus menyediakan, memelihara, dan memperbaharui baik motivasi para individu maupun pola-pola budaya yang menciptakan dan menopang motivasi itu.

Parsons merancang skema AGIL untuk digunakan pada semua level di dalam sistem teoretisnya (contohnya, lihat Paulsen dan Feldman, 1995). Di dalam diskusi di bawah mengenai empat sistem tindakan dapat dilihat di Talcott Parson. Teori Sistem Umum yang menggambarkan bagaimana Parsons menggunakan skema AGIL.

Organisme behavioral adalah sistem tindakan yang menangani fungsi adaptasi dengan menyesuaikan diri dan mentransformasi dunia eksternal. Sistem kepribadian melaksanakan fungsi pencapaian tujuan dengan mendefinisikan tujuan-tujuan sistem dan memobilisasi sumber-sumber daya untuk mencapainya. Sistem sosial menangani fungsi integrasi dengan mengendalikan bagian-bagian komponennya. Terakhir, sistem budaya melaksanakan fungsi latensi dengan menyediakan norma-norma dan nilai-nilai bagi para aktor yang memotivasi mereka untuk bertindak. Untuk skema AGIL yang digunakan Talcott Parsons dapat dilihat di Talcott Parson. Teori Sistem Umum.


Ket. klik warna biru untuk link

Sumber.
Ritzer, George. 2012. Teori Sosiologi; Dari Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Terakhir Postmodern. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.


Download

Lihat Juga
Skema Agil Talcott Parsons (Youtube Channel. https://youtu.be/zzYvnzqf81E ) Jangan lupa like, komen, dan subscribe yah...

Baca Juga
1. Talcott Parsons. Biografi 
2. Talcott Parsons. Sekilas Pemikiran
3. Talcott Parsons. The Structure of Social Action
4. Talcott Parsons. Teori Sistem yang Umum
5. Fungsionalisme Struktural
6. Talcott Parsons. Makro Fungsionalisme
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Talcott Parsons. Skema AGIL"